3 Tips Mengatur Keuangan Pribadi Bagi Seorang Lajang

3 Tips Mengatur Keuangan Pribadi Bagi Seorang Lajang
Tidak hanya berlaku bagi mereka yang telah berumah tangga, seorang lajang pun harus melakukan pengelolaan keuangan yang tepat.

Sebab, tanpa kendali dan pengaturan yang baik pada keuangan, pemborosan akan membuat Anda cepat bangkrut, sehingga gaji setiap bulan yang diterima tidak pernah sisa, bahkan sudah habis ketika baru tiba di pertengahan bulan.

Pastinya, Anda tidak ingin uang hasil jerih payah selama ini hanya dihabiskan untuk berbagai hal yang sia-sia.

Oleh sebab itu, berikut ini kami akan membantu Anda dengan memberikan beberapa tips bermanfaat untuk Anda para pria maupun lajang dalam melakukan pengelolaan keuangan yang baik dan tepat.

Baca juga: Persiapkan Pensiun Anda Sejak Dini Demi Kesejahteraan Keluarga Di Masa Depan


1. Buat Rencana Anggaran Bulanan

Adanya rencana anggaran bulanan bagi Anda merupakan suatu hal yang wajib. Hal ini akan membuat Anda lebih bisa mengontrol kegiatan belanja untuk hal-hal yang tidak penting.

Namun, di bulan sebelumnya Anda harus mencatat segala pengeluaran dan sumber pendapatan yang Anda peroleh.

Jadi, dalam merencanakan anggaran bulanan akan lebih mudah Anda membuat daftarnya. Jangan lupa sertakan anggaran khusus untuk menabung dan investasi sebagai bagian dari perencanaan masa depan Anda.


2. Mengusahakan Sumber Penghasilan Tambahan

Bagi pekerja yang sudah berumah tangga biasanya memang mendapatkan beberapa tunjangan dari perusahaan tempatnya bekerja.

Lain halnya dengan pekerja yang masih lajang, jarang sekali mereka bisa memperoleh tunjangan sebagai tambahan penghasilan mereka.

Untuk itu, mumpung Anda masih lajang tidak ada salahnya untuk mencari sumber penghasilan lain di luar penghasilan pokok Anda.

Mungkin bisa mencoba untuk berwirausaha di rumah, berjualan online, atau mencari beberapa pekerjaan part time yang tidak mengganggu waktu dan konsentrasi pekerjaan pokok Anda.


3. Mulai Berinvestasi

Investasi merupakan salah satu langkah untuk membuat aman keuangan Anda. Terutama dalam persiapan masa depan setelah Anda menikah nantinya.

Tentunya, Anda juga harus pintar dalam memilih instrumen investasi yang aman dan menguntungkan.

Jangan tergiur dengan keuntungan yang terlalu besar dan kurang masuk akal. Pilihlah instrumen investasi yang kira-kira bisa Anda jadikan sebagai cara agar Anda bisa menyiapkan dana cadangan untuk masa depan. Misalnya, investasi di bidang properti seperti membeli tanah, atau rumah.



Itulah 3 tips sederhana yang bisa para lajang lakukan dalam mengelola keuangan. Dengan adanya pengelolaan keuangan yang baik sejak usia muda, maka Anda akan makin terbiasa dalam menata keuangan Anda di masa depan, atau ketika kelak Anda berkeluarga.

Mulai sekarang, berhentilah melakukan kegiatan pemborosan. Kelola keuangan Anda dengan baik, agar kemerdekaan finansial yang Anda dambakan di masa depan bisa dengan mudah Anda raih dan rasakan.

Sumber:
http://www.constiti.com/2014/06/tips-mengelola-keuangan-untuk-pria-dan-wanita-lajang.html


Related Posts

3 Tips Mengatur Keuangan Pribadi Bagi Seorang Lajang
4/ 5
Oleh