10 Cara Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Sekejap


10 Cara Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Sekejap
Sebenarnya, banyak cara dapat kita lakukan agar kepercayaan diri bisa meningkat, tapi terkadang kita perlu juga melakukan langkah-langkah tertentu untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam waktu yang singkat.

Berikut ini kami akan berbagi tentang beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam waktu singkat.

Apa saja tipsnya? Mari simak penjelasan di bawah ini!


1. Cobalah Tersenyum

Tersenyum adalah cara cepat untuk menenangkan diri saat Anda merasa gugup atau tidak percaya diri.
Tidak hanya saat merasa senang saja Anda boleh tersenyum, tapi juga tersenyumlah maka Anda akan merasa lebih baik dan percaya diri.

Baca juga: 5 Pemikiran yang Menguatkan Mental Anda Saat Gagal Dalam Bisnis

Tersenyum lebih dari sekadar ekspresi pada wajah, tapi juga berkaitan erat dengan perasaan positif dalam diri Anda.

Ketika Anda tersenyum, tubuh akan melepaskan hormon endorphin sehingga akan membuat Anda merasa lebih baik, meningkatkan sirkulasi darah pada wajah, dan membuat Anda merasakan kenyamanan dalam diri.


2. Berdoa

Berdoa dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam sekejap. Keyakinan bahwa Tuhan akan senantiasa berada di samping Anda dan memberikan bantuan-Nya akan memantapkan langkah dan kepercayaan diri Anda.


3. Berikan Penampilan Terbaik

Walau hanya dalam sedikit waktu, cobalah ke kamar mandi dan berkaca untuk memastikan penampilan Anda sudah rapih.

Beri tampilan sempurna pada fisik Anda, dapatkan rasa percaya diri yang lebih dari penampilan Anda yang sempurna. Penampilan fisik memang menentukan impresi orang terhadap diri Anda.


4. Kontak Mata Dengan Lawan Bicara

Tatap mata semua orang di dalam ruangan sambil Anda berikan senyum dan pastikan mereka membalas senyuman tersebut.

Cara ini juga sangat berguna dalam situasi kerja, buatlah kontak mata dengan lawan bicara, atau orang-orang yang menyaksikan presentasi Anda.


5. Yakinlah Kalau Kita Bisa

Terkadang, ada suara-suara dalam diri yang membisikkan hal-hal negatif yang membuat Anda kehilangan kepercayaan diri dalam sekejap.

Oleh sebab itu, mulai sekarang ubahlah suara-suara negatif tersebut menjadi hal-hal yang positif sehingga dapat menjadi motivasi dalam meningkatkan kepercayaan diri.

Bentuk suara dalam diri Anda menjadi pendukung yang paling mengenal siapa Anda dan apa saja kemampuan yang dimiliki untuk dapat mencapai segala yang terbaik.


6. Ubah Persepsi Kita Mengenai Suatu Kejadian

Sesuatu yang terjadi di luar dugaan memang dapat menggoyahkan rasa percaya diri. Cobalah untuk mengubah persepsi terhadap suatu hal yang terjadi di luar kehendak Anda menjadi sesuatu yang lebih positif.

Dengan demikian Anda bisa mempertahankan rasa percaya diri ketika menghadapi suatu hal di luar dugaan.


7. Tentukan Langkah Untuk Maju

Ketika Anda tidak yakin terhadap apa yang harus dilakukan, tentukan satu langkah sederhana yang dapat membantu untuk terus maju.

Lakukan sesuatu meskipun gambaran mengenai apa yang seharusnya dilakukan tidak Anda miliki dengan jelas. Lakukan pergerakan, dan koreksi diri di lain kesempatan.


8. Bicara Dengan Perlahan

Berbicara terlalu cepat akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan yakin apakah lawan bicara Anda mengerti apa yang sedang dibicarakan.

Bicaralah secara perlahan, beri kesempatan diri Anda berpikir untuk mengatakan perkataan selanjutnya.

Bila Anda sedang berbicara di depan banyak orang atau sedang melakukan presentasi, berikan jeda di setiap akhir sebuah frase atau kalimat agar orang lain terbantu dalam mencerna setiap apa yang Anda katakan.

Berbicara secara perlahan juga menampakkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang akan berbicara cepat karena merasa kalau dirinya tidak layak untuk didengarkan.


9. Berusaha Ikut Ambil Bagian

Bagaimanapun situasi Anda, berusahalah untuk ikut ambil bagian dalam perbincangan. Walaupun yang bisa Anda katakan tidaklah banyak, pemikiran maupun pandangan Anda terhadap sesuatu bisa menjadi sangat berharga bagi orang lain.


10. Tetap Berpegang Pada Standar Yang Anda Miliki

Anda dapat membantu diri sendiri dengan berpegang pada standar yang Anda miliki, terlepas dari situasi seperti apa yang membuat Anda kehilangan percaya diri.

Sekeras apapun Anda mencoba, mungkin akan sulit untuk dapat memuaskan setiap orang, karena mereka tentu memiliki nilai yang berbeda dalam memandang Anda.

Bertahanlah pada standar yang Anda miliki, bukan terhadap standar yang orang lain punyai. Anda tidak harus selalu mengikuti nilai dan standar hanya karena orang-orang di sekitar Anda mengikutinya, karena nilai dan standar yang dimiliki setiap individu tentunya berbeda-beda.


Itulah sepuluh tips yang bisa Anda coba untuk meningkatkan percaya diri dalam waktu sekejap. Semoga bermanfaat, dan membuat Anda dikenal sebagai seorang pribadi yang mempesona di mata rekan-rekan Anda.

Sumber:
http://www.akuinginsukses.com/10-rahasia-mendapatkan-rasa-percaya-diri-dalam-hitungan-detik/


Related Posts

10 Cara Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Sekejap
4/ 5
Oleh