5 Tips Penting Bagi Pebisnis Dalam Melayani Pelanggan

5 Tips Penting Bagi Pebisnis Dalam Melayani Pelanggan
Bagi pebisnis sejati, tentu sangat menyadari betapa pentingnya customer service dalam membentuk loyalitas pelanggan.

Bahkan, keberadaan customer service yang baik akan menjadi brand ambassador dalam pemasaran produk Anda.

Untuk itu, berikut ini kami akan berbagi mengenai beberapa tips penting yang dapat dilakukan oleh pebisnis dalam melayani pelanggan dengan baik.



1. Tentukan Standarisasi Pelayanan Terhadap Konsumen

Setiap perusahaan sangat membutuhkan standarisasi yang jelas tentang petunjuk pelayanan kepada konsumen. Hal ini sangat penting dilakukan bila perusahaan Anda ingin terus berkembang dengan cepat.

Baca juga: 4 Cara Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan

Beberapa standarisasi pelayanan yang perlu ditetapkan seperti kualitas pelayanan, kebersihan, penampilan karyawan, cara berkomunikasi kepada pelanggan, dan banyak lagi.

Harusnya, standarisasi pelayanan ini sudah termasuk dalam Standard Operating Procedures (SOP). Pastikan semua karyawan mengetahui dengan jelas tentang SOP yang berlaku di perusahaan Anda.

Lakukan sosialisasi secara berkala, agar terjadi keselarasan dalam pelaksanaan SOP di seluruh unit kerja sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan perusahaan.


2. Service Excellence

Salah satu kunci sukses lainnya agar perusahaan mampu bersaing dan berkembang adalah service excellence.

Jadi, service excellence ini harus secara konsisten Anda berikan kepada konsumen agar siapapun yang memakai produk atau jasa Anda mendapat kepuasan dari pelayanan yang diberikan.


3. Bangun Kedekatan dengan Konsumen

Terdapat sejumlah pelayanan customer yang sekarang ini sedang gencar diterapkan oleh beberapa perusahaan, antara lain yaitu:

- Membentuk komunitas
Dengan adanya komunitas customer, maka kesempatan terbuka bagi perusahaan untuk bisa berinteraksi langsung dengan konsumen, sekaligus bisa menjadi tempat berbagi pengetahuan tentang keunggulan dan kelemahan produk yang ditawarkan.

- Layanan 24 Jam Selama 7 Hari
Banyak konsumen yang berharap dapat pelayanan selama 24 jam dalam 7 hari. Artinya, konsumen akan memperoleh informasi, mengajukan pertanyaan, menyampaikan keluhan, dan melakukan pembelian kapan pun mereka butuh produk tersebut.

- Melakukan Survey Pelanggan
Data konsumen adalah aset yang sangat berharga. Karena itu, tidak jarang beberapa perusahaan melakukan survey untuk produk tertentu kepada pelanggan. Hal ini bertujuan untuk memperoleh data konsumen, serta informasi penting yang dapat dijadikan referensi dalam melakukan inovasi.


4. Adakan Program Pemberian Penghargaan Untuk Pelanggan

Indikator bahwa perusahaan Anda mampu mengelola apa yang menjadi harapan konsumen adalah dengan banyaknya jumlah konsumen loyal yang dimiliki perusahaan Anda.

Para konsumen sudah merasa begitu cocok, akrab, dan nyaman dengan produk maupun layanan yang Anda berikan. Nah, tidak ada salahnya untuk Anda mengadakan program pemberian penghargaan (reward) untuk mengapresiasi loyalitas para pelanggan Anda.

Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk lebih meningkatkan loyalitas mereka, dan membuat mereka merekomendasikan produk Anda kepada teman maupun kerabatnya.

Dengan diadakannya program tersebut akan menambah pula rasa kekeluargaan dan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan Anda.


5. Buat Karyawan Bahagia dan Menyenangi Pekerjaannya

Mungkin sebenarnya ini tidak termasuk dalam poin pelayanan terhadap konsumen. Tapi jangan abaikan kebahagiaan dan kesejahteraan karyawan Anda.

Sebagai pebisnis, tentu Anda berharap agar karyawan bisa bekerja dengan maksimal dan memberikan kinerja terbaiknya. Sehingga mereka akan menjaga citra perusahaan sebaik mungkin di mata pelanggan.

Apa yang terjadi bila karyawan Anda tidak menyenangi pekerjaannya di perusahaan Anda? Bisa saja mereka malah menyampaikan keluhan atau kekecewaan mereka terhadap pelanggan sehingga memberi citra negatif perusahaan di mata pelanggan.

Senyuman tulus, sapaan yang hangat, perilaku yang santun dalam memberikan pelayanan, dan semangat dalam memberikan kinerja terbaik akan karyawan berikan kepada konsumen bila perusahaan tempatnya bekerja memang benar-benar juga dapat memberikan apa yang diharapkan oleh para karyawan.

Sumber:
http://mebiso.com/5-hal-penting-dalam-melayani-customer/


Related Posts

5 Tips Penting Bagi Pebisnis Dalam Melayani Pelanggan
4/ 5
Oleh