Berkendara Motor di Libur Akhir Tahun yang Aman & Nyaman

Tips Carmudi: Berkendara Sepeda Motor Ketika Masa Liburan

Jakarta, 8 Desember 2015 — Tidak terasa kita sudah memasuki akhir tahun yang mana bagi sebagian masyarakat hal ini berarti waktu yang tepat untuk berlibur.

Tips Carmudi: Berkendara Sepeda Motor Ketika Masa Liburan
Bagi yang ingin berlibur ke tempat-tempat wisata terdekat, sepeda motor dapat menjadi pilihan moda transportasi yang tepat.

Carmudi sebagai platform jual beli kendaraan yang peduli dengan keselamatan berkendara memberikan tips-tips bagaimana berlibur menggunakan sepeda motor dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dengan keluarga.


1) Kenali Fungsi Sepeda Motor sebagai Moda Transportasi

Sepeda motor merupakan moda transportasi yang efektif untuk jarak tempuh kurang dari 200 kilometer. Untuk kondisi tersebut, sepeda motor hanya boleh dimuati oleh dua orang dewasa dengan muatan tidak lebih dari 30 kilogram. Sepeda motor harus dalam kondisi prima untuk menghindari kerusakan yang terjadi sepanjang perjalanan.


2) Gunakan Atribut Berkendara Lengkap

Untuk menempuh jarak maksimal hingga 200 kilometer, Anda sebaiknya memakai perlengkapan standar keselamatan, seperti helm full face, masker penahan debu, jaket kulit. Selain itu, Anda perlu membawa jas hujan mengingat sekarang sudah memasuki musim hujan.

Atribut berkendara ini sangat penting untuk keamanan dan kenyamanan berkendara mengingat tingginya angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor di Indonesia, yaitu sebesar 71% dari total kecelakaan.


3) Istirahat yang cukup dan konsentrasi

Setiap menempuh maksimal 2 jam perjalanan, Anda harus beristirahat 15 menit. Istirahat ini sangat penting untuk menghindari kelelahan, dehidrasi, mengantuk, serta penting untuk kembali meningkatkan konsentrasi.

Komisi Perhubungan Dewan Perwakilan Rakyat menyatakan bahwa konsentrasi yang dibutuhkan pengendara sepeda motor adalah lima kali lipat lebih besar dibanding dengan pengendara mobil.

Apabila Anda berkendara di malam hari, tingkat konsentrasi yang diperlukan 2 kali lipat dibandingkan berkendara di siang hari karena tingkat kecelakaan di malam hari lebih tinggi (13,4%) dibandingkan di siang hari (10,3%).


4) Jangan Gunakan Smartphone Selagi Berkendara dan patuhi aturan lalu lintas

Hal yang paling berbahaya yang sering dilanggar pengendara sepeda motor adalah menggunakan telepon genggam ketika berkendara.

Hal yang paling umum ditemukan adalah menelepon dan juga mendengarkan musik menggunakan earphone ketika berkendara.

Kedua hal ini sangat berbahaya karena mengurangi tingkat konsentrasi dan membuat Anda tidak awas dengan lingkungan sekitar. Apabila memang harus menggunakan telepon genggam, menepilah di tempat yang aman sehingga Anda terhindar dari potensi kecelakaan.


5) Posisi Badan yang Tepat

Badan tidak terlalu condong kedepan dan rileks agar mendapatkan keseimbangan yang sempurna. Seluruh jari menggenggam setang ketika berkendara dengan kecepatan stabil, beberapa jari hanya boleh ditempatkan di tuas rem dan kopling bila ingin mengerem dan mengganti gigi.

Untuk sepeda motor otomatis, seluruh kaki berada di deck, dan posisi paha, lutut, dan kaki sejajar tidak keluar dari deck.

Untuk sepeda motor sport, posisi paha menjepit tangki bensin. Posisi badan yang benar ini sangat penting karena mempengaruhi kontrol keseimbangan pada sepeda motor.


6) Ride and Enjoy! 

Ingat, tujuan utama Anda adalah berlibur. Tidak usah terburu-buru sampai ketujuan hingga mengabaikan keselamatan.

Nikmati perjalanan Anda bersama keluarga, berkendaralah dengan santai dan nyaman.
“Popularitas sepeda motor di Negara ini sangat tinggi dan masih menjadi pilihan transportasi utama masyarakat terutama di perkotaan, bahkan untuk keperluan berlibur.

Tingginya popularitas tersebut tidak diiringi kesadaran dan kemampuan berkendara yang baik sehingga tidak mengherankan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor masih sangat tinggi di Indonesia.

Memasuki masa liburan akhir tahun ini, Carmudi berharap masyarakat yang menggunakan sepeda motor untuk berlibur ke tempat wisata bijak dalam berkendara sehingga terhindar dari kecelakaan dan dapat menikmati liburan akhir tahun yang menyenangkan bersama keluarga dan orang-orang tersayang.”, pungkas Gunnar Rentzsch, Co-Founder Carmudi Indonesia.


Tentang Carmudi

Carmudi didirikan pada tahun 2013 dan saat ini beroperasi tersebar di Bangladesh, Kamerun, Ghana, Indonesia, Pantai Gading, Meksiko, Myanmar, Nigeria, Pakistan, Filipina, Qatar, Rwanda, Arab Saudi, Senegal, Sri Lanka, Uni Emirat Arab, Congo, Tanzania, Vietnam, dan Zambia. Pasar kendaraan menawarkan pembeli, penjual dan diler mobil ini masuk ke pasar Indonesia sejak Januari 2014 melalui www.carmudi.co.id dan sejak itu menjadi platform yang ideal untuk menemukan mobil, sepeda motor dan kendaraan komersial secara online.


Untuk informasi lebih lanjut:

Puji Agung Budiman - Public Relations Manager
puji.agung@carmudi.co.id
No. Telp: (+62) 878 8911 7995
Whatsapp: (+62) 812 8520 1714


Related Posts

Berkendara Motor di Libur Akhir Tahun yang Aman & Nyaman
4/ 5
Oleh