7 Langkah Awal Membangun Karir Sebagai Freelancer

7 Langkah Awal Membangun Karir Sebagai Freelancer
Semakin berkembangnya bisnis secara online membuat bekerja freelance saat ini adalah cara yang lumayan ampuh untuk mendapatkan penghasilan.

Namun, pendapatan yang bisa diperoleh juga tergantung pada jenis kerjaan dan lamanya waktu yang dihabiskan untuk bekerja kepada klien (pemberi kerja) Anda.


1. Temukan Waktu yang Cukup Untuk Kerja Online

Untuk menjadi freelancer, waktu merupakan faktor awal yang sangat penting. Anda harus memiliki waktu yang cukup untuk dapat bekerja secara online.

Baca juga: Menyongsong Perubahan Pada Era Baru Dunia Kerja Modern

Bagi Anda yang masih memiliki pekerjaan offline, mungkin akan lebih sibuk dibandingkan mereka yang memang bekerja freelance secara full timer.

Hanya saja, freelancer memang lebih diuntungkan dengan tidak terlalu terikat terhadap jam kerja sehingga bekerja dapat dilakukan secara fleksibel, kapan saja, dan di mana saja.

Bila ingin memulai kerja sebagai freelance, maka putuskan untuk menyediakan waktu yang cukup untuk dihabiskan setiap hari dalam menyelesaikan tugas-tugas para klien.


2. Pilih Bidang yang Memang Anda Kuasai

Ada banyak bidang jasa yang bisa Anda lakukan dalam bekerja freelance. Namun, pilihlah salah satu atau beberapa yang memang Anda kuasai dengan baik.

Beberapa contoh pekerjaan freelance di internet yang cukup populer di antaranya seperti penulis konten/artikel, programming, data entry, desain web/blog, multimedia, dan lain-lain.


3. Bergabung dengan Situs Freelance dan Forum

Untuk permulaan, Anda bisa melakukan promosi jasa Anda di situs-situs freelance maupun situs forum yang di dalamnya membuat trade untuk jasa freelance.

Ada banyak situs freelance yang bisa Anda pilih seperti freelancer.com, elance.com, odesk.com, dan lain-lain. Sedangkan untuk situs forum, Anda bisa mencoba di Ads.id atau kaskus.


4. Buat Profil yang Meyakinkan

Setelah bergabung buatlah profil yang melibatkan informasi tentang diri Anda seperti keahlian, pengalaman kerja, keunggulan, testimonial (bila ada meskipun hanya satu).

Melalui profil, Anda akan “menjual diri” alias kemampuan Anda agar calon klien tertarik menggunakan jasa Anda.

Tulislah pada profil Anda segala sesuatu yang Anda ketahui, pekerjaan maupun pengalaman yang berkaitan dengan jasa yang Anda tawarkan. Tingkatkan terus nilai jual Anda di mata para calon employer.


5. Saatnya Berburu Job Pertama Anda

Mendapatkan pekerjaan pertama Anda bisa dibilang merupakan hal terberat yang harus dilalui freelancer.

Pekerjaan pertama Anda akan memudahkan untuk memperoleh beberapa pekerjaan berikutnya dari employer.

Mintalah kesan-kesan dari employer yang pernah menggunakan jasa Anda. Buat testimonial dari kesan-kesan tersebut, bisa dengan menggunakan teks atau screeshot pada layar komputer Anda.

Employer akan lebih tertarik untuk memilih orang-orang yang berpengalaman. Adanya testimonial dari klien akan membuat Anda tampak lebih berpengalaman dan professional.

Dalam penawaran pekerjaan pertama biasanya seorang freelance disarankan untuk menawarkan biaya per jam atau per proyek lebih rendah dari saingan sesama freelance lain yang lebih dulu memiliki pelanggan tetap.

Namun, saran tersebut bisa saja tidak berlaku bila Anda memang mahir dan ahli dalam bidang Anda. Justru penawaran tinggi membuktikan bahwa Anda cukup qualified dan percaya diri untuk dapat menyelesaikan suatu proyek dengan baik.


6. Rekrut Karyawan Ketika Klien Makin Bertambah

Ketika Anda telah memiliki banyak klien (employer), tentunya Anda akan sedikit kewalahan saat order sedang padat.

Untuk itu, cobalah merekrut karyawan, bisa dimulai dari teman-teman yang Anda percaya dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.


Demikian tips dari kami dalam mengawali langkah Anda menjadi seorang freelancer. Semoga bermanfaat dan memberikan peluang-peluang baru untuk memperoleh penghasilan.

Sumber:
http://tienapoenya.blogspot.com/2012/09/7-langkah-pertama-menjadi-seorang.html


Related Posts

7 Langkah Awal Membangun Karir Sebagai Freelancer
4/ 5
Oleh