5 Tips Mengelola Keuangan Meski Gaji Kecil

5 Tips Mengelola Keuangan Meski Gaji Kecil
Ketika memutuskan untuk berumah tangga, setiap pasangan dituntut untuk dapat mengelola keuangan rumah tangga dengan baik.

Terutama setelah kehadiran si kecil, pastinya biaya hidup akan semakin meningkat.

Anda harus mampu mengelola dana yang terbatas agar tetap dapat mencukupi semua kebutuhan hidup dan tidak menjadikan hutang sebagai pelarian dari solusi keuangan ketika dana tak mencukupi.

Baca juga: Cara Jitu Menagih Hutang

Namun, hal ini bukanlah perkara mudah. Anda harus pintar dalam mengelola gaji pas-pasan agar tetap bisa membiayai semua kebutuhan pokok, membayar tagihan listrik, telepon, air, cicilan KPR, membayar upah Asisten Rumah Tangga, serta memenuhi kebutuhan gizi dan susu si kecil.

Berikut ini kami berikan tips yang dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan dengan gaji pas-pasan namun tetap cukup membiayai kebutuhan sehari-hari.


1. Buat Daftar Prioritas Kewajiban Bulanan

Dengan membuat daftar prioritas kewajiban bulanan, Anda akan lebih mudah mengingat dan memilah mana kewajiban yang harus didahulukan setiap bulannya.

Misalnya membayar cicilan rumah, cicilan kendaraan, tagihan listrik, pulsa, air, atau membeli kebutuhan utama bagi anak.

Dengan begitu, ketika mendapat gaji bulanan Anda pun jadi tidak lupa diri membelanjakan berbagai perlengkapan yang sebenarnya bukan termasuk dalam prioritas kebutuhan rumah tangga.


2. Tetap Konsisten dan Jangan Lupa Diri Saat Gajian

Menyenangkan diri sendiri setelah lelah bekerja membanting tulang selama sebulan mungkin sah-sah saja. Tapi jangan jadikan kebiasaan.

Apalagi menggunakan prinsip “aji mumpung” ketika memegang uang dalam jumlah besar sehingga kewajiban yang seharusnya didahulukan menjadi terlupakan.

Anda harus benar-benar memperhitungkan segala pengeluaran yang dilakukan. Bolehlah sesekali makan enak bersama keluarga di suatu restoran yang Anda inginkan pasca gajian.

Namun, pengeluaran untuk “makan enak sesekali” tersebut sudah harus masuk dalam perhitungan biaya bulanan Anda, sehingga daftar prioritas kewajiban yang sudah dibuat sebelumnya tidak terabaikan.


3. Sebisa Mungkin Hindari Berhutang

Hutang memang terkadang menggiurkan, tapi Anda harus bijak dalam menggunakannya. Apalagi jika hutang kartu kredit.

Bak, lingkaran setan yang akan membuat Anda terjebak di dalamnya tanpa tahu bagaimana cara keluar dari lingkaran tersebut.

Adanya hutang yang menumpuk akan membuat Anda susah tidur nyenyak dan tidak fokus dalam melakukan berbagai aktivitas maupun pekerjaan.


4. Rencanakan Dengan Matang Pendidikan dan Masa Depan Anak

Kehadiran buah hati merupakan anugerah dari Tuhan yang harus benar-benar kita jaga, rawat, dan besarkan dengan cara yang terbaik.

Pendidikan dan masa depan anak harus menjadi prioritas dalam pengelolaan keuangan rumah tangga. Siapkan sejak dini tabungan pendidikan untuk menunjang masa depannya kelak.

Tanamkan prinsip dalam keluarga bahwa sesulit apapun kondisi ekonomi, dana tabungan untuk pendidikan si kecil merupakan kewajiban yang harus disisihkan setiap bulannya.

Walau terkesan memaksakan diri, tapi di kemudian hari hal tersebut akan sangat bermanfaat. Apalagi, seperti kita ketahui bahwa biaya pendidikan semakin hari semakin mahal.

Jika Anda tak memiliki tabungan, bagaimana Anda bisa merencanakan masa depan si kecil dengan baik?


5. Biasakan Bersedekah

Jangan pernah ragu untuk bersedekah di jalan Allah. Janji Allah itu pasti, percayalah. Dengan bersedekah, Anda akan semakin dimudahkan dalam menjemput rezeki yang telah disediakan-Nya untuk setiap hamba.

Bersedekah semampunya, jangan minder meskipun jumlahnya tak seberapa. Yang terpenting adalah keikhlasan Anda. Selain Anda akan mendapatkan ganjaran 10x lipat di dunia, pahala yang baik juga akan Anda dapatkan dari Allah SWT.


Demikianlah posting singkat kami tentang mengelola keuangan rumah tangga meski dengan gaji kecil. Semoga bermanfaat untuk Anda dan keluarga.

Sumber:
http://www.harianhaluan.com/index.php/berita/wanita-a-keluarga/21946-menyiasati-gaji-pas-pasan


Related Posts

5 Tips Mengelola Keuangan Meski Gaji Kecil
4/ 5
Oleh