7 Tips Menjadi Customer Service yang Berkesan Bagi Pelanggan

7 Tips Menjadi Customer Service yang Berkesan Bagi Pelanggan
Dalam menggeluti bisnis, terdapat banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Salah satunya ialah aspek pelanggan. Justru kepuasan pelanggan merupakan kunci dari kesuksesan sebuah bisnis.

Bila Anda menitikberatkan bisnis untuk memberikan kepuasan pada pelanggan, maka kualitas produk dan layanan dalam usaha Anda pun akan dilakukan pula dengan maksimal.

Di sinilah peran penting seorang Customer Service, mereka adalah orang-orang yang pertama kali akan berhadapan dengan pelanggan dan memberikan kesan mendalam terhadapnya.

Baca juga: Mengatasi Persaingan dengan Cara Berfokus Pada Pelanggan

Di samping melayani penjualan, Customer Service juga akan melayani berbagai pertanyaan, dan keluhan yang disampaikan oleh pelanggan. Untuk itu, janganlah Anda berpikir bahwa menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Customer Service adalah hal yang mudah.

Diperlukan skill atau kecakapan dalam berkomunikasi, dan berinteraksi yang baik dengan pelanggan. Sedikit saja kesalahan yang dilakukan Customer Service hingga membuat pelanggan kecewa, maka akan merusak citra dari suatu perusahaan secara keseluruhan.

Berikut ini kami akan berbagi beberapa tips jitu tentang bagaimana menjadi Customer Service yang baik dan dapat berkesan di mata pelanggan.


1. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Seorang customer service harus mampu berkomunikasi dengan baik di manapun tempatnya. Ia harus bisa berbahasa dengan jelas, ramah, dan sopan.

Hal ini akan sangat berpengaruh pada bagaimana customer service dapat memberikan informasi maupun solusi terhadap pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan baik dan tepat.


2. Memahami Produk dengan Baik

Kemampuan berkomunikasi dan berbahasa yang baik tidak akan berguna bila customer service tidak tahu apa-apa tentang produk yang ditawarkan perusahaannya.

Untuk itu, seorang customer service harus dibekali dengan pemahaman produk yang baik, agar tidak menimbulkan keraguan di benak pelanggan terhadap kualitas dan cara penggunaan produk yang dipasarkan oleh perusahaan.


3. Responsif dan Cepat dalam Melayani Pelanggan

Pelanggan tidak suka menunggu, mendapatkan pelayanan yang cepat merupakan harapan setiap pelanggan. Baik kaitannya dalam mendapatkan informasi maupun penyelesaian masalah. Sedangkan pelanggan Anda mungkin terdiri dari banyak orang.

Bila respon customer service terhadap satu pelanggan saja lama, tentu akan berpengaruh juga kepada pelanggan lainnya. Hal ini akan memberikan citra buruk di mata pelanggan.

Oleh sebab itu, terkadang penting sekali merespon pelanggan dengan cepat meskipun itu hanya berbentuk beberapa kata saja, seperti “mohon menunggu sejenak”, atau “akan kami usahakan secepat mungkin”.


4. Mampu Meyakinkan Konsumen

Seorang customer service harus memiliki kemampuan untuk meyakinkan konsumen. Berbagai argumen sesuai logika yang disampaikan oleh customer service harus bisa membuat konsumen yakin dan merasa puas.


5. Jangan Memberi Janji Di Luar Kemampuan

Mungkin Anda pernah kecewa karena seseorang telah mengingkari janjinya kepada Anda. Begitu juga dengan pelanggan, hindari memberi janji yang Anda tahu kalau janji tersebut sulit atau tidak mungkin Anda tepati.

Buatlah janji dengan pelanggan yang masih dalam batas kemampuan Anda. Jangan pernah membohongi pelanggan dengan memberi janji atau keterangan palsu. Kejujuran adalah segalanya dalam sebuah pelayanan.


6. Lakukan Tugas Sesuai Standar Baku Perusahaan

Semua bentuk layanan maupun perlakuan kepada pelanggan haruslah mempunyai standar baku yang jelas. Customer service wajib melakukan tugas sesuai prosedur dan standar servis yang sudah dibuat dan ditetapkan oleh perusahaan.

Hal ini ditujukan agar pelanggan memperoleh servis yang sempurna dari perusahaan. Konsistensi terhadap prosedur dan standar baku perusahaan juga harus ditanamkan dan senantiasa dijalankan oleh customer service.

Dengan demikian, customer service sebenarnya memiliki peran besar kepada perusahaan dalam membentuk citra entitas yang profesional dan service oriented.


7. Berikan Pelayanan Terbaik Anda

Pelanggan yang puas terhadap pelayanan customer service perusahaan, akan menjadi senjata marketing yang ampuh bagi perusahaan tersebut.

Karena mayoritas calon konsumen akan lebih tertarik dan memakai produk maupun jasa Anda ketika mereka memperoleh referensi dari teman atau kerabat dekatnya. Jadi, jangan sampai Anda pilih kasih terhadap pelanggan, berikan service terbaik Anda kepada semua pelanggan.

Kita tidak pernah tahu mana pelanggan yang akan menjadi senjata marketing ampuh Anda kepada para calon pelanggan lainnya.

Buat konsumen untuk tidak ragu dalam memberikan rekomendasi positifnya kepada teman maupun kerabatnya. Bagaimanapun, konsumen adalah raja, siapapun itu, dan dari golongan apapun mereka.


Itulah beberapa tips tentang bagaimana menjadi customer service yang baik. Hal yang penting untuk dicamkan oleh pemilik atau pemimpin perusahaan adalah uang atau modal yang banyak saja tidak cukup untuk bisa menang dalam persaingan bisnis.

Justru persepsi setiap pelanggan Anda yang akan menentukan keberlangsungan usaha yang Anda jalani sampai jangka waktu beberapa periode ke depan.

Sumber:
http://mebiso.com/menjadi-customer-service-yang-baik-dan-disukai-pelanggan/


Related Posts

7 Tips Menjadi Customer Service yang Berkesan Bagi Pelanggan
4/ 5
Oleh