Cara Dramatis Untuk Memperbaiki Kondisi Finansial Anda

Cara Dramatis Untuk Memperbaiki Kondisi Finansial Anda
Setiap orang pasti menginginkan kondisi finansial yang baik dalam kehidupannya. Namun, untuk bisa mencapai keadaan keuangan yang serba tercukupi bukanlah hal mudah dan tidak banyak orang yang mengetahui caranya.


1. Miliki Sumber Penghasilan Lebih Dari Satu

Salah satu cara dalam memperbaiki kondisi keuangan keluarga adalah dengan mencari tambahan penghasilan lain. Untuk itu, upayakan agar Anda mempunyai sumber pendapatan lebih dari satu.

Bila Anda sudah menikah dan pasangan Anda juga bekerja itu lebih baik, berarti ada 2 sumber pendapatan yang diperoleh dalam keluarga.

Baca juga: Hindari 6 Kesalahan Keuangan Berikut Untuk Orangtua Baru

Bangunlah keluarga yang produktif, upayakan agar suami-istri juga memiliki pendapatannya sendiri-sendiri, bisa dengan bekerja maupun berwirausaha sehingga dapat menopang ekonomi keluarga secara bersama-sama.


2. Orientasikan Uang Anda Untuk Investasi

Dana cadangan yang Anda miliki, sebaiknya jangan hanya ditabung saja. Tapi mulailah berpikir untuk menginvestasikannya agar menjadi lebih produktif.

Dengan investasi, maka uang yang kita miliki akan “berkembang biak” dan memberi peluang lebih besar untuk Anda meraih kondisi keuangan yang lebih baik.

Ada sejumlah pilihan untuk Anda dalam berinvestasi, bisa melalui properti, reksadana, atau modal usaha.

Aturannya sederhana, alokasikan 40 persen untuk biaya hidup, 30 % untuk membayar angsuran hutang, dan 30% sisanya untuk investasi.


3. Investasikan Juga Dana Untuk Pendidikan

Pendidikan juga merupakan salah satu bentuk investasi terbaik. Maka, di samping Anda mengalokasikan dana untuk investasi di bidang keuangan, ingatlah pula untuk berinvestasi di bidang pendidikan, sebagai upaya dalam pengembangan diri Anda.

Pendidikan di sini tidak harus Anda sekolah lagi, namun itu justru lebih baik. Investasi untuk pengembangan kemampuan bisa juga dengan mengikuti berbagai seminar berkualitas, membeli buku, ikut kursus bahasa asing, dan sebagainya.

Dunia kerja sekarang ini membutuhkan orang dengan kemampuan yang lebih dibandingkan orang lain.

Tanpa adanya skill dan kelebihan yang dimiliki, karir Anda akan stagnan, pendapatan pun tidak akan mengalami kenaikan.

Sementara bagi yang berwirausaha, bisnis yang Anda geluti akan sulit maju tanpa adanya pemikiran yang kreatif dan berkembang.


4. Jangan Ada Hutang Untuk Konsumsi Semata

Banyak pakar finansial yang menyarankan untuk menggunakan kartu kredit secara bijak. Banyak orang yang terjebak dengan hutang kartu kredit yang membebankan bunga sangat tinggi sehingga mereka dikejar-kejar oleh debt collector.

Mengambil kredit mobil padahal kondisi keuangannya belum memadai juga bisa membuat kondisi keuangan makin buruk.

Kesannya sih biar kelihatan sukses gitu pakai kendaraan yang punya kaki empat, tapi malah bisa jadi boomerang bagi yang keuangannya belum siap.

Sesuai aturan sederhana yang telah dibahas sebelumnya, alokasi dana maksimal untuk membayar cicilan hutang sebaiknya di bawah 30%. Jika lebih dari 30% biasanya akan mengancam stabilitas keuangan keluarga Anda.


5. Prinsip Kesederhanaan Itu Jauh Lebih Baik

Percayalah, hidup bersahaja dan sederhana itu lebih tenang, nyaman serta tidak membuat Anda tertekan.

Sayangnya, zaman sekarang orang malah berlomba-lomba untuk memamerkan kekayaan dengan membeli berbagai barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Hanya sebagai trend, gaya hidup, dan biar dibilang sukses.

Ada pula orang-orang yang bergaya hidup “snob”, yaitu penghasilan pas-pasan tapi sudah sok kaya. Orang bukan lagi membeli suatu barang dikarenakan mereka butuh, tapi lebih karena prestise, peningkatan derajat sosial, dan berbagai unsur-unsur kesombongan lainnya.

Sebaiknya, dana lebih yang dimiliki tersebut diberdayakan untuk investasi, sehingga akan lebih produktif dan meningkatkan tambahan penghasilan.


6. Jaga Kesehatan

Kabarnya, gaya hidup pekerja kantoran sekarang ini rata-rata kurang sehat. Jalan yang macet dan tekanan pekerjaan di kantor membuat Anda rentan terkena stres. Padahal, stres juga dapat membuat Anda rentan terkena penyakit.

Kerja lembur hingga malam secara terus-menerus, belum lagi pola makan yang sembarangan dan kurangnya waktu untuk berolahraga dan beristirahat.

Stres, pola makan tidak sehat, jarang olahraga, dan kurang waktu istirahat merupakan rumus ampuh untuk Anda mati muda, kalau beruntung paling juga masuk ICU.

Nah, untuk itu mulai sekarang hindari pola hidup yang demikian. Ingatlah untuk menjaga kesehatan, karena kesehatan juga bentuk investasi Anda untuk masa tua. Semakin Anda sehat, semakin kecil pula risiko Anda mengeluarkan biaya tambahan untuk berobat.


7. Perbanyak Sedekah

Inilah rahasia sukses keuangan yang cukup ampuh, perbanyak sedekah. Banyak ditunjukkan oleh berbagai studi empirik bahwa orang kaya ternyata memang rajin memberi.

Gambaran alurnya seperti ini:
- Rajin memberi dan berbagi ternyata membuat seseorang menjadi lebih bahagia.
- Dibuktikan oleh riset kalau orang yang bahagia akan jadi lebih produktif.
- Orang yang produktif akan mendapatkan uang lebih banyak.


Demikianlah artikel kami tentang beberapa cara dramatis untuk mengubah kondisi finansial keluarga Anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: 
strategimanajemen.net/2015/05/11/7-keputusan-kunci-yang-secara-dramatis-akan-mengubah-kehidupan-finansial-anda


Related Posts

Cara Dramatis Untuk Memperbaiki Kondisi Finansial Anda
4/ 5
Oleh