10 Cara Sederhana yang Ampuh Meningkatkan Kinerja Otak

10 Cara Sederhana yang Ampuh Meningkatkan Kinerja Otak
Otak kita merupakan organ tubuh yang mengendalikan semua organ tubuh lainnya. Otak diibaratkan sebuah prosesor, perlu diupgrade sesuai dengan perkembangan zaman.

Berikut ini kami akan berbagi kepada Anda tentang cara sederhana untuk meng-upgrade otak, dengan kata lain meningkatkan kinerja otak agar dapat berfungsi secara optimal.


1. Biasakan Membuat Jurnal

Semua orang jenius seperti Isaac Newton, Thomas Jefferson, dan Einstein adalah penulis jurnal atau buku harian yang rajin.

Baca juga: Vegetarian Memiliki Jantung yang Lebih Sehat

Bahkan, sepanjang hidup Thomas Edison telah menulis 3 juta catatan, surat, dan pemikiran dalam ratusan jurnal pribadinya.


2. Belajar Sebanyak Yang Kita Mampu

Bagian aliran arus syaraf dalam otak akan tercipta ketika kita mempelajari hal-hal baru. Orang jenius biasanya mempunyai aliran arus lebih banyak ketimbang orang biasa.

Semakin banyak aliran arus syaraf baru yang tercipta di otak, maka semakin pintar pula kemampuan kerja otak kita.


3. Belajar Membaca Dengan Cepat

Mayoritas teknik membaca cepat memang mengajarkan kita cara untuk menggerakkan mata secara lebih cepat dalam setiap halaman yang dibaca.

Teknik membaca cepat akan mengajarkan kita untuk dapat menggunakan pikiran sadar dan bawah sadar ketika membaca.

Belajar membaca cepat bisa dilakukan dengan menggunakan sejumlah bahan bacaan yang mudah dibaca melalui penerapan beberapa teknik yang berbeda setiap waktu.

Membiasakan diri membaca cepat akan memicu pikiran sadar untuk meningkatkan daya ingat dan memahami suatu materi dengan mudah.


4. Gunakan Waktu Singkat untuk Beristirahat Secara Berkala

Belajarlah selama 20 menit, kemudian beristirahat sejenak. Lakukan metode ini secara berkala setiap waktu belajar Anda.

Metode belajar seperti ini ternyata sangat efektif dalam meningkatkan kinerja otak, karena hal-hal yang Anda pelajari pada awal dan akhir saat sesi belajar akan bertahan lebih lama dalam memori otak.


5. Lakukan Olahraga Otak

Gerakan tubuh dapat menjadi kunci dalam proses perkembangan dan proses belajar. Olahraga otak (Brain Gym) adalah program olahraga sederhana yang dikembangkan oleh para spesialis pendidikan selama 25 tahun.

Menurut Dr. Paul Dennison, olahraga otak dapat membantu Anda dalam beberapa hal berikut ini:
- Pemahaman
- Konsentrasi
- Berpikir secara abstrak
- Daya ingat
- Mengurangi keletihan mental
- Kemampuan dalam menyelesaikan tugas
- Keseimbangan fisik dan koordinasi


6. Lakukan Meditasi Secara Rutin

Dalam Neuropsychologist disebutkan bahwa meditasi dapat memberi perubahan pada struktur otak Anda. Ditunjukkan oleh hasil scan MRI yang dilakukan oleh para meditator, aktivitas otak lebih banyak terjadi pada sirkuit otak Anda, khususnya saat Anda memperhatikan sesuatu.

Pada saat para meditator memperdengarkan suara-suara mengganggu, ternyata hanya memiliki pengaruh kecil pada area otak bagian dalam.

Hal ini membuktikan bahwa meditasi dapat meningkatkan kinerja otak terkait keterlibatan emosi, dan proses pengambilan keputusan ketimbang orang-orang yang tidak pernah melakukan meditasi.


7. Kurangi Makanan yang Mengandung Gula

Makanan-makanan seperti pasta, roti putih, dan keripik kentang disinyalir dapat membuat kita menjadi cepat lelah dan merasa malas saat beraktivitas.

Makanan-makanan yang banyak mengandung gula akan membuat kita sulit berpikir jernih. Sebab, hal ini dipengaruhi oleh efek insulin untuk menangkal kadar gula yang terlalu tinggi dalam darah.


8. Kembangkan Kecerdasan Emosional (EQ) Anda

Kecerdasan emosi memberikan kemampuan secara meta fisik yang memungkinkan Anda untuk memanfaatkan bakat yang dimiliki secara optimal.


9. Manfaatkan Setiap Waktu Dengan Baik

Bermain game asal tidak berlebihan, ternyata juga dapat memicu kecerdasan otak kita. Jadi, selain dengan membaca, Anda juga bisa memanfaatkan waktu luang untuk bermain game teka-teki silang atau Sudoku.


10. Lakukan Kegiatan yang Melibatkan Berbagai Indera

Menurut para ilmuwan, otak manusia dapat berkembang secara maksimal ketika melakukan kegiatan yang melibatkan berbagai indera.

Pembelajaran yang paling efektif untuk meningkatkan kecerdasan otak ialah dengan melibatkan penglihatan, suara, emosi, peraba, dan indera perasa.

Belajar melalui kaset audio akan memberikan informasi kepada otak melalui 1 dimensi, yaitu indera pendengaran.

Ketika membaca, otak akan memperoleh input melalui 1 dimensi pula, yaitu indera penglihatan. Sementara seseorang akan mudah belajar melalui acara-acara televisi, karena otak memperoleh input melalui 2 dimensi, yaitu indera penglihatan dan pendengaran.

Oleh sebab itu, jaga anak-anak kita dari acara televisi yang kurang mendidik. Mental, gaya hidup, serta pola pikir mereka akan lebih mudah mengikuti apa yang mereka dapatkan dari televisi.


Itulah beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kinerja otak. Semoga bermanfaat.

Sumber:
http://www.akuinginsukses.com/18-cara-ampuh-meningkatkan-iq-anda/


Related Posts

10 Cara Sederhana yang Ampuh Meningkatkan Kinerja Otak
4/ 5
Oleh