Arti Istilah dan Singkatan Dalam Dunia Internet Marketing

Bagi Anda yang baru ingin menggeluti internet marketing seperti saya, sedikit kebingungan tentu akan dihadapi mengenai berbagai pengertian istilah yang akan sering ditemui di dalamnya.

Oleh sebab itu, pada posting kali ini saya akan membahas khusus tentang pengertian berbagai istilah yang terdapat dalam dunia internet marketing. Diawali dari pengertian Internet Marketing itu sendiri.

Internet Marketing memiliki kesamaan arti dengan cara memasarkan suatu produk (barang maupun jasa) melalui media internet dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan.

Baca juga: 5 Cara Bisnis Online yang Membuat Anda Cepat Kaya

Akan tetapi, makna dari Internet Marketing itu sendiri lebih berorientasi pada ilmunya, cara maupun teknik-teknik yang dapat dilakukan untuk memperoleh uang dari sebuah bisnis melalui internet.

Dalam prosesnya, pebisnis dan konsumen tidak perlu keluar rumah untuk melakukan transaksi. Hanya melalui perangkat komputer maupun gadget, kedua pihak sudah dapat melakukan transaksi yang diinginkan dengan mudah.

Berikut ini kami akan membagikan arti dari istilah-istilah yang akan kita sering temui dalam dunia Internet Marketing.

Untuk memudahkan dalam menemukan kata atau istilah yang Anda cari, gunakan CTRL + F pada keyboard, kemudian ketikkan kata yang Anda cari tersebut.


A

Algoritma (Algorithmic):
Algoritma merupakan suatu set terbatas, memerintahkan langkah-langkah dalam memecahkan masalah matematika. Semua Search Engine memakai satu set algoritma guna menghitung relevansi halaman web yang diindeks untuk Query khusus yang Anda terapkan. Hasil dari proses tersebut berupa daftar peringkat situs yang dianggap paling relevan pada mesin pencari.

Alt Tag / Alt Text:
Sebuah tag alt merupakan teks HTML yang muncul ketika web sedang memuat suatu gambar atau ketika kursor berada di atas gambar. Alt teks berpengaruh dalam memasukkan kata kunci pada web untuk optimalisasi mesin pencari.

Analytics:
Istilah Analytics mengacu pada semua teknologi, pemrograman, dan data yang dipakai dalam Search Engine Marketing dalam menganalisis kinerja sebuah website atau keberhasilan kampanye yang dilakukan pada pemasaran Internet.

Anchor Text:
Juga dikenal sebagai teks link, teks jangkar yang terlihat, teks diklik antara jangkar dan tag HTML. Mengklik anchor text akan mengaktifkan Hyperlink ke situs web lain. Anchor text berperan penting dalam Search Engine Optimization, sebab algoritma mesin pencari mempertimbangkan kata kunci Hyperlink sebagai relevansi dengan halaman utama.


B

Backlink:
Juga dikenal sebagai link kembali, link mundur, atau inbound link, backlink yaitu semua link pada website lain yang mengarah ke situs Anda. Backlink secara signifikan dapat meningkatkan peringkat halaman pada pencarian situs Anda, terutama bila backlink tersebut berisi kata kunci anchor text yang relevan dengan situs Anda dan terletak di situs yang memiliki Page Rank tinggi.

Banned:
Juga dikenal sebagai delisting atau blacklist, URL situs yang dilarang atau telah dihapus dari indeks mesin pencari, biasanya situs yang disinyalir terlibat dalam Black Hat SEO atau melanggar hukum dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak terkait.

Banner (Iklan):
Banner (iklan) adalah iklan grafis persegi panjang. Iklan Banner merupakan salah satu bentuk yang paling sering ditemui dalam iklan online. Ukurannya bisa bervariasi, bisa berukuran lebar 468 piksel dan tinggi 60 piksel, lebar 728 piksel dan tinggi 90 piksel, atau ukuran persegi panjang lainnya. Mengklik iklan banner akan mengarahkan Anda ke situs web pengiklan.

Black Hat SEO:
Black hat SEO merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut teknik optimasi yang tidak etis atau melanggar ketentuan. Beberapa cara yang termasuk Black Hat SEO antara lain Spam, Cloaking, atau melanggar aturan mesin pencari dengan cara apapun. Apabila mesin pencari menemukan situs yang terlibat dalam Black Hat SEO, maka situs tersebut akan dihapus dari Index nya.

Blacklist:
Istilah Blacklist dikenal pula dengan sesuatu yang dilarang atau delisting, situs blacklist adalah URL yang telah dihapus atau diabaikan dari indeks mesin pencari, biasanya situs tersebut terlibat dalam Black Hat SEO.

Broken Link:
Broken Link dikenal pula dengan “link mati” atau link rusak, broken link ialah link yang menunjuk lagi ke tujuan atau Halaman Arahan yang tidak aktif. Search engine tidak menyukai link rusak. Oleh sebab itu, jagalah situs Anda dari adanya link rusah yang merupakan bagian penting dari optimasi SEO yang sedang berlangsung.


C

Click Fraud:
Click Fraud adalah praktek ilegal dengan memanipulasi Biaya-Per-Klik (BPK) atau Pay-Per-Click (PPC). Hal ini merugikan bagi pihak pengiklan, sehingga cara ini dinyatakan ilegal.

Click-Through:
Click-Through mengacu pada satu contoh dari pengguna mengklik link iklan atau daftar situs dan pindah ke Landing Page lain.

Click-Through Rate (CTR):
Click-Through Rate adalah persentase pengguna yang mengklik link iklan atau situs mesin pencari dari jumlah total orang yang melihatnya, misalnya empat klik-through dari sepuluh kali dilihat maka nilai CTR-nya sebesar 40%.

Cloaking:
Cloaking adalah presentasi dari halaman alternatif untuk perayap mesin pencari sehingga akan merekam isi yang berbeda untuk URL dari browser apa manusia melihatnya. Cloaking umumnya dilakukan untuk mencapai posisi lebih tinggi dalam mesin pencari atau untuk mengelabui pengguna agar mengunjungi sebuah situs. Dalam beberapa kasus, cloaking dianggap Black Hat SEO dan URL bisa saja terkena blacklist dari mesin pencari.

Contextual Link Inventory (CLI):
Search engine dan jaringan periklanan menggunakan link kontekstual dalam persediaan mereka untuk mencocokkan kata kunci yang relevan dengan iklan teks link pada konten situs. CLI dihasilkan berdasarkan daftar halaman website dan konten yang dianggap cocok dengan iklan-server.

Conversion (Konversi):
Conversion merupakan istilah yang digunakan untuk setiap tindakan yang signifikan saat pengguna mengambil atau mengunjungi sebuah situs, biasanya berupa pembelian, meminta informasi, atau mendaftar account.

Conversion Rate:
Conversion Rate adalah persentase dari semua pengunjung situs yang "mengubah" atau melakukan pembelian, pendaftaran, permintaan informasi, dan tindakan lainnya yang sesuai dengan tujuan marketing. Contohnya, bila sebanyak tiga pengguna membeli produk dan satu permintaan katalog dari sepuluh pengunjung harian, maka tingkat konversi situs tersebut sebesar 40%.

Cost-Per-Acquisition:
Cost-Per-Acquisition atau Biaya per akuisisi (BPA) adalah mengacu pada model investasi dimana pengembalian diukur dengan membagi jumlah klik / biaya pemasaran dengan jumlah Konversi yang dicapai. Total biaya perolehan / jumlah konversi = BPA. BPA juga dipakai sebagai sinonim untuk Biaya-Per-Aksi.

Cost-Per-Action (CPA):
Dalam sistem pendapatan iklan Cost-Per-Action (CPA), pengiklan dikenakan biaya sesuai dengan Konversi yang dihasilkan, yaitu setiap kali pengguna membeli produk, membuka akun, atau permintaan ujicoba. CPA dikenal pula sebagai biaya per akuisisi, walaupun istilah biaya per akuisisi bisa jadi membingungkan dikarenakan juga mengacu kembali pada model investasi.

Cost-Per-Click (CPC):
Juga dikenal sebagai bayar per-klik, Cost-Per-Click (CPC) adalah sistem pendapatan iklan yang dipakai oleh mesin pencari dan jaringan iklan di mana pengiklan hanya akan membayar jumlah yang disepakati untuk setiap klik iklan mereka. Iklan dengan metode pembayaran berbasis Rate ini dianggap oleh beberapa pengiklan sebagai cara yang lebih hemat biaya ketimbang metode pembayaran berbasis CPM.

Cost-Per-Mille (CPM):
Juga dikenal sebagai Cost-Per-Thousand atau Biaya Per Tayang (BPT). Mille adalah kata Latin untuk ribu, biaya per seribu adalah sistem pendapatan iklan yang dipakai oleh mesin pencari dan jaringan iklan di mana perusahaan pengiklan membayar sejumlah yang telah disepakati untuk setiap 1.000 pengguna yang melihat iklan mereka, terlepas dari jumlah terjadinya klik atau konversi yang dihasilkan. CPM biasanya dipakai dalam penayangan Iklan Banner, sementara Biaya-Per-Klik biasanya dipakai untuk iklan teks link.

Crawler:
Juga dikenal sebagai Spider atau Robot, crawler adalah program mesin pencari yang menjelajah/merayapi laman web, mengumpulkan data, mengikuti link, membuat dan memperbarui salinan situs-situs yang terayapi, serta menyimpan URL dalam Index mesin pencari. Hal ini memungkinkan mesin pencari untuk memberikan daftar yang lebih cepat dan lebih up-to-date.


D

Deindex:
Deindex merupakan Kebalikan dari ndex, yakni keadaan dimana mesin pencari tidak lagi merayapi sebuah situs. Istilah Deindex hampir sama dengan istilah banned.

Direct Traffic:
Jenis Trafik ini disebut juga dengan "trafik langsung", artinya pengunjung masuk ke web tanpa perantara dari mesin pencari ataupun Referal Web. Pengunjung masuk langsung dengan mengetikkan alamat website pada address bar di browser mereka. Khusus untuk trafik seperti ini biasanya terjadi bila web cukup populer, sehingga telah memiliki pengunjung atau pelanggan tetap yang mengunjungi web tanpa harus melalui referal.


I

Impression:
Juga dikenal dengan istilah tampilan halaman. Mesin pencari dan jaringan iklan menggunakan statistik impression untuk mengisi Biaya Per Seribu (BPS) pada pengiklan.

Inbound Link:
Juga dikenal dengan istilah backlink, link kembali, atau link mundur. Inbound link adalah semua link pada website lain yang mengarahkan pengguna ke situs Anda. Inbound link secara signifikan dapat meningkatkan peringkat pencarian situs Anda, terutama bila inbound link berisi kata kunci anchor teks yang relevan dengan situs Anda dan terletak di situs dengan Page Rank tinggi. (Hampir mirip dengan istilah: Backlink)

Index:
Indeks adalah database yang termuat dalam Search Engine. Data ini berisi semua informasi yang telah diidentifikasi oleh perayap mesin pencari, khususnya untuk data halaman World Wide Web. Ketika pengguna melakukan Query, mesin pencari menggunakan halaman yang diindeks dan Algoritma yang ditetapkan untuk menyediakan daftar peringkat halaman yang paling relevan. Biasanya, indeks terdiri dari judul dan ringkasan dari situs terdaftar yang telah dikategorikan oleh editor direktori.

Internet Marketing:
Pada tingkat dasar, internet marketing adalah suatu cara untuk menggunakan Internet dalam memasarkan suatu produk, atau berkomunikasi untuk menjual barang dan jasa. Pada tingkat lanjutan, internet marketing dikenal sebagai suatu cara untuk bersaing dengan kompetitor lain dengan menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO), untuk meningkatkan posisi, Page Rank, dan CTR sebuah situs.

Internet Promotion:
Juga dikenal sebagai promosi mesin pencari, pemasaran atau promosi website, internet promotion mengacu pada semua cara yang digunakan oleh perusahaan atau individu untuk mempromosikan situs web dan meningkatkan Posisinya di mesin pencari.


K

Keyword (KW):
Dikenal pula dengan istilah pencarian atau permintaan, kata kunci dapat beurpa kata atau frase yang dimasukkan pengguna ke dalam kotak pencarian mesin pencari. Index situs dalam Search Engine Ranking Page (SERP) akan dilihat dari seberapa relevan dengan kata kunci yang dicari. Ini salah satu strategi SEO paling penting yang perlu dilakukan oleh suatu situs, optimalisasi halaman situs mereka dengan konten yang berisi kata kunci bertarget yang relevan dengan produk atau industri yang mereka miliki.

Keyword marketing:
Keyword marketing adalah penggunaan kata kunci pada konten yang dioptimalisasi dengan Text Link keyword khusus untuk menekankan relevansi sebuah situs yang akan meningkatkan Rank untuk pencarian terhadap web terkait. Keyword marketing juga bisa dilakukan melalui program iklan berbasis kata kunci seperti Google AdSense. Keyword marketing merupakan salah satu komponen penting dalam Search Engine Optimization (SEO).

Keyword Submission:
Keyword Submission adalah semua istilah yang termasuk dalam penelitian atau seleksi suatu kata kunci, penilaian terhadap biaya penawaran yang dianggarkan oleh perusahaan dilakukan untuk memulai kampanye terkait kata kunci yang berbasis Pay-Per-Click (PPC) melalui jaringan iklan seperti Google AdWords, Yahoo!, Microsoft adCenter, dan berbagai program periklanan lainnya.


L

Landing Page:
Dalam bahasa Indonesia, Landing Page disebut Halaman arahan, pengertiannya adalah halaman di mana pengunjung datang setelah mengklik dari daftar mesin pencari, link email, Iklan Banner, iklan PPC, atau iklan dan inbound link lainnya.

Link:
Juga dikenal sebagai hyperlink atau link HTML, link adalah gambar atau bagian dari teks yang saat diklik oleh pengguna akan membuka halaman web lain.

Link Baiting:
Link baiting adalah penciptaan konten yang menghasut pengguna untuk link ke halaman Anda dari situs web lain. Jenis-jenis link umpan sangat beragam bentuknya, ada yang berupa artikel informatif, berita, sumber daya yang berguna dan kadang konten yang kontroversial atau sensasional. Link baiting termasuk dalam teknik White Hat SEO yang dipakai untuk membantu meningkatkan popularitas dan Page Rank situs.

Link Exchange:
Suatu pertukaran link yang merupakan timbal balik antara dua lokasi link. Reciprocal link biasanya mengarah ke halaman home dari situs asosiasi.

Link Farm:
Link farm adalah halaman web atau sekelompok halaman web yang memang dibangun hanya untuk meningkatkan jumlah Backlinks dalam jaringan link situs. Sebuah link farm dimaksudkan untuk meningkatkan PageRank atau popularitas situs. Dengan demikian teknik link farm ini akan meningkatkan Posisi sebuah situs pada mesin pencari. Namun, seringkali cara ini dianggap sebagai bentuk Spam dan situs yang hanya bergantung pada cara ini akan dikenakan sanksi oleh mesin pencari.

Link Popularity:
Link Popularity adalah suatu parameter terhadap seberapa populer sebuah halaman web dengan menghitung jumlah Backlinks web tersebut. Link Popularity bukan semata-mata masalah kuantitas link, tapi juga bagaimana kualitas backlink terhadap situs tersebut. Kebanyakan mesin pencari menggunakan link popularity sebagai faktor dalam Hasil dari algorithmic mereka.

Link Text:
Juga dikenal sebagai anchor teks. Mengklik link teks akan mengaktifkan Hyperlink ke situs web lain. Link teks sangat penting dalam Search Engine Optimization karena algoritma mesin pencari mempertimbangkan kata kunci hyperlink yang relevan dengan Landing Page.

Local Search:
Local Search mengacu pada penambahan kata kunci berdasarkan geografis (negara, kota, jalan, dan lain-lain).


M

Meta Search Engine:
Meta Search Engine berasal dari daftar konten yang diminta oleh pengguna melalui beberapa mesin pencari untuk kemudian menampilan ringkasan dari hasil pencarian.

Meta Tags:
Meta tag adalah tag HTML yang ditempatkan dalam halaman web, berisi informasi untuk Crawlers dan web browser. Jenis informasi meta tag meliputi deskripsi halaman (Description Tag), kata kunci halaman yang relevan (Meta Keywords Tag), indeks halaman (Meta Robots Tag), hak cipta, refresh halaman dan instruksi tanggal pengalihan.

Meta Tag Description:
Meta Tag Description (Tag deskripsi) adalah paragraf HTML singkat yang berisi deskripsi halaman konten untuk tujuan Indeks mesin pencari.

Meta Tag Keywords:
Meta Tag Keywords menyediakan daftar kata kunci yang relevan dengan halaman web untuk mesin pencari. Hal ini dapat meningkatkan peringkat halaman  web pada index mesin pencari.

Meta Tag Robots:
Meta Tag Robots (nama untuk perayap atau robot pada mesin pencari) memungkinkan penulis mencegah halaman mereka keindeks oleh perayapan mesin pencari yang tidak diinginkan. Alternatif untuk Meta Tag Robots adalah file Robots.txt atau proteksi dengan password.


N

Natural Listing:
Juga dikenal sebagai daftar organik, Natural Listing adalah daftar halaman web yang muncul pada Halaman Hasil pencarian pada Search Engine semata-mata karena Algoritma mesin pencari menganggap halaman tersebut relevan dengan Query. Natural Listing dapat berisi Paid Listing, tetapi hanya jika mereka memenuhi persyaratan yang sama seperti Natural Listing. Cara terbaik untuk meningkatkan Posisi Natural Listing sebuah situs adalah melalui Natural Search Engine Optimization.

Natural Search Engine Optimization:
Juga dikenal sebagai optimasi natural, optimasi mesin pencari organik atau whitehat SEO, Natural Search Engine Optimization adalah penggunaan salinan kata kunci dan tag yang terfokus. Cara ini menawarkan kesempatan lebih besar untuk keberhasilan bisnis jangka panjang daripada dengan cara berbayar atau kampanye iklan menggunakan PPC.

Non-Organic Traffic:
Non-Organic traffic, merupakan kebalikan dari Organic Traffic, yaitu trafik yang asalnya bukan dari Search Engine. Non-Organic Traffic dibagi menjadi 2, yaitu referral traffic dan direct traffic.


O

Optimasi Organik:
Juga dikenal sebagai natural listing, Optimasi Organik adalah daftar halaman web yang muncul pada Halaman Hasil Search Engine semata-mata karena Algoritma mesin pencari menganggap mereka relevan dengan Query.

Organic Traffic:
Organic traffic adalah trafik yang berasal dari search engine yang terpercaya. Seperti kita ketahui, akhir-akhir ini semakin banyak Search Engine yang bermunculan di dunia internet, karena cara pembuatannya juga mudah apalagi dengan banyaknya script yang beredar di internet. Agar lebih aman rekomendasi Organic traffic itu sebaiknya yang berasal dari Google, Yahoo, MSN, Bing, Dmoz. Jadi bila traffic blog tidak berasal dari Search Engine tersebut, artinya bukan Organic Traffic. Di dunia SEO, Organic Traffic sangat berharga ketimbang non-organic traffic.

Outbound Link:
Outbound Link adalah semua link dari halaman web tertentu yang mengarah ke halaman lain, termasuk halaman dalam domain yang sama. Terlalu banyak link keluar dapat merusak Positioning situs di mata Search Engine karena perayap mungkin mengartikannya sebagai Link Farm atau spamming.


P

Page Rank (PR):
PageRank adalah algoritma analisis link yang dikembangkan oleh pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin. Dahulu, Google menggunakan pagerank satu sampai sepuluh sebagai prioritas dalam tampilan hasil query-nya. Entah, pada algoritma yang sekarang, atau terbaru. Banyak orang mengatakan kalau Page Rank sudah tidak digunakan lagi.

Pageview (PV):
Istilah untuk mengukur seberapa banyak halaman web Anda dikunjungi pada sebuah hit berikutnya dari alamat IP yang sama dalam satu periode laporan.

Pay-Per-Click (PPC):
Pay Per Click atau Biaya per-Klik (dalam bahasa Indonesia) adalah sistem pendapatan iklan yang dipakai oleh sejumlah penyedia layanan periklanan di internet terhadap jaringan iklan suatu web. Perusahaan web akan membayar iklan sejumlah klik yang dihasilkan dan sesuai kesepakatan dengan penyedia layanan.

PBN (Private Blog Network):
PBN (private blog network) adalah sekumpulan blog/website milik sendiri yang tujuannya adalah memberi backlink ke blog utama dalam usaha meningkatkan ranking blog tersebut pada Search Engine.

Position:
Position dikenal pula dengan istilah peringkat, yaitu tempat website menempati urutan relatif terhadap permintaan Kata Kunci pada halaman Hasil algorithmic. Halaman pertama menampilkan Daftar pada posisi satu sampai sepuluh, halaman kedua merupakan posisi sebelas hingga dua puluh, dan seterusnya.

Professional Search Engine Optimization:
Profesional Search Engine Optimization adalah modifikasi dari sebuah situs web oleh perusahaan SEO untuk meningkatkan Posisi dan Page Rank mereka serta meningkatkan Klik-Melalui Rate dan Tingkat Konversi pada mesin pencari.


Q

Query:
Query adalah suatu istilah yang ditujukan kepada apa yang ditulis pada kotak mesin pencari. Misal "Download Film" adalah sebuah query yang di hitung 1 jika blog atau web anda masuk dalam daftar pencarian tersebut.


R

Rank:
Rank biasanya merujuk pada tempat website menempati urutan relatif pada daftar Hasil pencarian dalam algorithmic menanggapi permintaan Kata Kunci.

Reciprocal Link Exchange:
Reciprocal Link Exchange adalah pertukaran link antara dua situs. Reciprocal link biasanya mengarah ke halaman Beranda dari situs yang berasosiasi.

Referral Traffic:
Trafik ini asalnya dari web yang bukan Search Engine, seperti Forum, Blog, atau web lainnya yang bukan search engine. Namun Trafik jenis ini masih mengundang kontroversi, sebab beberapa layanan periklanan seperti Google Adsense masih mempermasalahkan valid tidaknya klik yang berasal dari referral traffic. Ada sejumlah kasus blogger yang ke banned disebabkan hampir 80% trafik dan klik blog-nya berasal dari Referal traffic.

Registration:
Biasanya lebih merujuk pada pendaftaran url ke mesin pencari atau ke situs Direktori untuk dimasukkan dalam Indeks nya. Ada pendaftaran yang gratis, ada pula berbayar. Registration merupakan hal dasar yang penting dalam Search Engine Optimization.

Result Page:
Result Page adalah koleksi Daftar peringkat yang ditampilkan dalam menanggapi Query dalam pencari di search engine.

Robot:
Juga dikenal dengan sebutan Crawler atau Spider, robot adalah program mesin pencari yang "menjelajah" web, mengumpulkan data, mengikuti link, membuat salinan situs-situs baru dan selalu melakukan pembaruan dalam jangka waktu tertentu, serta menyimpan URL dalam Index mesin pencari. Hal ini memungkinkan mesin pencari untuk memberikan data tentang index situs yang lebih cepat dan lebih up-to-date.

Robots.txt:
Juga dikenal sebagai protokol pengecualian robot, Robots.txt merupakan file teks yang disimpan dalam direktori root sebuah situs yang mencegah Crawler mesin pencari terhadap halaman situs atau sub-folder yang tidak harus ter-Indeks dalam mesin pencari.


S

Search Engine:
Contoh: google.com, bing.com, yahoo.com, baidu.com dan sebagainya. Search Engine (Mesin Pencari) adalah sebuah web yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian berdasarkan Query terhadap Index halaman Web yang disimpan dan dikumpulkan oleh Crawler untuk informasi yang relevan dengan kriteria tertentu melalui sebuah kata kunci atau Search Terms.

Search Engine Marketing (SEM):
Search Engine Marketing (SEM) adalah istilah inklusif untuk semua teknik yang dipakai untuk pasar internet melalui mesin pencari, termasuk iklan PPC dan Natural Search Engine Optimization.

Search Engine Marketing Organisasi Profesi (SEMPO):
Search Engine Marketing Organisasi Profesi (SEMPO) adalah asosiasi profesional non-profit yang didirikan pada tahun 2003 untuk meningkatkan kesadaran tentang manfaat dari pemasaran melalui mesin pencari dan menyediakan sumber daya berupa edukasi untuk para anggota dan konsumennya.

Search Engine Optimization (SEO):
Search Engine Optimization (SEO) adalah modifikasi dari sebuah situs web untuk tujuan memperbaiki Peringkat halaman pada Search Engine Results Pages. Hal ini dilakukan dengan cara kombinasi strategi SEO seperti direktori, mesin pencari Submission, optimasi situs web, menulis konten dan kualitas Link.

Search Engine Optimization Software System:
Search Engine Optimization Software System memungkinkan pelaku internet marketing untuk menghasilkan data situs dan secara otomatis menyesuaikan jadwal Submission.

Search Engine Optimization Strategi:
Search Engine Optimization Strategi merujuk pada rencana optimasi yang spesifik pada sebuah perusahaan SEO yang memang bekerja dalam bidang promosi untuk situs klien baik individu maupun perusahaan.

Search Engine Placement:
Search Engine Placement adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan Optimasi Situs untuk meningkatkan Peringkat klien mereka. Istilah penempatan mesin pencari terkadang dipakai pula untuk mengartikan Hasil Posisi di search engine dari sebuah situs atau Halaman web.

Search Engine Placement Service:
Juga dikenal sebagai promosi internet, jasa optimasi atau optimasi situs, layanan penempatan mesin pencari adalah semua metode Search Engine Optimization Perusahaan menggunakan untuk meningkatkan posisi situs dan Page Rank dan meningkatkan Klik-Melalui Rate dan Tingkat Konversi.

Search Engine Positioning:
Istilah Search Engine Positioning dapat digunakan dalam dua cara yang berbeda. Pertama, untuk menggambarkan proses pemesanan index dan peringkat website dalam Algoritma mesin pencari ketika menanggapi Query. Kedua, mengacu pada penggunaan Search Engine Optimization untuk mencapai Posisi di hasil query mesin pencari yang lebih tinggi.

Search Engine Promotion:
Dikenal pula sebagai promosi internet, pemasaran website, atau promosi website, Search Engine Promotion mengacu pada semua metode yang digunakan oleh perusahaan atau individu untuk mempromosikan sebuah situs web dan meningkatkan posisi serta PageRank-nya.

Search Engine Ranking Report:
Search Engine Ranking Report adalah, laporan harian, mingguan, atau bulanan daftar Posisi website perusahaan dalam kaitannya dengan Kata kunci mereka. Posisi Pelaporan memungkinkan perusahaan untuk memantau keberhasilan strategi SEO atau kampanye iklan yang telah dilakukannya.

Search Engine Registration:
Dikenal pula sebagai pengajuan web dalam index mesin pencari, Search Engine Registration adalah penyampaian URL ke Directory atau Search Engine untuk dimasukkan dalam Indeks nya. Pendaftaran biasanya gratis, tetapi juga ada yang berbayar.

Search Engine Results Page (SERPs):
Dikenal pula sebagai halaman hasil, Search Engine Results Page (SERPs) adalah kumpulan Daftar peringkat yang ditampilkan dalam menanggapi Query mesin pencari.

Search Engine Submission:
Dikenal pula sebagai Search Engine Registration atau pengajuan web dalam index pada mesin pencari, Search Engine Submission adalah penyampaian URL ke Directory atau Search Engine untuk dimasukkan dalam Indeks nya.

Search Terms:
Search Terms adalah kata-kata atau frase yang pengguna masukkan ke dalam kotak Permintaan mesin pencari.

SEO Service:
SEO Service adalah semua alat atau layanan yang diberikan oleh seorang Profesional Search Engine Optimization, termasuk Analytics dan Kata Kunci Pemasaran.

SEO Spesialis:
Dikenal juga sebagai konsultan pemasaran internet atau SEO profesional, spesialis SEO menggunakan pengetahuan mereka dalam Strategi Search Engine Optimization untuk meningkatkan Posisi dan Page Rank klien mereka.

Site Optimization:
Dikenal pula sebagai promosi internet, layanan optimasi atau layanan penempatan mesin pencari, Site Optimization mengacu pada semua metode Search Engine Optimization yang digunakan oleh individu maupun Perusahaan untuk meningkatkan posisi situs dan Page Rank serta meningkatkan Click-Through Rate maupun Tingkat Konversi.

Spam:
Spam mengacu pada semua teknik Search Engine Marketing yang melanggar kebijakan yang telah ditetapkan mesin pencari atau mencoba untuk mendapatkan peningkatan Rank situs dengan cara menipu mesin pencari atau tidak memberikan manfaat yang kecil bagi pengguna. Jenis spam termasuk Teks tersembunyi, konten yang berisi pengulangan Kata Kunci berkali-kali, Cloaking, menipu atau banyak Doorway Pages yang mengarahkan pengguna ke Landing Page yang sama. Jika mesin pencari mendeteksi adanya unsur spamming pada situs, maka situs tersebut akan diblacklist atau Posisinya akan diturunkan dari daftar hasil pencarian query. Spam juga termasuk dalam teknik Black Hat SEO.

Spider:
Dikenal pula sebagai Crawler atau Robot, spider merupakan suatu program mesin pencari yang "menjelajah" web, mengumpulkan data, mengikuti link, membuat salinan situs-situs baru dan diperbarui, serta menyimpan URL dalam Index mesin pencari. Hal ini memungkinkan mesin pencari untuk memberikan daftar lebih cepat dan up-to-date.

Strategi SEO:
Strategi SEO adalah teknik yang digunakan dalam Search Engine Optimization untuk meningkatkan posisi situs, Page Rank dan meningkatkan Klik-Melalui Rate nya di mesin pencari.

Submission:
Submission adalah pemberian URL ke Directory atau Search Engine untuk dimasukkan dalam Indeks nya. Submission biasanya gratis tetapi juga ada yang berbayar.


T

Title Tags:
Title Tags adalah tag HTML yang berisi kalimat teks yang menjelaskan isi dari halaman web terkait. Title Tags merupakan bagian yang sangat penting dari Search Engine Optimization, karena hal ini sering digunakan sebagai teks link yang mengarah ke situs dari mesin pencari Halaman Hasil.

Three-Way Link Exchange:
Three-Way Link Exchange adalah Link Exchange Reciprocal yang dibentuk antara tiga domain.

Traffic:
Jumlah kunjungan kepada sebuah web yang datang dari search engine, referral link, maupun direct link.


U

Unique Visitor (UV):
Unique visitor adalah istilah web yang digunakan untuk mengukur lalu lintas pada satu kunjungan yang berasal dari alamat IP yang unik selama periode laporan tertentu (biasanya di mana saja dari dua puluh empat jam sampai satu bulan). Sebuah hit berikutnya dari alamat IP yang sama dalam periode laporan tidak dihitung sebagai Unique Visitor tapi sebagai Pageview.


V

Visitor:
Pengguna yang datang ke halaman web.


W

Web Analytics:
Web analytics adalah cabang Analytics yang menggunakan catatan lalu lintas web untuk mempelajari perilaku pengunjung website. Data seperti Pengunjung Unik, Hit, tampilan halaman, dan hubungan antara Halaman Arahan serta Harga Konversi biasanya digunakan untuk evaluasi terhadap kampanye pemasaran website.

Website Marketing:
Dikenal pula sebagai internet marketing yaitu cara pemasaran sebuah situs web yang menggunakan Internet untuk mengiklankan, berkomunikasi dan menjual barang atau jasa melalui internet. Pada tingkat lanjutan, pemasaran situs web dikenal sebagai Search Engine Optimization (SEO), yang merupakan penggunaan kata kunci bertarget, bangunan situs yang ramah crawler, Search Engine Submissions dan link jaringan yang dikembangkan dengan baik untuk meningkatkan posisi sebuah situs, Page Rank maupun Clik-Through Rate.

Web Optimazition:
Dikenal pula sebagai optimasi mesin pencari, Web Optimazition adalah modifikasi dari sebuah situs web untuk tujuan memperbaiki Peringkat dalam Search Engine Results Pages (SERP). Hal ini dilakukan dengan strategi kombinasi optimasi seperti direktori dan Submission mesin pencari, Keyword Pemasaran serta kualitas backLink.

Website Promotion:
Website Promotion mengacu pada aspek pemasaran dari Search Engine Optimization, seperti Kata Kunci Submission, Paid Inklusi, dan teknik lain untuk meningkatkan eksposur situs.

Website Promotion Service:
Website Promotion Service adalah istilah inklusif untuk semua teknik yang digunakan dalam memasarkan website melalui mesin pencari, termasuk iklan Pay-Per-Klik maupun Natural Search Engine Optimization.

Website Submission:
Website Submission adalah penyampaian URL ke Directory atau Search Engine untuk dimasukkan dalam Indeks nya.

White Hat SEO:
Juga dikenal sebagai optimasi mesin pencari secara natural atau optimasi mesin pencari secara organik, White Hat SEO adalah penggunaan sah salinan kata kunci yang berfokus dan menggunakan tag, bangunan situs yang ramah Crawler, Search Engine Submissions dan jaringan Backlinks berkualitas untuk meningkatkan posisi sebuah situs, Page Rank dan CTR-nya. White hat SEO tidak melibatkan penggunaan Cloaking, Spam atau teknik SEO Black Hat lainnya.


X

XML:
XML adalah singkatan dari Extensible Markup Language, bahasa pemrograman berbasis teks sederhana dan fleksibel yang digunakan dan berhubungan dengan HTML. XML berguna untuk pertukaran data dan penciptaan tag yang disesuaikan.

XML Feed:
XML Feed adalah salah satu bentuk dari Search Engine Submission dimana dokumen XML digunakan untuk menyediakan informasi kepada mesin pencari tentang beberapa halaman web. Feed XML sangat berguna untuk situs multimedia atau situs database yang menarik berbagai permintaan pencarian yang relevan.

Sumber:
Ads.id


Related Posts

Arti Istilah dan Singkatan Dalam Dunia Internet Marketing
4/ 5
Oleh

1 komentar:

1 November 2016 10.40 delete

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Ada yang bilang sebenernya pengertian internet marketing ga sekedar menjual ya.
Tapi juga jalin hubungan juga sama pembeli dan pembaca.

Mauliate
Makasih

Reply
avatar