5 Tips Mengelola Keuangan untuk Orangtua Tunggal

5 Tips Mengelola Keuangan untuk Orangtua Tunggal
Sebenarnya, tujuan dari perencanaan keuangan untuk orangtua tunggal tidaklah jauh berbeda dengan perencanaan keuangan orangtua berpasangan.

Perbedaannya terletak pada sisi tantangan, sebab pada orangtua tunggal kemungkinan hanya ada satu saja pencari nafkah.

Orangtua tunggal harus mampu memprioritaskan sumber daya keuangan untuk membiayai kebutuhan pokok, pendidikan, perumahan, serta perencanaan masa pensiun sekaligus.

Oleh karena itu, para orangtua tunggal baik pria maupun wanita harus pintar dan cermat dalam mengelola keuangan.

Baca juga: Waspadalah, Terhadap Sinyal-sinyal Kebangkrutan

Berikut ini kami akan berbagi tips bagaimana melakukan perencanaan keuangan untuk orangtua tunggal. Simak penjelasannya di bawah ini!


1. Prioritas Pada Tabungan Pendidikan Anak

Ketika kebutuhan pokok, tagihan listrik, air, dan kebutuhan rumah tangga lain telah terpenuhi, memprioritaskan tabungan pendidikan anak merupakan hal penting selanjutnya untuk dilakukan.

Anda bisa menggunakan program tabungan pendidikan terdaftar yang memiliki potensi pertumbuhan melalui bunga atau kenaikan nilai pasar, serta memberikan pengembalian instan pada investasi.


2. Investasikan Uang Anda Sedini Mungkin

Pendapatan yang sangat ketat bagi orangtua tunggal mengharuskan Anda untuk menginvestasikan uang sedini mungkin. Diawali dengan program tabungan pendidikan, setelah itu baru mengivestasikan biaya untuk saham.

Hal ini sebagai persiapan terhadap kondisi darurat, misalnya terjadi sesuatu dengan diri Anda. Tentunya setiap orangtua tidak ingin anaknya terbebani dengan semua kebutuhan hidup ketika terjadi sesuatu dengan diri Anda.


3. Keharusan Mempunyai Asuransi

Sebagai orangtua tunggal, penting sekali untuk Anda memiliki pengacara dan asuransi. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila Anda jatuh sakit atau terjadi sesuatu yang mengakibatkan kecacatan. Oleh sebab itu, Asuransi jiwa merupakan keharusan untuk Anda miliki.


4. Rencanakan Masa Pensiun Anda

Perencanaan masa pensiun juga perlu dilakukan oleh orangtua tunggal, berdasarkan apapun yang tersisa setelah kontribusi pembayaran asuransi dan hipotek.

Anda harus bisa memberdayakan semua sumber keuangan yang ada, termasuk juga uang yang ditanamkan pada sejumlah lahan investasi baik berupa saham maupun obligasi.


5. Pegang Kendali Pada Anggaran Pengeluaran

Penganggaran merupakan hal yang mutlak untuk semua orang dalam merencanakan keuangan. Terutama bagi orangtua tunggal yang hanya memiliki ruang gerak keuangan relatif sempit.

Berpegang teguh pada rencana keuangan yang telah Anda anggarkan. Utamakan penggunaan uang untuk tujuan jangka panjang, bukan pada kepuasaan sesaat.

Sumber:
http://nuri-prudential.blogspot.co.id/2012/07/perencanaan-keuangan-untuk-orang-tua.html


Related Posts

5 Tips Mengelola Keuangan untuk Orangtua Tunggal
4/ 5
Oleh