Fungsi dan Manfaat Koperasi Sekolah Bagi Siswa

Fungsi dan Manfaat Koperasi Sekolah Bagi Siswa
Koperasi sekolah merupakan salah satu perwujudan dari sifat kekeluargaan dan gotong royong. Sebab, pada dasarnya koperasi sekolah dibuat dengan tujuan untuk saling membantu antar anggotanya.

Di sinilah kekuatan dari koperasi yang membuatnya tetap bertahan dan membantu roda perekonomian. Meski dalam lingkup kecil, koperasi telah teruji mampu bertahan dari terpaan badai krisis yang pernah melanda Indonesia.

Bahkan, penerapan investasi pada skala kecil juga bisa diterapkan pada koperasi. Hal ini dapat menjadi jalan sebagai pengenalan dalam wirausaha sejak dini kepada para siswa.

Baca juga: Pentingnya Administrasi Keuangan Dan Tata Laksana Sekolah yang Cermat

Berikut ini merupakan manfaat dari adanya koperasi sekolah yang akan kami bagikan kepada Anda semua.


1. Gotong Royong dan Saling Membantu dalam Memenuhi Kebutuhan

Landasan dan fungsi utama koperasi adalah saling membantu dan gotong royong. Koperasi sekolah biasanya ditopang dengan berbagai barang kebutuhan alat tulis dan segala macam kebutuhan sekolah.

Selain itu juga menyediakan pembelian seragam hingga makanan ringan. Pada akhirnya, para anggota dapat terpenuhi kebutuhan kesehariannya di sekolah, dan laba juga dihasilkan oleh pihak koperasi dari hasil penjualannya.


2. Pengenalan Terkait Dunia Bisnis

Dengan adanya koperasi sekolah, para siswa akan mulai mengenal secara riill tentang dunia bisnis. Di dalamnya akan terjadi berbagai aktivitas ekonomi, di antaranya ialah cara mengelola persediaan barang dagang, pengelolaan keuangan, pelayanan terhadap pelanggan, dan sebagainya.

Keuntungan yang diperoleh dari koperasi nantinya akan digunakan untuk kemakmuran para anggotanya.


3. Melatih Kedisiplinan dan Tanggung Jawab

Dalam koperasi, biasanya ada iuran wajib yang harus dibayarkan oleh para anggota, dari hal sederhana ini akan menumbuhkan sikap disiplin dalam diri para anggota.

Selain itu, dalam pelayanan dan penjagaan koperasi biasanya dibuat jadwal secara bergantian sehingga para anggota memiliki tanggung jawab yang merata dalam pengelolaannya.

Jadwal yang telah disusun tersebut harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan disiplin oleh para anggota atau siswa.

Dalam koperasi terdapat struktur kepengurusan yang mana para anggota juga turut andil dan berperan aktif dalam pengelolaannya.

Misalnya, pada posisi sekretaris akan bertanggung jawab dalam pencatatan dan administrasi, sedangkan posisi bendahara memiliki tanggung jawab dalam pengelolaan keuangan, dan sebagainya.


4. Melatih Kemampuan dan Sikap untuk Saling Bekerja Sama

Dalam berorganisasi khususnya pada koperasi sekolah, para pengurus dan anggota diharapkan bisa saling bekerja sama untuk memajukan koperasi. Hal ini sangat bermanfaat dalam melatih kemampuan kerja sama tim bagi para siswa.


5. Belajar Mengelola Suatu Usaha

Bagi para siswa, mengelola koperasi memang bukan hal mudah. Namun, hal ini sebagai pembelajaran dalam pengelolaan sebuah usaha bagi siswa.

Seperti kita ketahui dalam belajar berwirausaha tidaklah cukup hanya dengan belajar melalui teori, tapi juga dibutuhkan praktik secara langsung agar seseorang dapat memahami bagaimana suka duka dalam mengelola usaha.


6. Membiasakan Para Siswa Untuk Gemar Menabung

Menabung di koperasi bisa dibilang sebagai salah satu wujud tabungan yang bersifat investasi. Namun, anak usia sekolah tentu lebih senang jajan ketimbang menabung.

Di sinilah fungsi dari adanya tabungan koperasi yang akan membentuk kebiasaan gemar menabung bagi para siswa.


7. Melatih Kemampuan dan Keterampilan Dalam Bekerja

Dunia kerja sekarang ini lebih melihat seseorang dari skill dan keterampilan bekerjanya dalam perekrutan karyawan. Jadi, untuk dapat sukses di dunia kerja yang dibutuhkan tidak hanya sekadar pintar saja.

Koperasi sekolah dapat menjadi media bagi para siswa dalam melatih keterampilan ketika mereka nanti terjun ke dunia kerja.

Banyak pembelajaran yang bisa didapatkan oleh para siswa, seperti pelayanan kepada pelanggan, pengelolaan barang dagang, pencatatan keuangan, dan sebagainya.


Itulah 7 manfaat yang bisa didapatkan siswa dari adanya koperasi sekolah. Tidak hanya bermanfaat bagi siswa, tapi juga untuk para guru, staf tata usaha, dan semua orang yang berada lingkungan sekolah.

Sumber:
http://manfaat.co.id/manfaat-koperasi-sekolah


Related Posts

Fungsi dan Manfaat Koperasi Sekolah Bagi Siswa
4/ 5
Oleh