Mudahnya Proses Perpanjangan SIM C di Satlantas Polres Pemalang

Mudahnya Proses Perpanjangan SIM C di Satlantas Polres Pemalang
Bukan Gambar sebenarnya (hanya ilustrasi)
Beberapa waktu lalu saya baru saja melakukan perpanjangan SIM C di Satlantas Polres Pemalang.

Memang tidak terasa waktu lima tahun itu begitu cepat berlalu.

Sebenarnya, agak malas juga kalau membayangkan harus antri dan mengurus semuanya sendirian.

Tapi, perlu diingat bahwa mengurus perpanjangan SIM ternyata tidak sesulit dan serumit yang dibayangkan.

Prosesnya mudah, dan waktu itu saya memang datang agak pagi sekitar jam 9, jadi proses antrian pun belum begitu banyak sehingga hanya perlu waktu 1 jam untuk mengurus perpanjangan SIM tersebut.

Berikut ini kami akan berbagi tentang prosedur dan syarat dalam perpanjangan SIM C di Satlantas Polres Pemalang, dan biasanya tidak jauh berbeda dengan proses perpanjangan SIM C di kota-kota lain.

Baca juga: Tidak Harus PNS

Oya, sebelum berangkat pastikan Anda mandi, gosok gigi, sarapan dan berdandan semanis... eh serapi mungkin, soalnya kan nanti mau difoto, jadi kenakanlah pakaian yang pantas dan rapi (yaiyalah, masa mau ngurus SIM cuma pakai kaos singlet doang?).

Dan satu hal lagi, lebih baik berangkatnya pagi-pagi sekitar jam 8 atau jam 9, agar antrian belum terlalu panjang sehingga prosesnya bisa lebih cepat.


Persiapan Dokumen Untuk Perpanjangan SIM C

1. SIM C lama dan fotocopy-nya sebanyak satu lembar
2. Fotocopy KTP satu lembar
3. Surat Keterangan Kesehatan (Dokter), terkait masalah biaya kalau di Pemalang sekitar Rp 40 ribu dan biasanya bervariasi di lain daerah, namun tidak jauh di kisaran segitu lah.


Prosedur Perpanjangan SIM C

Hal pertama ketika Anda datang ke Satlantas, langsung Anda menuju ke lokasi cek kesehatan, atau kalau belum tahu bisa bertanya kepada petugas atau orang lain yang lebih tahu di mana tempat untuk cek kesehatan.

Sementara kalau di Pemalang sendiri, lokasinya tepat di seberang jalan Satlantas, ada papan namanya kok, baca saja dan jangan malu apalagi malas untuk bertanya.

Ada yang mengatakan bisa juga mengurus surat keterangan kesehatan di Puskesmas, namun disarankan lebih baik melakukan cek kesehatan langsung di lokasi seberang Satlantas, prosesnya lebih mudah dan cepat.

Pada tes kesehatan ini akan dilakukan pemeriksaan standar seperti cek tekanan darah (tensi), detak jantung, dan tes buta warna, kemudian di foto juga untuk dicantumkan pada surat keterangan kesehatan tersebut.

Prosesnya cepat, paling lama ya sekitar 30 menit kalau antriannya penuh. Di sini kita akan membayar biaya cek kesehatan sebesar Rp 40 ribu (sekali lagi, biaya ini biasanya bervariasi di lain kota).

Setelah itu, kumpulkan berkas yang tadi kita sudah siapkan seperti fotocopy SIM C dan fotocopy KTP jadi satu dengan Surat Keterangan Kesehatan lalu serahkan pada bagian pendaftaran.

Tunggu beberapa menit, kita akan dipanggil untuk menerima formulir pendaftaran yang harus diisi dan diserahkan kembali sekaligus nantinya membayar biaya perpanjangan SIM C sebesar Rp 75 ribu di loket yang tersedia.

Mengenai pengisian formulir perpanjangan SIM C, Anda bisa melihat contohnya pada tempat pengisian formulir yang dipajang di dinding.

Cara mengisinya mudah kok, kalaupun ada yang salah atau tertinggal belum diisi, nanti petugas akan mengingatkannya.

Setelah selesai dan menyerahkan formulir serta melakukan pembayaran, maka tahap selanjutnya Anda tinggal menunggu untuk dipanggil lagi mengikuti proses pengambilan foto, biasanya akan dipanggil beberapa orang sekaligus untuk memasuki ruang foto, tapi tetap pengambilan fotonya dilakukan satu-persatu.

Sebelum diambil fotonya, petugas di bagian pengambilan foto akan mengecek lagi biodata Anda apakah sudah benar atau belum dengan menanyakannya kepada kita.

Kalau ada yang salah tinggal minta untuk dibetulkan saja kepada petugasnya. Selain itu, Anda akan dimintai sidik jempol tangan (yaiyalah masa jempol kaki) kanan dan kiri.

Lalu, langsung difoto dan bila telah selesai, maka Anda tinggal menunggu di ruang pengambilan SIM sampai nama Anda dipanggil untuk penyerahan Kartu SIM C Anda yang baru.

Nah, SELESAI sudah proses perpanjangan SIM C Anda. Mudah bukan? Murah pula. Paling hanya menghabiskan biaya sekitar Rp 115 ribu, atau Anda bisa menyiapkan uang Rp 150 ribu barangkali ingin membeli camilan atau air mineral sembari menunggu antrian.

Kartu SIM C akan berlaku hingga 5 tahun, dan tertera tanggal masa habis berlakunya di Kartu SIM tersebut.

Bagi Anda yang telat memperpanjang masa berlaku SIM C, maka ada toleransi hingga 3 bulan untuk segera melakukan perpanjangan, dan bila sudah lebih dari 3 bulan terhitung sejak habis masa berlaku SIM, maka SIM tersebut tidak bisa lagi diperpanjang, dalam arti Anda harus membuat SIM C yang baru.

Sumber:
http://www.gussmart.com/2012/03/prosedur-dan-syarat-perpanjangan-sim-c.html


Related Posts

Mudahnya Proses Perpanjangan SIM C di Satlantas Polres Pemalang
4/ 5
Oleh