Tips Tetap Sehat Bagi Pekerja Malam

Tips Tetap Sehat Bagi Pekerja Malam
Ada banyak pekerjaan di zaman sekarang yang mengharuskan seseorang untuk bekerja pada malam hari.

Padahal, bekerja di malam hari bila berlangsung terus menerus dan dalam jangka waktu panjang akan berbahaya bagi kesehatan Anda, sebab banyak ketidaksesuaian dengan jam biologis manusia.

Sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa karyawan yang kerap bekerja selama 3 malam atau lebih berisiko menderita penyakit diabetes tipe 2.

Biasanya risiko tersebut disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat seperti konsumsi makanan-makanan dengan kalori tinggi ketika sedang bekerja.

Baca juga: 4 Tips Tetap Sehat Meski Sering Lembur Kerja

Nah, berikut ini kami akan berbagi mengenai tips agar terhindar dari berbagai bahaya kesehatan ketika sering bekerja di malam hari.


1. Jaga Pola Makan

Bagi pekerja malam, dianjurkan agar menjaga pola makan yang dikonsumsi. Upayakan hanya mengasup makanan yang sehat seperti sayur serta buah dan makanan lainnya yang mengadung nutrisi tinggi.


2. Kurangi Konsumsi Kafein

Kafein memang sering digunakan sebagai senjata bagi para pekerja malam untuk melawan kantuk. Namun, disarankan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Sebab, tubuh Anda akan mengalami dehidrasi apabila terlalu banyak mengkonsumsi kafein.


3. Perbanyak Air Putih

Rutin mengkonsumsi air putih setiap hari sangat baik bagi Anda yang melakukan aktivitas pekerjaan di malam hari. Sebab, air putih dapat memperlancar metabolisme sehingga kekebalan tubuh Anda akan tetap stabil.


4. Hindari Makan Gorengan

Gorengan dapat membuat kinerja proses pencernaan lebih lambat dan membuat tubuh menjadi cepat lelah.

Makanan-makanan yang mengandung minyak juga tidak baik untuk kesehatan jantung, jadi sebaiknya memang dihindari.


5. Perbanyak Gerak Tubuh

Sesekali gunakan waktu luang Anda untuk berjalan keliling tempat kerja, jadi jangan biarkan tubuh duduk dalam waktu lama. Memperbanyak gerak selain dapat mengurangi kantuk juga dapat menyegarkan kembali pikiran.


6. Hindari mengkonsumsi Minuman Berenergi

Minuman-minuman berenergi memiliki kandungan gula dan kafein yang tinggi, sehingga tidak sehat bila terlalu sering dikonsumsi.


7. Tidurlah Walau Sebentar

Agar kondisi tubuh tetap fit dan segar, tidurlah walau sebentar bila memang memungkinkan. Mayoritas pekerja malam mengalami kondisi kurang tidur sehingga membuat tubuh gampang terserang penyakit.


Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar kondisi tubuh tetap terjaga walau harus menjadi pekerja malam. Semoga bermanfaat.

Sumber:
http://jendelasehatq.blogspot.co.id/2015/11/tips-sehat-untuk-orang-yang-bekerja.html


Related Posts

Tips Tetap Sehat Bagi Pekerja Malam
4/ 5
Oleh