5 Hal Tak Terduga Penyebab Stress

5 Hal Tak Terduga Penyebab Stress
Stres merupakan sumber dari banyak macam masalah kesehatan, baik fisik maupun mental, bisa dialami siapa saja, di mana saja dan kapan saja.

Ada beragam hal yang dapat memicu stres, beberapa di antaranya seperti keuangan, tekanan pekerjaan, duka, hubungan asmara, dan banyak lagi hal lain yang bisa menjadi pemicu stres.

Namun, selain hal di atas, ada beberapa hal juga yang tanpa diduga ternyata dapat memicu stres. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini!


1. Udara Panas

Sinar matahari saat berada tepat di atas ubun-ubun, memang memberikan panas yang sangat menyengat.

Hal ini ternyata dapat mempengaruhi mood seseorang karena sensitivitas tubuh bereaksi terhadap panas dan ketidakseimbangan hormon.

Baca juga: Pemahaman-pemahaman Tentang Stress Yang Salah

Saat cuaca panas, tubuh akan lebih sedikit memproduksi hormon tiroid sehingga tubuh akan kekurangan energi. Di tambah lagi dengan kurangnya kemampuan tubuh untuk mengatasi tekanan mental saat cuaca panas.

Untuk itu, adanya ventilasi udara yang baik di rumah maupun tempat kerja sangat bermanfaat dalam menjaga mood Anda dan mencegah stres.


2. Terlalu Sering Menggunakan Internet

Sebuah penelitian di Cina yang dilakukan pada 1000 orang remaja, diketahui bahwa mereka yang lebih sering menggunakan internet memiliki risiko lebih besar mengalami stres.

Teknologi dapat membuat otak mengalami kelelahan. Penggunaan internet atau ponsel secara berlebihan akan mengakibatkan munculnya gejala stres.

Ketika Anda menggunakan internet lebih dari jam 2 sehari yang bukan karena alasan pekerjaan, sebaiknya Anda berhati-hati. Sebab hal tersebut bisa saja menjadi gejala mental yang kurang baik.


3. Konsumsi Pil KB

Bagi wanita yang sedang mengkonsumsi pil kontrasepsi atau pil KB, maka dirinya dua kali lebih rentan terhadap stres. Stres yang diakibatkan karena pil kontrasepsi ini diduga ada kaitannya dengan jalur serotonin dalam otak.

Jadi, suasana hati seorang wanita akan cenderung lebih sensitif saat ia mengkonsumsi pil kontrasepsi.


4. Makanan-makanan Manis

Makanan-makanan manis dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan mental. Menurut Helen Bond, peneliti dari British Dietetic Association, pasokan energi dari glukosa darah ke otak dapat menentukan suasana hati seseorang.

Kadar gula darah yang berlebih akan meningkatkan kadar dopamine sehingga mempengaruhi mood seseorang.

Sebuah neurotransmitter yang dikenal dengan phenylethylamine akan muncul saat seseorang mengkonsumsi makanan manis, sehingga dapat memunculkan perasaan khawatir. Jadi, semua makanan dan minuman manis akan memicu stres secara tak terduga.


5. Intensitas Cahaya yang Berlebihan

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Ohio mengungkapkan bahwa terlalu banyak cahaya dari lampu penerangan jalan, lampu malam, lampu kamar tidur, bahkan televisi, smartphone, dan komputer dapat memicu dampak negatif pada otak.

Cahaya di malam hari akan menyebabkan perubahan pada hippocampus, yaitu area pada otak yang berhubungan dengan depresi.

Oleh sebab itu, tidur yang baik dan berkualitas adalah dalam keadaan gelap. Matikan semua cahaya baik dari lampu, televisi, maupun sumber penerangan yang ada di dekat Anda pada saat tidur di malam hari.

Sumber:
http://www.matadunia.net/2015/07/5-hal-tak-terduga-yang-dapat-memicu.html


Related Posts

5 Hal Tak Terduga Penyebab Stress
4/ 5
Oleh