3 Siklus Dasar Dalam Manajemen Suatu Perusahaan


Kemampuan manusia pada dasarnya terbatas, sedangkan keinginan dan kebutuhannya yang memang tidak terbatas.

Adanya keterbatasan ini, membuat manusia bersedia bekerja dan menerima tanggung jawab yang terikat secara formal dalam suatu organisasi.

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, para karyawan saling berinteraksi dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya tersebut.

Maka, berbagai pekerjaan yang awalnya sulit bila dikerjakan sendiri, menjadi dapat diselesaikan dengan baik dan tujuan dari organisasi maupun individu pun bisa dicapai dengan mudah.

Simak juga: Pengertian dan Sejarah Perkembangan Ilmu Manajemen

Asas manajemen mendukung terjadinya keteraturan, keseimbangan, dan keharmonisan dalam perusahaan. Peran manajemen dalam pengelolaan SDM di dasari oleh faktor-faktor penting berikut ini:

- Pekerjaan akan lebih ringan bila terdapat pembagian kerja, tugas, dan tanggung jawab yang jelas dalam penyelesaiannya.

- Penerapan manajemen yang baik akan mendukung perusahaan untuk dapat berjalan dengan baik pula.

- Penerapan manajemen yang baik dalam perusahaan akan meningkatkan daya guna maupun hasil guna dari semua potensi yang dimiliki.

- Adanya manajemen yang baik akan mengurangi pengeluaran sehingga lebih efisien dalam menjalankan roda perekonomian perusahaan.

- Manajemen diperlukan untuk mencapai kemajuan dan pertumbuhan yang diharapkan pada perusahaan.

- Penetapan tujuan dan usaha yang dilakukan dalam manejemen memanfaatkan 6M dalam proses manajemen tersebut.

- Manajemen membuat pencapaian tujuan menjadi lebih teratur.

- Manajemen adalah suatu pedoman dalam berpikir dan bertindak.

- Manajemen akan selalu dibutuhkan dalam setiap kerja sama oleh sekelompok orang.


Sedangkan pada manajemen keuangan, membutuhkan perhatian yang intensif pada pelaksanaan proyek dan pencapaian tujuan organisasi.

Proyek Manajemen Keuangan berlangsung secara simultan dalam suatu siklus berkelanjutan yang akan kami gambarkan pada penjelasan berikut ini:

1. Merencanakan

Ketika sistem manajemen mulai dijalankan, orang-orang di dalamnya akan merancang tujuan-tujuan dan merencanakan kegiatan-kegiatan tertentu.

Langkah berikutnya adalah menyiapkan rencana keuangan atau anggaran, berisi biaya-biaya yang dibutuhkan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut dan dari mana saja sumber dana yang diperlukan tersebut akan diperoleh.

2. Melaksanakan

Setelah rencana dibuat dan dana yang diperlukan didapat, program atau proyek atau kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya diimplementasikan guna mencapai tujuan-tujuan yang sudah disusun pada tahap perencanaan.

3. Mengevaluasi

Dengan menggunakan laporan pemantauan keuangan, situasi atau realisasi aktual yang telah berjalan dibandingkan kembali apakah sudah sesuai dengan rencana-rencana awalnya.

Kemudian para manajer dapat memutuskan apakah organisasi sudah dapat memenuhi target untuk mencapai tujuan-tujuannya dalam skala waktu dan anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Hasil dari tahap evaluasi ini dijadikan referensi bagi perbaikan pada perencanaan selanjutnya, demikian dan seterusnya berlangsung secara siklus.

Sumber:
http://maya-bastyan.blogspot.co.id/2012/04/mengelola-transaksi-keuangan.html


Related Posts

3 Siklus Dasar Dalam Manajemen Suatu Perusahaan
4/ 5
Oleh