Strategi Jitu Agar Bisnis Cafe Anda Dibanjiri Pengunjung

Strategi Jitu Agar Bisnis Cafe Anda Dibanjiri Pengunjung
Di zaman sekarang, banyak kita temui orang-orang yang bersantai di Cafe-cafe yang terdapat pada tempat atau pusat keramaian.

Cafe sudah berkembang tidak lagi hanya sebagai tempat menjual makanan dan minuman cepat saji, namun juga telah banyak menawarkan berbagai sajian yang bervariasi, baik berupa hiburan seperti komedi, pertunjukkan musik, atau menawarkan layanan berupa koneksi internet gratis.

Bagi Anda yang menggeluti bisnis cafe, terutama dengan target kalangan muda, tentunya diperlukan beberapa penyesuaian mengikuti perkembangan gaya hidup anak muda masa kini agar cafe Anda tetap selalu ramai dan menguntungkan.

Baca juga: 4 Cara Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan

Cara lainnya yaitu dengan menyajikan suasana cafe yang ekslusif, namun harga yang terjangkau, akan semakin besar peluang cafe Anda untuk dibanjiri oleh pengunjung.

Berikut ini kami akan berbagi kepada Anda mengenai langkah-langkah jitu agar cafe Anda tetap ramai pengunjung meski di tengah persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis cafe.


Tips Persiapan Memulai Bisnis Cafe

Tips yang akan dijelaskan di bawah ini adalah tips bagi Anda yang baru akan memulai bisnis cafe:

1. Tentukan Lokasi Usaha yang Strategis

Dalam menentukan lokasi yang akan dijadikan tempat bisnis cafe Anda, haruslah dengan pertimbangan yang matang.

Sebab, lokasi sangatlah menentukan kelangsungan usaha Anda ke depannya. Pilihlah lokasi yang strategis dan dekat dengan pusat keramaian anak muda, seperti sekolah, kampus, dan pusat perbelanjaan.


2. Dapatkan Modal yang Cukup

Tidak dapat dipungkiri, setiap usaha di bidang apapun tentunya membutuhkan modal. Apalagi untuk membangun usaha cafe, modal yang cukup besar pastinya akan Anda butuhkan.

Pengeluaran di awal pendirian saja untuk sewa tempat, belanja dekorasi, dan perlengkapan lainnya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Namun, bukan berarti Anda yang memiliki modal pas-pasan harus memupuskan harapan untuk bisa membangun usaha cafe yang sukses. Hanya saja, butuh strategi yang matang dan usaha yang keras untuk sukses dalam bisnis ini.


3. Perhitungkan Biaya Operasional

Dalam perhitungan keuangan pengelolaan cafe, sebelumnya Anda juga harus menganalisis terlebih dahulu perkiraan biaya operasional yang akan dikeluarkan pada saat usaha berjalan nantinya.


4. Lakukan Riset Kecil

Ketika hendak membangun bisnis cafe, Anda perlu melakukan sebuah riset kecil, semacam survey untuk mengetahui bagaimana prospek bisnis cafe di daerah Anda.

Misalnya, menu seperti apa yang harus Anda sajikan bagi pengunjung, bagaimana setting suasana interior dan eksterior cafe Anda, dan lain-lain.


5. Persiapkan Promosi yang Paling Efektif

Agar cafe Anda dibanjiri pengunjung, maka penting sekali untuk menyiapkan berbagai strategi promosi yang efektif untuk menjaring anak-anak muda. Beberapa cara sederhana seperti pamflet, booklet, brosur, dan sebagainya, mungkin bisa dicoba sebagai langkah awal promosi.


6. Rekrut Karyawan

Nampaknya, mustahil bila kita ingin berbisnis cafe hanya seorang diri. Bila Anda punya cukup modal, rekrutlah beberapa orang untuk membantu Anda dalam operasional cafe.

Atau ajaklah anggota keluarga dan teman dekat untuk ikut membantu, bila memang modal yang dimiliki memang terbatas.


7. Siap Berkorban Waktu

Dalam bisnis cafe, Anda harus mampu meluangkan banyak waktu untuk berkonsentrasi pada pengelolaannya. Terutama pada tahap-tahap awal pendirian. Akan ada banyak hal yang harus Anda persiapkan dalam waktu yang terbatas.


8. Memilih Juru Masak yang Handal

Produk utama dalam bisnis cafe adalah makanan dan minuman. Tentunya Anda harus memiliki juru masak yang benar-benar handal agar sajian menu pada cafe Anda diminati banyak orang. Juru masak handal merupakan unsur penting yang akan mendukung kesuksesan bisnis cafe Anda.


9. Menentukan Target

Dalam setiap usaha apapun, kita memerlukan target sebagai tolak ukur apakah kita sudah berusaha bekerja keras dalam menjalankan. Jadi, tentukan target penjualan Anda, tingkatkan lagi targetnya jika target lama sudah dapat terpenuhi.

Namun, bila dalam jangka waktu tertentu target di awal pendirian tidak terpenuhi, lakukan evaluasi, kemungkinan ada yang salah dengan teknik maupun strategi yang dijalani selama ini. Atau bisa saja usaha cafe tersebut memang tidak memiliki prospek yang bagus di daerah Anda.

Bahkan, tidak ada salahnya bila Anda memutuskan untuk beralih pada bisnis lain yang dirasa lebih menguntungkan.


Tips Pengembangan Bisnis Cafe

Bagi Anda yang sudah memiliki bisnis cafe, namun merasa kalau selama ini bisnis tersebut tidak ada perkembangan, tidak ada salahnya memperhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Buat strategi promosi strategi baru, seperti mengadakan diskon atau pemberian harga khusus sesuai kreativitas Anda. Contohnya, potongan harga pada hari senin, harga khusus pelajar atau mahasiswa, dan sebagainya. Buat promosi yang memancing ketertarikan atau rasa penasaran orang-orang terhadap cafe Anda.

2. Tentukan range harga yang terjangkau untuk semua kalangan. Apalagi bila pasar yang Anda bidik adalah kalangan muda, ketimbang mengejar keuntungan dengan memasang harga terlalu tinggi, lebih baik bila Anda memberikan harga yang terjangkau. Sehingga cafe Anda akan lebih ramai dan meskipun keuntungan yang didapat per item tidak terlalu banyak, namun Anda mendapatkan keuntungan secara kuantitas pengunjung.

3. Atur keuangan cafe secara terpisah. Bisnis yang baik tentu harus memiliki keuangan yang terpisah secara mandiri dari keuangan pribadi. Dengan begitu, profesionalisme dan transparansi keuangan akan lebih terjaga.

4. Anda bisa menerapkan sistem bagi hasil sekian persen kepada karyawan atau orang-orang dekat yang ikut membantu dalam pengelolaan cafe. Dengan cara seperti ini, mungkin mereka akan lebih termotivasi untuk bekerja lebih giat dan membangun cafe tersebut bersama-sama.

5. Terapkan Standarisasi dan SOP dalam bekerja. Adanya standarisasi mutu dan rasa makanan akan membuat cafe Anda lebih berkualitas di mata pelanggan. Usahakan agar semua karyawan terutama yang bekerja di dapur mengetahui cara pengolahan makanan atau minuman dengan kualitas rasa yang baik.


Strategi Marketing dalam Bisnis Cafe

1. Promosi Ke Berbagai Komunitas

Cobalah mempromosikan cafe Anda ke berbagai komunitas, tentunya sesuai dengan segmentasi pasar yang Anda target. Misalnya, promosi dengan menawarkan harga atau pelayanan khusus bagi komunitas tertentu seperti komunitas otomotif, blogger, atau komunitas lainnya.

2. Promosi dari mulut ke mulut.

Meski terkesan kuno, namun berpromosi dengan cara ini sering dapat mengundang perhatian orang banyak untuk berkunjung ke cafe Anda. Sebarkan pembicaraan mengenai cafe Anda yang khas dan unik, atau dari segi pelayanan yang cepat dan tempat yang nyaman.

3. Berikan Pelayanan Pesan-Antar

Cantumkan nomor handphone atau telephone cafe yang dapat dihubungi bila ada pelanggan Anda yang membutuhkan layanan pesan antar ke rumah mereka. Hal ini akan membantu dalam memberikan tambahan penjualan pada cafe Anda.

4. Manfaatkan Media Internet

Salah satu media promosi efektif lainnya adalah melalui media sosial. Anda bisa menyampaikan berbagai event promo yang sedang berlangsung di cafe Anda melalui update status di media sosial. Selain mudah, promosi ini juga murah tentunya.

5. Berikan Pelayanan Terbaik pada Pelanggan

Keramahan merupakan hal yang sangat penting dalam pelayanan. Tidak usah segan, sering-sering menemui pelanggan dan bercakap-cakap dengan mereka untuk mencari tahu apakah ada keluhan atau kekurangan dalam pelayanan di cafe Anda.

6. Buatlah Menu yang Spesial dan Unik

Daya tarik cafe Anda akan lebih meningkat dengan sebuah menu spesial yang unik. Oleh sebab itu, kreativitas sangat diperlukan oleh juru masak yang menangani masakan dan minuman di cafe Anda.

Dukunglah juru masak untuk berani bereksperimen dan terus melakukan inovasi dalam setiap masakannya.

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/bisnis-madya/simak-strategi-marketing-bagi-anda-yang-ingin-membuka-bisnis-kafe


Related Posts

Strategi Jitu Agar Bisnis Cafe Anda Dibanjiri Pengunjung
4/ 5
Oleh