Cara Mengelola Gaji Bulanan Dengan Efektif

Cara Mengelola Gaji Bulanan Dengan Efektif
Bagi Anda yang merasa kesulitan dalam mengatur keuangan hingga saat gajian tiba, maka perlu untuk menerapkan sistem pembagian 50:30:20 dalam perencanaan keuangan rumah tangga Anda.

Seperti yang diungkapkan oleh Elizabeth Warren dalam bukunya yang berjudul All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan. Sistem ini merupakan salah satu cara efektif dalam perencanaan keuangan pribadi.

Dalam sistem ini, pembagian yang dipakai adalah pembagian pada pendapatan bersih Anda. Pendapatan yang Anda terima setelah dikurangi pajak, asuransi, dan lain-lain.

Baca juga: Mengatasi Masalah Keuangan Pasangan yang Tinggal Dengan Orangtua

Agar Anda dapat mengelola gaji bulanan dengan efektif, di sini kita akan mencoba simulasi pembagian pada pendapatan bersih sebesar Rp 3.000.000. Mari ikuti penjelasannya di bawah ini!


1. Alokasikan 50% Sebagai Pengeluaran Wajib

Sisihkan setengah dari pendapatan bersih yang Anda terima untuk pengeluaran wajib, seperti kebutuhan makan sehari-hari, uang sekolah anak, pulsa, transportasi, maupun tagihan air dan listrik. Alokasi ini bersifat wajib sebelum Anda mengurus pengeluaran tambahan lainnya.

Bila pendapatan bersih Anda sebesar Rp 3.000.000, maka 50% darinya adalah sebesar Rp 1.500.000. Jumlah tersebut mutlak untuk Anda sisihkan setiap bulannya guna membayar pengeluaran wajib.


2. Sediakan 30% Sebagai Pengeluaran Tambahan

Apabila setengah pendapatan bersih bulanan Anda telah disisihkan untuk pengeluaran wajib, selanjutnya sediakan anggaran sebesar 30% untuk membiayai berbagai pengeluaran tambahan dalam keluarga.

Pengeluaran tambahan tersebut misalnya untuk membeli pakaian atau mainan anak, acara makan keluarga, wisata, dan lain-lain. Dana 30% ini bisa juga untuk membiayai pengeluaran wajib, jika 50% alokasi tadi ternyata tidak mencukupi.

Jadi, 30% dari pendapatan bersih Anda yang sebesar Rp 3.000.000 adalah sebesar Rp 900.000. Namun, sebelum Anda menggunakan dana ini, pastikan dulu bahwa Anda tidak kekurangan dana untuk membiayai pengeluaran wajib yang sebelumnya telah disisihkan sebesar 50% tadi.


3. Sisihkan 20% untuk Tabungan dan Investasi

Tahap terakhir ini juga sangat penting seperti 2 tahap sebelumnya. Tabungan yang Anda kumpulkan walau sekecil apapun namun jika dilakukan secara rutin, akan sangat terasa manfaatnya ketika suatu saat Anda membutuhkannya.

Bila dihitung, 20% dari pendapatan bersih Anda yang sebesar Rp 3.000.000 ini nilainya adalah Rp 600.000. Anda bisa mulai menabung sebesar itu setiap bulannya, dan jika jumlahnya sudah mencukupi, bisa juga digunakan untuk investasi logam mulia, atau investasi di bidang lainnya.


Itulah cara efektif yang dapat Anda lakukan dalam perencanaan keuangan bulanan. Contoh di atas tidak selalu sesuai diterapkan oleh semua orang, maka sesuaikan dengan penghasilan dan kemampuan Anda.

Sumber:
http://www.duniakaryawan.com/cara-efektif-mengelola-gaji-anda/


Related Posts

Cara Mengelola Gaji Bulanan Dengan Efektif
4/ 5
Oleh