Tips Menghemat Biaya Saat Renovasi atau Bangun Rumah

Tips Menghemat Biaya Saat Renovasi atau Bangun Rumah
Seperti kita ketahui, ketersediaan lahan saat ini kian terbatas, sedangkan populasi manusia jumlahnya terus bertambah.

Hal ini menuntut kita untuk lebih pintar menghemat dalam membangun atau merenovasi rumah.

Keterbatasan dana tentu mengharuskan kita untuk mengetahui berbagai pengetahuan dalam membangun atau merenovasi rumah agar pelaksanaan pekerjaan bisa dilakukan dengan hemat dan cepat.

Ada 3 komponen utama yang secara umum harus Anda perhatikan dalam membangun rumah, antara lain Manajemen Proses, Manajemen Material, dan Manajemen Pekerja. Berikut kami sampaikan penjelannya:

Baca juga: Tips Melakukan Renovasi Rumah Agar Lebih Efektif dan Efisien


1. Manajemen Proses

Unsur-unsur yang mempengaruhi di dalamnya antara lain design, penganggaran, flow proses persetujuan, dan sistem pengerjaan. Beberapa tips yang perlu diperhatikan pada manajemen proses ini antara lain:

- Desain
Desain merupakan langkah awal yang amat penting untuk diperhatikan. Perencanaan desain yang salah akan mengakibatkan dampak buruk yang terjadi baik pada saat pengerjaan maupun hasil yang diperoleh.

- Penganggaran
Berdasarkan rencana desain yang telah kita tetapkan di awal, maka akan bisa dihitung mengenai dana atau anggaran yang harus dipersiapkan. Oleh sebab itu, matangkan desain terlebih dahulu, agar proses pada saat pengerjaan bisa berlangsung cepat dan biaya pun jadi tidak membengkak.

- Mengutamakan Fungsionalitas
Tentukan prioritas maksud dan tujuan Anda melakukan pembangunan rumah, begitu juga dengan desain pada ruangan-ruangan yang akan dibangun. Utamakan fungsionalitas, jangan terpaku pada gaya atau gengsi.

- Hindari Banyak Sekat
Terlalu banyak sekat tembok akan membuat rumah Anda tampak sempit dan juga boros dari segi biaya. Untuk itu, sebaiknya hindari memasang sekat tembok terlalu banyak dalam bangunan. Anda bisa mensiasatinya dengan membuat segaris sekat non permanen pada ruang tamu, keluarga, dapur atau ruang makan dengan menggunakan buffet, meja TV, atau lemari pajang.

- Pastikan Tidak ada Masalah dalam Persetujuan
Sebelumnya, Anda harus menentukan tata cara bila ada hal yang membutuhkan perubahan, contohnya, warna cat ruangan, siapa yang menentukan, apakah istri, anak, atau Anda sendiri? Jangan sampai nantinya anak atau istri merasa kurang nyaman dengan hasil bangunan dikarenakan Anda tidak meminta persetujuan dulu dari mereka.

- Tentukan Sistem Pembayaran Pekerjaan
Bila di awal sudah memakai sistem borongan, maka tetap konsisten dengan rencana, bila sistem pekerjaan harian yang dipakai, maka Anda harus rutin melakukan pengawasan terhadap material dan juga progres dari pembangunan.


2. Manajemen Material

Komponen biaya terbesar dalam membangun atau merenovasi biasanya terletak pada pembelian material. Oleh sebab itu, Anda memerlukan kemampuan dalam mengelola material yang baik agar penghematan bisa Anda lakukan.

- Pemakaian Material Alternatif
Seiring dengan perkembangan teknologi pada bidang konstruksi, ada beberapa material alternatif yang bisa dijadikan pilihan agar renovasi atau bangun rumah Anda menjadi lebih murah dan fungsional.

- Kontinuitas Suplay Bahan Bangunan
Bila Anda ingin menghemat biaya pengerjaan bangun rumah Anda, maka penting sekali untuk menjaga suplay material pada saat pelaksanaan pekerjaan. Seringkali terjadi saat merenovasi rumah, biaya jadi membengkak hanya karena molornya pengerjaan yang disebabkan ketersediaan bahan bangunan telah habis dan belum adanya suplay material kembali.

- Memilih Toko Bangunan dengan Harga Termurah
Ada baiknya untuk barang yang banyak digunakan dalam bangunan rumah Anda, carilah toko-toko khusus yang spesialis menjual material tertentu dengan harga lebih murah dibandingkan toko material lain.

- Pakailah Cat Sesuai Jenisnya
Gunakan cat eksterior untuk dinding luar, walaupun harganya memang relatif mahal namun daya tahannya jauh lebih baik dan memang dirancang khusus untuk berbagai kondisi cuaca. Begitu pula dengan cat interior, jangan diaplikasikan pada dinding luar karena tidak akan bertahan lama dan hanya akan membuat Anda mengeluarkan biaya tambahan karena harus melakukan pengecatan ulang dalam waktu cepat.

- Tidak Ada Salahnya Menggunakan Material Bekas
Jangan sungkan untuk menghampiri tempat-tempat yang sedang dilakukan pembongkaran rumah. Terkadang, kita bisa mendapatkan kusen kayu jati atau kayu-kayu yang sudah terbukti keawetannya dengan harga murah.


3. Manajemen Pekerja

Beberapa tips yang dapat Anda coba pada pengelolaan tenaga kerja yang efisien adalah sebagai berikut:

- Gunakan Desainer yang Cocok dengan Selera Anda
Bila Anda memakai jasa desainer, carilah desainer yang cocok atau klop dengan Anda, terutama jika Anda memiliki teman atau saudara yang memiliki keahlian di bidang desainer bangunan. Selain Anda bisa mendapatkan harga “pertemanan”, biasanya mereka juga akan memberikan layanan terbaik untuk teman dekatnya.

- Pilih Tukang yang Berpengalaman
Usahakan untuk memakai tukang yang sudah terjamin dan memiliki reputasi yang baik. Biasanya, Anda bisa mencari referensi dari teman atau saudara.

- Lakukan Control dan Monitoring Secara Rutin
Walaupun Anda sudah kenal dan percaya kepada para pekerjanya, namun tidak ada salahnya Anda tetap rutin melakukan pengecekan ke lokasi pengerjaan. Hal ini dimaksudkan agar terhindar dari adanya perbedaan persepsi atau pendapat antara keinginan Anda dengan pengerjaan di lapangan.

- Berikan Hak Pekerja Tepat Waktu
Memberikan upah pada tukang dan asisten tukang upayakan agar selalu tepat waktu. Begitu juga dengan hak lainnya sesuai dengan perjanjian awal, misalnya makan, minum, rokok, atau kopi. Hal ini akan membuat mereka tetap semangat dalam bekerja dan senantiasa memberikan yang hasil yang terbaik kepada Anda selaku pemilik rumah.

Sumber:
https://www.facebook.com/notes/rumahku-istanaku/cara-cerdik-dalam-berhemat-saat-membangun-atau-merenovasi-rumah/10151915790019434


Related Posts

Tips Menghemat Biaya Saat Renovasi atau Bangun Rumah
4/ 5
Oleh