4 Tips Pencegahan Agar Cat Eksterior Rumah Tidak Cepat Rusak

4 Tips Pencegahan Agar Cat Eksterior Rumah Tidak Cepat Rusak
Tentunya, setiap orang menginginkan rumah yang menjadi kebanggaan dirinya dan keluarga indah dipandang mata dan keindahannya tersebut dapat bertahan lama.

Namun, seiring waktu berjalan, seringkali masalah timbul pada rusaknya cat bagian luar rumah yang diakibarkan karena cuaca dan debu. Hal ini tentu membuat rumah Anda menjadi tidak sedap dipandang bila dilihat dari luar.

Nah, untuk mencegah rusaknya cat eksterior dalam waktu cepat, beberapa tips berikut ini akan membantu Anda agar cat eksterior rumah tetap awet dan tidak terjadi perubahan warna yang membuat rumah Anda terlihat kusam serta keindahannya tetap dapat dinikmati oleh mata.

Baca juga: Mengecat Rumah Agar Hasilnya Bagus dan Tahan Lama


1. Pemilihan Jenis Cat yang Tepat

Agar cat eksterior Anda di kemudian hari tidak cepat rusak, maka pemilihan jenis cat yang tepat merupakan langkah awal yang penting untuk dilakukan. Cat dinding memiliki berbagai macam jenis atau tipe yang penggunaannya juga harus disesuaikan.

Seperti misalnya perbedaan yang sangat mendasar adalah cat eksterior dengan cat interior. Cat eksterior memang sengaja diformulasikan untuk digunakan pada pengecatan dinding luar ruangan yang notabene-nya selalu diterpa oleh perubahan cuaca, angin, debu dan hujan.

Jenis cat eksterior juga mengandung bermacam bahan yang dirancang supaya awet dan lebih tahan terhadap segala kondisi cuaca. Jadi, jangan sekali-kali Anda menggunakan cat interior diterapkan di luar ruangan, sebab cat dinding bagian luar rumah Anda bisa dipastikan tidak akan bertahan lama.


2. Perhatikan Kualitas Cat yang Akan Digunakan

Perhatikan kualitas dan kondisi cat yang akan digunakan untuk pengecatan. Jika cat terlihat menggumpal dan susah diaduk, maka hindari menggunakan cat dengan kondisi seperti ini. Biasanya, penggumpalan cat tersebut disebabkan karena cara penyimpanan yang tidak benar, atau kesalahan dalam tahap produksi.

Selain itu, ada juga cat yang saat pengemasan tidak rapat sempurna, sehingga ada kebocoran dan memungkinkan bakteri yang masuk ke dalam cat, ditandai dengan cat yang minimbulkan bau tidak sedap atau berbau busuk.

Cat yang sebelum dipakai sudah dalam keadaan rusak seperti ini biasanya akan mengakibatkan daya tahan cat menjadi berkurang.


3. Bersihkan dan Keringkan Dinding Sebelum Pengecatan

Sebelum dilakukan pengecatan, maka pastikan dulu dinding yang akan dicat dalam keadaan bersih, kering dan tidak ada kotoran atau noda yang menempel.

Kotoran atau debu yang menempel tersebut akan membuat hasil pengecatan menjadi tidak sempurna, permukaan lapisan cat yang kasar, dan kurang dapat menempel dengan sempurna pada dinding. Hal ini tentu saja akan menyebabkan cat menjadi mudah terkelupas.

Selain kebersihan dari media yang akan dicat, struktur bangunan juga dapat mempengaruhi kualitas pengecatan. Struktur bangunan yang kurang kuat akan menimbulkan keretakan pada tembok, sehingga cat akan mudah mengelupas dan acian semen pun juga jadi menjamur.

Dinding yang sering terkena air, lembab atau rembesan (bocor) juga akan berdampak buruk bagi hasil pengecatan. Jadi, sebelum dilakukan pengecatan, pastikan dulu dinding dalam kondisi kering dan tidak ada kebocoran maupun rembesan yang menjalar di dinding.


4. Gunakan Teknik dan Cara Pengecatan yang Baik

Sebelum melakukan pengecatan, ada baiknya membaca terlebih dulu petunjuk atau aturan pakai yang tertera pada kemasan cat. Perhatikan dengan baik, dan ikuti segala petunjuknya dengan seksama agar Anda terhindar dari kesalahan dalam pengecatan.

Bila Anda bukan orang yang ahli atau terbiasa mengecat, sebaiknya gunakan jasa tukang profesional agar hasilnya lebih baik dan memuaskan.

Hindari pula mengecat lapisan dinding yang aciannya belum kering sempurna, sebab masih ada udara atau hawa panas yang keluar dari campuran semen, sehingga akan berpotensi merusak lapisan cat dan membuatnya cepat terkelupas.


Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum mengecat sebagai upaya pencegahan dinding cat rumah bagian luar Anda tidak cepat rusak. Semoga tips ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikannya di facebook, twitter, atau google+.

Sumber:
http://mitraperbaikanrumah.com/cara-mencegah-agar-cat-eksterior-tidak-cepat-rusak/


Related Posts

4 Tips Pencegahan Agar Cat Eksterior Rumah Tidak Cepat Rusak
4/ 5
Oleh