Manfaat Pembangunan Ekonomi Bagi Masyarakat

Manfaat Pembangunan Ekonomi Bagi Masyarakat
Bagi masyarakat awam, mungkin mereka berpikir bahwa pembangunan ekonomi hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja.

Padahal, justru masyarakatlah yang memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi di Negara ini.

Pembangunan ekonomi berkaitan erat dengan pertumbuhan ekonomi. Pembangunan ekonomi yang meningkat sangat dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi yang meningkat pula.

Jadi, modal dalam pembangunan ekonomi adalah adanya pertumbuhan ekonomi sesuai dengan yang diharapkan.

Baca juga: Peran Pemerintah Dalam Perekonomian Negara

Pengertian dari pembangunan ekonomi adalah suatu proses dari naiknya pendapatan perkapita dengan perbandingan terhadap penambahan jumlah penduduk serta faktor fundamental lainnya.

Beberapa manfaat dari pembangunan ekonomi bagi masyarakat dan Negara antara lain:


1. Melancarkan Kegiatan Perekonomian

Kelancaran kegiatan ekonomi dipengaruhi oleh pembangunan ekonomi dalam suatu Negara. Bila pembangunan ekonomi tumbuh pesat, maka kegiatan perekonomian di dalamnya pun juga akan berjalan dengan lancar.


2. Tersedianya Banyak Lapangan Pekerjaan

Pembangunan ekonomi yang pesat dan berkembang akan menggerakkan berbagai sektor pembangunan, khususnya di bidang industri.

Pembangunan ekonomi yang meningkat akan membuat sektor industri membutuhkan banyak karyawan sehingga akan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan dan mengurangi jumlah pengangguran.


3. Meningkatnya Kesejahteraan Masyarakat

Pembangunan ekonomi yang tinggi akan mengurangi jumlah pengangguran sehingga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.


4. Penghasilan Masyarakat Lebih Memadai

Pembangunan ekonomi yang pesat akan masyarakat memiliki penghasilan yang memadai. Lapangan kerja menjadi lebih banyak, para pekerja lebih memiliki pilihan untuk mencari pekerjaan yang memberikan penghasilan yang layak bagi diri dan keluarganya.


5. Perbaikan Di Bidang Pendidikan

Meningkatnya kesejahteraan masyarakat membuat mereka memiliki kemampuan lebih untuk membiayai pendidikan keluarga.

Setiap orang akan memiliki kesempatan dan kemampuan untuk dapat mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan anak-anak bisa menuntut ilmu pada sekolah-sekolah yang berkualitas baik.

Kesejahteraan dan pendidikan merupakan sebuah mata rantai yang saling berhubungan satu sama lain. Kualitas pendidikan yang baik, akan mensejahterakan masyarakat.

Begitu pula sebaliknya, kesejahteraan akan membuat masyarakat dapat meningkatkan taraf pendidikan menjadi lebih baik.

Ketika kesejahteraan masyarakat rendah, mereka akan lebih memikirkan cara agar bisa tetap makan dan bertahan hidup.

Sedangkan, kualitas pendidikan yang baik juga perlu ditunjang oleh berbagai fasilitas dan tenaga-tenaga pengajar yang baik.

Semua itu memerlukan biaya, dan biasanya semakin baik kualitas suatu instansi pendidikan, maka akan semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa bersekolah di tempat tersebut.


6. Meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia

Peningkatan kesejahteraan dan kualitas Sumber Daya Manusia dalam pembangunan ekonomi yang pesat akan juga meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia.

Pada bidang tertentu, keahlian masyarakat juga bisa lebih meningkat. Misalnya, pemerintah dapat mendatangkan tenaga ahli dari luar negeri yang nantinya akan menularkan ilmu dan pengalamannya kepada tenaga-tenaga ahli di Negara kita.


7. Memudahkan Masyarakat Ikut Serta dalam Pembangunan di Segala Bidang

Adanya pembangunan ekonomi yang pesat akan memberikan kesempatan lebih besar kepada masyarakat untuk turut serta dalam pembangunan di segala bidang. Partisipasi masyarakat memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu Negara.


8. Peningkatan Pendapatan Nasional

Meningkatnya pembangunan ekonomi akan menggerakkan sektor industri, akan ada lebih banyak industri yang bermunculan.

Hal ini akan memberikan pemasukkan lebih besar di sektor pajak sehingga pendapatan Negara pun akan semakin meningkat.


9. Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah akan Meningkat

Banyak masyarakat yang pesimis terhadap pemerintah ketika pembangunan ekonomi berjalan lambat. Kepercayaan masyarakat kepada pemerintah pun akan semakin berkurang, dan akan berpengaruh pada stabilitas politik di suatu Negara.

Dengan pembangunan ekonomi yang terus bertumbuh akan membuat masyarakat makin percaya kepada pemerintah, dan mendukung setiap program maupun kebijakannya yang diyakini dapat membawa kemajuan bersama.


10. Melengkapi Berbagai Fasilitas Publik

Berbagai fasilitas publik yang dibutuhkan oleh masyarakat pun menjadi lebih terpenuhi ketika pembangunan ekonomi berlangsung dengan baik. Masyarakat menjadi lebih nyaman karena penataan fasilitas yang baik oleh pemerintah.


11. Meningkatkan Kepercayaan Investor Domestik dan Asing

Sebuah Negara akan semakin dipercaya oleh para investor ketika pembangunan ekonominya berjalan dengan baik.

Investor baik domestik maupun asing akan makin berlomba-lomba untuk ikut menanamkan modalnya di berbagai sektor industri yang ada.


12. Memperkuat Posisi Negara di Mata Internasional

Pesatnya pembangunan ekonomi dalam suatu Negara akan membuat Negara tersebut makin diperhitungkan di mata dunia.

Negara lain akan melihat bahwa Negara kita memiliki kemauan keras dan kemampuan yang tinggi dalam menata pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Kerjasama diplomatik pun akan semakin mudah dilakukan, dan setiap kebijakan luar negeri dari Negara kita akan memiliki pengaruh yang kuat secara global.


13. Teknologi akan Berkembang Dengan Pesat

Pembangunan ekonomi yang pesat akan mendorong sektor industri untuk dapat berkembang lebih baik. Hal ini akan menciptakan iklim inovasi yang tiada henti sehingga teknologi dapat berkembang dengan pesat.


Nah, itulah beragam manfaat dari adanya pembangunan ekonomi yang berjalan dengan baik di suatu Negara. Semoga artikel ini bermanfaat juga untuk para pembaca.

Sumber:
http://manfaat.co.id/manfaat-pembangunan-ekonomi


Related Posts

Manfaat Pembangunan Ekonomi Bagi Masyarakat
4/ 5
Oleh