Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Beserta Contohnya

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Beserta Contohnya
Surat lamaran kerja adalah surat permohonan yang dibuat oleh seseorang yang tujuannya untuk melamar suatu pekerjaan tertentu.

Beberapa fungsi dari surat lamaran kerja antara lain:
1. Tanda bukti tertulis bahwa pelamar berminat untuk mengisi suatu lowongan pekerjaan.
2. Media komunikasi antara perusahaan dengan calon karyawan.
3. Bahan pertimbangan perusahaan dalam merekrut karyawan baru.

Agar dapat meloloskan Anda ke tahap seleksi interview, maka diperlukan penulisan yang baik dalam membuat surat lamaran kerja.

Simak juga: Ingin Sukses dalam Wawancara Kerja? Ikuti Tips Berikut Ini

Surat lamaran kerja harus memenuhi kaidah-kaidah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), dan menggunakan kalimat yang jelas, efektif, serta mengungkapkan tujuan maupun alasan di pelamar untuk melamar kerja.

Surat lamaran kerja yang ditulis tidak sesuai aturan yang baku, maka tentu saja kemungkinannya untuk lolos ke tahap seleksi berikutnya akan semakin sulit.

Nah, berikut ini kami akan berbagi sedikit tips bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik dan mampu meloloskan Anda ke tahap seleksi berikutnya.


Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik


1. Tonjolkan Kesan Bahwa Anda Berbeda Dari Pelamar Lainnya

Ketika Anda hendak membuat surat lamaran kerja, pastinya Anda membutuhkan contoh seperti apa surat lamaran kerja yang biasanya dikirimkan kepada pihak perusahaan.

Anda bisa saja meminjam contoh surat lamaran kerja dari teman, atau mencari contohnya di internet. Ada banyak sekali contoh surat lamaran kerja yang tersedia di internet.

Bila Anda hanya menyalin dari contoh-contoh tersebut, kemungkinan orang melakukan hal yang sama dengan Anda juga cukup besar.

Oleh sebab itu, usahakan buatlah surat lamaran kerja yang unik. Unik di sini bukan berarti Anda menambahkan berbagai aksesoris atau hiasan dalam surat lamaran tersebut.

Namun, gunakanlah bahasa yang berbeda dari para pelamar lain, sebisa mungkin buatlah surat lamaran kerja yang membuat Anda tampak beda dari pelamar yang lain.

Dan gunakan kata-kata yang dapat membuat peseleksi dari perusahaan tersebut tertarik dan melirik Anda untuk dipanggil dalam tahap interview.


2. Utamakan Kerapian

Ketika Anda memilih template surat lamaran kerja untuk ditulis ulang dengan kata-kata Anda sendiri, pastikan bahwa Anda memilih struktur surat yang biasa digunakan dalam surat formal. Ketiklah dengan jenis font dan ukuran yang standar agar terlihat rapi dan mudah dibaca.

Bila Anda membuatnya dengan tulisan tangan, maka usahakan margin kanan dan kiri ukurannya sama, dan jangan sampai ada coretan atau bekas tipex agar terlihat rapi dan bersih sehingga bagian petugas bagian seleksi akan dengan mudah membaca tulisan kata perkata dari surat lamaran kerja Anda tersebut.


3. Teliti Kembali Sebelum Mengirim

Ketika surat lamaran kerja sudah selesai Anda buat, jangan langsung terburu-buru mengirimkannya tanpa diteliti terlebih dulu.

Meneliti kembali surat lamaran kerja Anda merupakan hal yang penting, karena sebagai manusia tentu kita tidak pernah luput dari salah dan lupa.

Siapa tahu ada kata yang lupa ditulis, atau terdapat penulisan yang salah pada suatu kata. Pastikan pula orang dan alamat yang tertuju pada surat tersebut tertulis dengan jelas dan jangan sampai salah.

Baca juga: Sukses Melamar Kerja dan Menghadapi Panggilan Interview

Itulah 3 tips sederhana dalam menulis surat lamaran kerja, selain itu kami juga akan memberikan beberapa contoh penulisan surat lamaran kerja yang sesuai dengan kaidah yang baku. Silahkan Anda simak contoh surat lamaran kerja di bawah ini!


Contoh Surat Lamaran Kerja 1


12 September 2015


Lampiran: 7 (tujuh) Lembar
Hal: Lamaran Kerja


Kepada Yth.
Bapak Pimpinan PT. Belonomi
Jl. Jend. Kancil No. 150A, Tanah Merah


Dengan hormat,


Yang bertanda tangan di bawah ini
Nama: Casanova
Tempat, tanggal lahir: Rumput Hijau, 17 Agustus 1995
Pendidikan: SMA Negeri 7 Rumput Hijau
Program Studi: IPA
Alamat: Desa Pohon Kaktus, RT 005 / RW 003, Rumput Hijau

Dengan ini mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya melampirkan fotocopy Ijazah terakhir, fotocopy transkrip nilai, fotocopy sertifikat komputer, fotocopy sertifikat Bahasa Inggris, Daftar Riwayat Hidup, Keterangan Kesehatan, dan Pas foto.

Besar harapan saya untuk bisa diterima bekerja sebagai karyawan di perusahaan ini. Dengan kemampuan, kemauan, dan kerja keras, saya yakin bisa memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan.


Atas tanggapan dan kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,



Casanova


============================


Contoh Surat Lamaran Kerja 2


Padang Ilalang, 12 September 2015


Perihal: Lamaran Kerja
Lampiran: 4 Lembar


Kepada Yth.
Bapak/Ibu Manajer Personalia PT. Belonomi Group
Jl. Mangga No. 30 Pohon Duren


Dengan hormat,

Berdasarkan iklan lowongan yang dimuat pada Harian Sop Kota, saya tertarik dengan penawaran tersebut dan berniat mengajukan permohonan sebagai Tenaga Admin. Data singkat saya adalah sebagai berikut.


Yang bertanda tangan di bawah ini
Nama: Terong Ungu
Tempat, tanggal lahir: Gurun Kaktus, 1 Januari 1991
Pendidikan: SMK Negeri 1 Gurun Kaktus
Program Keahlian: Elektronik
Alamat: Jl. Sungai Merah, Desa Pohon Cabe RT 001 / RW 001, Kota Gurun Kaktus


Dengan ini mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan pula:
- 1 lembar fotocopy Ijazah terakhir
- 1 lembar fotocopy sertifikat teknik elektronik
- Daftar Riwayat Hidup
- 2 lembar Pas Foto ukuran 4x6


Besar harapan saya untuk dapat diterima kerja di perusahaan ini.


Hormat saya,


Terong Ungu


============================


Demikianlah posting kami tentang tips dalam menulis surat lamaran kerja yang baik beserta contohnya. Semoga bermanfaat dan membuat Anda cepat mendapatkan pekerjaan yang Anda idamkan.

Sumber:
http://berguruseo.blogspot.com/2014/06/contoh-surat-lamaran-kerja-yang-benar.html


Related Posts

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Beserta Contohnya
4/ 5
Oleh