Tips Memilih Jenis dan Merek Cat yang Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Jenis dan Merek Cat yang Sesuai Kebutuhan
Pengecatan sangatlah penting dalam sebuah bangunan rumah.

Oleh sebab itu, untuk melakukan pengecatan pada cat tembok rumah, jangan asal pilih sembarang cat murah yang belum tentu terjamin kualitasnya.

Cat tembok juga ada beragam jenis serta mereknya. Biasanya, harga memang mempengaruhi bagus atau tidaknya kualitas merek cat yang hendak kita gunakan pada tembok rumah.

Secara umum, ada 2 jenis cat yang biasa digunakan dalam pengecatan pada tembok, antara lain cat interior dan cat eksterior.

Simak juga: Bagaimana Memadukan Warna Cat Eksterior Rumah Minimalis Modern

Cat Interior diformulasikan untuk tembok rumah bagian dalam. Formulasi cat ini memang tidak diperuntukkan pada cuaca yang ekstrem, artinya tidak tahan lama terhadap panas dan hujan.

Jadi, hindari untuk memaksakan jenis cat interior untuk diaplikasikan pada bagian luar rumah, sebab lapisan cat tidak akan bertahan cukup lama, mudah pudar dan mengelupas.

Sedangkan jenis cat yang kedua adalah cat eksterior, cat ini biasanya diperuntukkan untuk bagian luar ruangan dan memang diformulasikan agar lebih tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrem sekalipun, baik dari terik panas matahari, maupun dari terpaan air hujan.

Biasanya, pada cat eksterior hasil akhirnya lebih nampak satin, semi gloss, atau layaknya kulit telur karena lebih banyak resin acrylic di dalamnya.

Bisa saja kita mengaplikasikan tembok dalam ruangan (interior) menggunakan cat eksterior, namun akan membuat budget lebih membengkak dikarenakan harganya yang lebih mahal ketimbang cat interior.


Kategori Cat Berdasarkan Kualitas dan Harganya

Bila didasarkan pada kualitasnya, cat tembok bisa kita golongkan menjadi 3, yaitu kelas premium, kelas medium, dan kelas bawah. Berikut akan kami jelaskan secara lebih detail:


1. Kelas Premium

Ragam dari cat tembok kelas premium ini tidak begitu banyak, harganya yang relatif mahal memang diperuntukkan untuk segmen menengah ke atas.

Namun, untuk kualitasnya sudah tidak diragukan lagi, karena sasaran konsumennya pun tentu mereka yang sangat peduli dengan berbagai hal seperti kenyamanan, kesehatan, maupun keindahan.

Cat tembok dengan kelas premium cenderung mempunyai beberapa fitur penting lainnya yang menjadi keunggulan mereka, seperti mudah dibersihkan, anti jamur dan lumut, bebas mercury, anti cipratan, dan lebih ramah lingkungan.

Berbeda dengan cat kelas medium dan kelas bawah, dalam penjualan cat kelas premium biasanya menggunakan ukuran liter atau volume, sedangkan pada kelas menengah dan kelas bawah biasanya menggunakan ukuran kilogram.

Beberapa merek cat interior yang tergolong pada kelas premium antara lain: Dulux Pentalite, Dulux Pearl Glo, Nippon Spotless, Nippon Matex Gold, Jotun Majestic Royale Matt, Jotun Majestic Pearl Silk, Jotun Majestic Optima, Decorsafe, Decorlotus, dan Mowilex.

Sedangkan untuk merek cat eksterior yang tergolong pada kelas premium antara lain: Mowilex Weather Coat, Nippon Weather Bond, Jotun Jotashield, Jotashield Extreme, Dulux Weathershield Pro, dan Weathershield Max.


2. Kelas Medium

Kelas medium lebih ditujukan pada segmen kelas menengah. Harga dan kualitasnya masih di bawah dari kelas premium.

Tidak sedikit pula brand besar seperti ICI Dulux dan Nippon Paint yang mencoba bermain di kelas ini agar kebutuhan konsumennya yang berada di kelas menengah tetap dapat terpenuhi.

Beberapa merek cat pada kelas menengah ini antara lain: Nippon Super Vinilex dan Vinilex (5000), Catylac, Avitex, dan Paragon.

Masih banyak lagi merek-merek yang bertebaran di pasar kelas menengah ini. Namun, merek yang cukup populer adalah Vinilex dan Catylac, sebab meski harganya masuk pada segmen kelas menengah, namun cat ini kualitasnya sudah cukup baik.


3. Kelas Bawah

Pada segmen kelas bawah, terlalu banyak untuk disebutkan satu-persatu, baik merek yang sudah banyak dikenal maupun yang belum terkenal.

Biasanya cat jenis ini lebih sering dipakai orang karena ingin coba-coba, siapa tahu dengan harga murah bisa mendapat hasil yang lumayan.

Tapi lebih baik Anda memilih merek cat pada segmen bawah yang sebelumnya pernah Anda pakai dan memberikan hasil yang tidak terlalu mengecewakan.


Tips Ringan Dalam Memilih Cat

Saran kami, sebaiknya Anda memilih jenis cat yang sesuai dengan penggunaan, apakah akan digunakan pada interior atau exterior.

Bila untuk interior, maka beli yang memang khusus untuk interior, begitu pula sebaliknya. Walaupun ada beberapa merek yang memberikan keterangan cat bisa dipakai di dalam atau luar ruangan, namun kualitasnya tetap akan berbeda dengan jenis cat yang memang khusus diperuntukkan pada interior atau eksterior.

Sesuaikan pula merek cat yang akan digunakan dengan budget. Biasanya, harga dan kualitas akan berbanding lurus, namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa merek yang memasang harga terlalu mahal tapi kualitasnya ternyata sama saja dengan merek lain dengan harga di bawahnya.

Jangan tertipu dengan harga cat murahan, karena hasilnya akan sangat mengecewakan. Justru cat mahal bisa saja malah lebih irit, sebab daya sebarnya lebih luas, jadi mungkin cukup dengan 2x lapis saja.

Sedangkan cat murahan, kadang bisa sampai 3 atau 4 lapis supaya lapisannya bisa menutup keseluruhan tembok Anda.

Cat murahan juga daya sebarnya lebih kecil, tentu saja malah akan lebih banyak cat yang Anda butuhkan dan membuat biaya yang harus dikeluarkan untuk pembelian cat akan semakin besar.

Sumber:
https://www.facebook.com/homedesignmalang/posts/710762555688626:0


Related Posts

Tips Memilih Jenis dan Merek Cat yang Sesuai Kebutuhan
4/ 5
Oleh

1 komentar:

14 Juli 2016 17.03 delete

Kalau nippon spotles n mowilex bagus mana ya om?

Reply
avatar