Memberdayakan Pelanggan Dalam Strategi Marketing Bisnis Anda

Memberdayakan Pelanggan Dalam Strategi Marketing Bisnis Anda
Terdapat banyak hal yang harus dipenuhi dalam sebuah rangkaian strategi bisnis.

Salah satunya ialah kolaborasi yang baik antar pihak-pihak yang terkait dalam bisnis Anda tersebut, seperti antar pemilik bisnis, antar karyawan, dan kolaborasi antar atasan dan karyawan.

Namun, ada satu kolaborasi yang mungkin jarang terpikir dalam benak para pebisnis, yaitu kolaborasi antara pelanggan dan bisnis Anda itu sendiri. Padahal, pelanggan merupakan aset yang berperan penting dan sangat di butuhkan dalam kelangsungan bisnis itu sendiri.

Simak juga: Mengatasi Persaingan dengan Cara Berfokus Pada Pelanggan

Di samping sebagai sumber pendapatan kita, pelanggan juga mempunyai peran penting dalam segi marketing.

Mereka yang merasa puas terhadap produk dan pelayanan kita, akan berpeluang untuk merekomendasikan dan mendatangkan lebih banyak pelanggan baru untuk bisnis kita.

Perlu Anda ketahui bahwa sepersekian persen pelanggan baru yang membeli adalah mereka yang memperoleh rekomendasi dari orang yang mempunyai pengalaman menyenangkan saat berbelanja produk kita.

Kecenderungan para pelanggan baru akan membeli produk Anda berdasarkan apa yang rekan atau kerabat mereka katakan mengenai sebuah produk yang pernah ia konsumsi.

Pelanggan baru Anda akan senantiasa bertambah seiring makin banyaknya rekomendasi yang disampaikan oleh para pelanggan lama.

Hal ini sangat penting, terutama sebuah bisnis online yang kurang memungkinkan pelanggan dan penjual untuk dapat bertatap muka secara langsung.

Banyak calon konsumen yang cenderung ragu dalam berbelanja online dikarenakan tidak adanya rekomendasi atau testimoni yang jelas dari pembeli-pembeli yang pernah melakukan transaksi di toko online Anda.

Komunikasi yang ramah dan intens kepada pelanggan akan menjadi senjata ampuh untuk mendapatkan hati para pelanggan. Komunikasi yang baik tidak harus bertatap muka secara langsung.

Di zaman serba canggih ini, ada banyak media komunikasi yang bisa dimanfaatkan dalam membangun loyalitas pelanggan, seperti telepon, email, atau sosial media.

Berikan pula kolom komentar pada setiap posting produk Anda, agar para pembeli bisa menyampaikan testimonial di lapak atau toko online Anda. Buat pula akun di forum-forum internet.

Kemudian buat thread khusus yang membahas produk Anda, dengan begitu para pelanggan memiliki kesempatan untuk menyampaikan kesan-kesannya pada produk Anda. Ucapkan terima kasih pada kesan-kesan yang baik maupun kesan buruk.

Ucapkan pula permintaan maaf apabila masih terdapat kekurangan pada kualitas produk maupun pelayanan yang Anda berikan. Dan berikan harapan kepada para konsumen bahwa Anda akan memperbaiki semua kekurangan tersebut.

Dengan demikian, pelanggan tidak hanya akan merasa sekadar mendapat manfaat dari membeli produk Anda, tapi juga merasa dekat dengan bisnis atau produk yang mereka gunakan.

Kolaborasi pelanggan ini merupakan hal yang penting, sebab kita juga membutuhkan tanggapan maupun feedback dari pelanggan untuk membangun bisnis tersebut menjadi lebih besar dan bernilai di mata para pelanggan.

Pelanggan yang loyal tidak hanya akan membeli kembali, tapi juga akan merekomendasikan produk Anda kepada orang-orang terdekat mereka. Di sinilah jurus ampuh marketing yang sesungguhnya.

Sumber:
http://mebiso.com/berkolaborasi-bersama-pelanggan-itu-penting/


Related Posts

Memberdayakan Pelanggan Dalam Strategi Marketing Bisnis Anda
4/ 5
Oleh