Daftar 5 Keluarga Paling Kaya di Indonesia

Lahir dari keluarga kaya mungkin dapat membuat iri banyak orang. Bagaimana tidak, orang yang lahir dari keluarga kaya tentu tidak perlu khawatir memikirkan masalah kelaparan dan pendidikan.

Hal yang harus mereka pikirkan ialah bagaimana cara agar keberlangsungan bisnis keluarga tetap terjaga.

Lahir dari keluarga kaya juga bukanlah perkara mudah, selalu menjadi sorotan publik dan pergaulannya juga harus selektif.

Rupanya, keluarga-keluarga konglomerat tidak hanya terdapat di luar negeri, namun juga tersebar di Indonesia.

Baca juga: Kelima Miliarder ini Memulai Karirnya sebagai Pengusaha dari Nol

Bahkan, hal yang tergolong unik dari para konglomerat ini ialah mereka bukanlah pengusaha yang berasal dari sektor besar, melainkan pengusaha yang mampu membesarkan sektor kecil.

Majalah bisnis dunia, Forbes, baru-baru ini merilis 5 keluarga konglomerat Indonesia yang juga masuk dalam jajaran keluarga terkaya se-Asia.

Mau tahu keluarga siapa saja? Apakah keluarga Anda termasuk di dalamnya? Mari simak ulasan kami berikut ini!


1. Keluarga Hartono (Djarum)

Keluarga Hartono (Djarum)

Pemilik perusahaan Djarum ini berada pada peringkat 12 keluarga terkaya se-Asia, kekayaannya diketahui sebesar US$ 12,7 miliar atau sekitar Rp 165 triliun.

Bisnis rokok keluarga Hartono ini sekarang dipimpin oleh R. Budi Hartono, Michael Hartono, dan Oei Hong Leong.

Sekarang ini Djarum telah mampu menjadi perusahaan rokok terbesar, dan keluarga Hartono juga menjadi pemegang 47% saham BCA yang notabene-nya merupakan bank swasta terbesar di Indonesia.


2. Keluarga Widjaja (Sinarmas Group)

Keluarga Widjaja (Sinarmas Group)

Sinarmas Group yang merupakan perusahaan keluarga miliknya telah membuat keluarga Widjaja berada pada posisi 28 keluarga terkaya se-Asia.

Jumlah kekayaan yang dimiliki sebesar US$ 5,8 miliar atau sekitar Rp 75 triliun. Keluarga ini juga melakukan ekspansi bisnis ke sektor kertas, pengembang real estate, pertanian, makanan, keuangan, telekomunikasi, energi, dan infrastruktur.

Bisnis keluarga Widjaja ini sebagian besar dipegang oleh anak laki-lakinya, yaitu Eka Franky Widjaja.


3. Keluarga Lohia (Indorama Corporation)

Keluarga Lohia (Indorama Corporation)

Ternyata, selain dari keturunan China, ada pula konglomerat Indonesia yang berasal dari keturunan India.

Keluarga Lohia menjadi keluarga terkaya se-Asia di posisi ke-31 dengan total kekayaannya mencapai US$ 5,4 miliar atau sekitar Rp 70,2 triliun. Keluarga ini merupakan pemilik Indorama Corporation, perusahaan yang bergerak di bisnis tekstil.

Selain melakukan diversifikasi produk, keluarga ini juga mengembangkan bisnisnya ke sektor petrochemicals.

Usahanya pun kian berkembang, bisnisnya kini telah menyebar hampir ke semua benua, dan mengantarkan mereka ke jajaran orang terkaya se-Asia.

Sang Ayah, Mohan Lohia, kini telah memasuki usia 60 tahun, dan memutuskan untuk mundur dari semua urusan bisnisnya. Ketiga anaknya telah siap untuk melanjutkan bisnis yang telah dirintis oleh Ayahnya tersebut.


4. Keluarga Wonowidjodjo (Gudang Garam)

Keluarga Wonowidjodjo (Gudang Garam)

Wonowidjodjo yang merupakan keluarga pemilik perusahaan Gudang Garam ini berada pada posisi 32 dalam deretan keluarga terkaya se-Asia.

Kekayaannya saat mencapai US$ 4,9 miliar atau setara Rp 64 triliun. Sejak 2008, perusahaan dipegang oleh Susilo Wonowidjodjo, dan kini Gudang Garam telah menjadi salah satu penghasil rokok kretek terbesar di Indonesia.


5. Keluarga Salim (Salim Group)

Keluarga Salim (Salim Group)

Keluarga Salim adalah keluarga terkaya se-Asia di urutan ke 37 versi Forbes dengan kekayaan mencapai US$ 4,1 miliar atau setara dengan Rp 53 triliun.

Salim Group merupakan perusahaan yang dipimpin oleh Anthoni Salim, bergerak di sektor makanan, tanaman, retail, bank, otomotif, properti, dan telekomunikasi.

Selain itu, ia juga memimpin perusahaan mie instan terbesar di dunia, dan tentu sudah tidak asing lagi di benak kita, Indofood Sukses Makmur.


Itulah kelima daftar keluarga terkaya se-Asia dari Indonesia. Para perintis bisnis keluarga tersebut, merupakan orang-orang yang semoga bisa menginspirasi kita. Memulai bisnis dari bawah, dan mampu membesarkan sektor-sektor kecil di Indonesia.

Sumber:
http://www.dream.co.id/dinar/ini-5-keluarga-terkaya-asal-indonesia-151009c.html?ref=yfp


Related Posts

Daftar 5 Keluarga Paling Kaya di Indonesia
4/ 5
Oleh