Kapan Renovasi Rumah Perlu Dilakukan?

Ketika menempati suatu rumah ada kalanya terdapat bagian-bagian ruangan yang terasa kurang sesuai dengan kebutuhan sehingga renovasi ruangan menjadi perlu untuk dilakukan. 

Mungkin hal tersebut baru akan dirasakan saat Anda melakukan survey pada saat ingin membeli rumah, atau saat Anda sudah menempatinya selama beberapa waktu.

Keperluan untuk merenovasi rumah bisa terjadi pula karena adanya perubahan musim, misalnya Anda membeli rumah tersebut saat musim terang, namun begitu musim hujan tiba, barulah dirasakan ada beberapa bagian rumah yang atapnya bocor, sehingga perlu adanya perbaikan atau renovasi terhadap rumah yang bermasalah tersebut.

Baca juga: 10 Tips Dalam Membangun Rumah Agar Cepat Selesai

Kapan Renovasi Rumah Perlu Dilakukan?
Hal yang sama juga dapat terjadi jika salah satu penghuni rumah atau anggota keluarga mengalami perubahan kondisi yang membutuhkan suatu fungsi ruangan baru yang sebelumnya tidak terdapat pada rumah tersebut, seperti bila istri melahirkan dan hadirnya anggota keluarga baru di rumah Anda, maka diperlukan ruangan atau kamar baru untuk si kecil agar ia bisa merasa nyaman saat istirahat.

Berbagai perubahan yang terjadi ada kalanya membuat penghuni rumah membutuhkan ruangan-ruangan baru.

Namun, masalah timbul ketika tidak ada lagi ruang kosong yang tersedia di rumah Anda. Biasanya, terjadi pada rumah-rumah yang berdiri pada lahan yang memang tidak terlalu luas.

Hal tersebut dapat diatasi dengan mengubah rungsi dari ruangan lain yang tidak terpakai atau kurang dirasa manfaatnya menjadi ruangan baru yang lebih fungsional bagi sang pemiliki rumah.

Kendati demikian, perubahan-perubahan yang terjadi tidaklah harus selalu bersifat permanen. Jadi, ketika ruangan tersebut dirasa sudah tidak diperlukan, maka ruangan tersebut dapat dikembalikan atau dialih fungsikan kembali menjadi ruangan yang lebih bermanfaat.

Untuk renovasi ruangan yang sifatnya sementara tersebut, pemakaian partisi-partisi lebih disarankan dalam melakukan renovasi, agar lebih mudah ketika hendak dialih fungsikan kembali menjadi ruangan baru.

Perencanaan sangat diperlukan agar proses renovasi bisa berjalan dengan baik dan sesuai keinginan. Kadang kala, penggunaan jasa desain interior memang diperlukan agar hasil yang diperoleh sesuai dengan keinginan atau tujuan Anda merenovasi rumah.

Hal terpenting ialah sebagai pemilik rumah, kenyamanan harus bisa Anda rasakan dengan desain yang hendak dilaksanakan perenovasiannya.

Jadi, sampaikan keinginan Anda pada desainer interior atau pelaksana renovasi hingga desain renovasi sesuai dengan apa yang akan dilaksanakan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam membaca gambar yang biasanya masih dalam bentuk gambar AUTOCAD, maka mintalah untuk dibuatkan gambar dalam format 3 dimensi, jadi Anda akan lebih mudah memahami gambar karena seperti melihat sebuah foto bagaimana keadaan ruangan setelah selesai renovasi nantinya.

Setelah perencanaan yang dibuat dari segi visual telah dirasa nyaman, berikutnya Anda bisa minta dibuatkan perencanaan biayanya disertai dengan sampel material yang akan dipasang pada proses renovasi.

Jangan sampai nantinya kekecewaan malah timbul ketika pemasangan telah dilakukan, jadi penting sekali untuk mengetahui sampel-sampel tersebut.

Rencana Anggaran Biaya (RAB) juga diperlukan agar Anda bisa mengetahui rincian biaya secara detail yang akan diperlukan dalam proses renovasi.

Bila semua telah dirasa cocok, maka Anda bisa membuat kesepakatan atau kontrak dengan para pelaksana pekerjaan.

Apabila pekerjaannya bersifat simpel dan biaya tidak terlalu besar, maka cukup dengan membuat Surat Perintah Kerja (SPK), di mana tercantum berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan di dalamnya, besarnya biaya, dan jangka waktu pelaksanaan serta konsekuensi apabila terjadi kecelakaan yang tidak terduga.

Ada beberapa orang yang mungkin hanya membuat perjanjian atau perintah kerja ini hanya secara lisan saja, terutama mereka yang tinggal di desa, namun hal ini cukup beresiko sebab ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, atau pelaksanaan ternyata tidak sesuai dengan yang direncanakan, akan sulit untuk meminta pertanggungjawaban dari beberapa pihak yang terkait pada pelaksanaan renovasi rumah Anda.

Sumber:
http://www.ilmusipil.com/renovasi-ruangan


Related Posts

Kapan Renovasi Rumah Perlu Dilakukan?
4/ 5
Oleh