9 Penyebab Startup Mengalami Kegagalan

9 Penyebab Startup Mengalami Kegagalan
Bagi kebanyakan startup, kegagalan merupakan pengalaman yang berharga untuk dijadikan pelajaran dalam perbaikan ke depannya.

Hal ini tentu sangat penting diperhatikan oleh pebisnis yang hendak memulai atau membangun sebuah startup.

Sebuah perusahaan riset VC, CB Insight melakukan pendataan terhadap berbagai alasan kegagalan startup, data tersebut menjadi pelajaran dasar analisis mereka ke dalam sebuah buku panduan bagi startup lainnya.

Berikut ini kami bagikan 9 hal yang menyebabkan startup mengalami kegagalan.

Baca juga: 8 Kiat Jitu Menentukan Jasa SEO untuk Web Perusahaan Anda


1. Kurang Melihat Kebutuhan Pasar

Banyak startup yang gagal karena mereka kurang memposisikan diri sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan pasar. Mereka hanya mengembangkan apa yang mereka inginkan.

Lakukan identifikasi terhadap pokok masalah yang dihadapi konsumen, lalu temukan solusi. Dalam membangun bisnis janganlah terburu-buru.


2. Modal yang Kurang Memadai

Tidak jarang, meskipun telah berusaha melakukan pendekatan dan perubahan dalam mengikuti kebutuhan pasar, tapi startup tetap mengalami kegagalan.

Hal ini biasanya terjadi karena modal yang kurang memadai, sehingga di tengah jalan startup malah kehabisan dana untuk pengembangan dan operasional.

Perencanaan yang matang terhadap alokasi dana dan waktu sangat penting dilakukan agar tidak mengalami kegagalan karena kehabisan dana sebelum mencapai puncak kesuksesan.


3. Tidak Memiliki Tim yang Solid

Kegagalan dapat dialami startup ketika mereka tidak memiliki tim yang solid dengan visi yang sama. Keragaman sangat dibutuhkan agar startup dapat berjalan.

Namun, kesulitannya adalah cara menyatukan tim dengan keragaman personal tersebut agar solid dan bervisi sama.

Dengan partner yang tepat maka ia dapat bertindak sebagai pemberi ide tambahan dan ikut mengembangkan startup meski dengan dana yang terbatas.


4. Mengabaikan Persaingan

Dibandingkan melihat kompetisi yang ada, para startup lebih disarankan untuk focus pada apa yang mereka jalani.

Mengabaikan persaingan sering menjadi penyebab kegagalan startup. Kompetitor akan memiliki celah lebih besar untuk berada selangkah di depan kita.


5. Harga Yang Tidak Sebanding Dengan Harapan

Harga yang tidak sesuai dengan kualitas layanan akan membuat pelanggan banyak yang kecewa dan startup akhirnya ditinggalkan.

Namun, permasalahan sebenarnya bukanlah pada harga, tapi apakah dengan harga sekian rupiah, pelanggan dapat memperoleh layanan yang sesuai dengan ekspektasi mereka.


6. Pemakaian Produk Kurang Simpel

Terkadang, developer membuat suatu karya yang hebat namun tidak berpikir apakah sesuai dengan keinginan pengguna atau tidak.

Pengguna tidak mau tahu seberapa sulit dalam pembuatan produk tersebut, mereka hanya mau tahu seberapa mudah produk tersebut dapat digunakan.


7. Hanya Mengandalkan Satu Model Bisnis Saja

Sebuah startup harus dapat maju dan terus melakukan peningkatan sebelum mengalami jatuh. Kegagalan tersebut biasanya disebabkan karena model bisnis yang dijalani hanya mampu bertahan dalam beberapa waktu namun tidak berjalan baik ketika dituntut untuk menghasilkan uang dalam skala lebih besar.

Ketika startup hanya bergantung pada satu macam model bisnis, maka saat bisnis tersebut mulai tidak produktif mereka harus mengalami kehancuran.


8. Strategi Marketing yang Kurang Mantap

Tidak sedikit startup yang gagal dikarenakan kurang memiliki tim marketing yang berpengalaman untuk menggaet konsumen.

Pada periode awal peluncuran startup, kadang mereka lupa diri saat melihat orang-orang begitu antusias untuk menggunakan layanan mereka. Padahal, pada titik tersebut seharusnya mereka tetap melakukan strategi marketing yang ampuh.

Startup harus terus melakukan analisis terhadap target konsumen mereka karena hal ini merupakan sesuatu yang sangat vital dari sebuah bisnis.


9. Terlalu Dini Untuk Pasar

Alasan kegagalan startup yang terakhir adalah meluncurkan suatu produk yang terlalu dini bagi pasar.

Terkadang, ada pula ide bisnis yang memang hanya cocok untuk diluncurkan pada masa mendatang. Terburu-buru dalam melihat peluang, sehingga mereka bergerak terlalu cepat dari yang dilakukan konsumen.

Sumber:
http://bercampur.blogspot.com/2014/12/10-alasan-teratas-kegagalan-startup_1.html


Related Posts

9 Penyebab Startup Mengalami Kegagalan
4/ 5
Oleh