3 Hal Yang Menyebabkan Wanita Lebih Mudah Terkena Osteoporosis

3 Hal Yang Menyebabkan Wanita Lebih Mudah Terkena Osteoporosis
Osteoporosis sering diidentikkan dengan penyakit yang berkaitan dengan tulang pada usia lanjut.

Namun, osteoporosis saat ini juga dapat dialami oleh anak – anak dan juga remaja. Osteoporosis disebabkan karena tulang mengalami kekurangan kalsium akibat usia yang semakin bertambah.

Osteoporosis yang semakin parah dapat menyebabkan penderitanya menjadi lumpuh. Sehingga, pencegahan sejak dini sangat lah penting untuk dilakukan mengingat saat ini telah ditemukan kasus osteoporosis yang terjadi pada usia muda.

Baca juga: 4 Tips Mencegah Osteoporosis di Usia Muda

Osteoporosis pada usia muda atau yang dikenal dengan osteoporosis primer ini terjadi pada usia kurang dari 30 tahun dan biasanya disebabkan karena gangguan medis maupun obat–obatan yang mampu mengikis kalsium di dalam tulang secara lebih cepat.

Penyakit osteoporosis pada usia remaja harus ditangani secara lebih serius karena dapat menimbulkan masalah bagi tubuh penderitanya. Osteoporosis pada wanita dipicu karena perubahan hormon estrogen.

Osteoporosis postmenopausal seringkali dialami oleh wanita yang berusia 51 – 57 tahun. Namun, dapat dialami pada usia yang lebih muda jika kebutuhan kalsium serta vitamin D tidak terpenuhi.

Berikut ini merupakan beberapa faktor yang mengakibatkan wanita menjadi lebih rentan untuk terkena penyakit osteoporosis:


1. Struktur Tulang

Massa tulang wanita 30 persen lebih sedikit dari laki – laki sehingga rentan untuk terkena penyakit osteoporosis.

Wanita yang mempunyai ukuran tulang lebih kecil juga mampu meningkatkan resiko terjadinya penyakit osteoporosis jika dibandingkan dengan wanita dengan postur tubuh serta berat badan yang lebih besar.


2. Usia

Bertambahnya usia membuat masa tulang semakin menurun secara alami sehingga kesehatan tulang menjadi lebih terancam.

Puncak masa tulang yang tercapai ialah pada wanita berusia 25 hingga 30 tahun. Sementara pada wanita yang berusia lebih dari 50 tahun, maka resiko untuk terkena penyakit osteoporosis menjadi semakin lebih besar.


3. Menopause

Saat usia menopause, wanita akan lebih rentan untuk terkena penyakit osteoporosis akibat hormon estrogen yang semakin berkurang sehingga penyakit tulang menjadi semakin meningkat.

Salah satu kuncinya yakni dengan menjaga pola makan yang seimbang serta menjalani pola hidup yang sehat.

Faktor yang juga menyebabkan wanita menjadi lebih rentan untuk terkena penyakit osteoporosis ialah adanya penyakit yang berkaitan dengan tulang.

Untuk mencegah terjadinya osteoporosis, Anda dapat menerapkan gaya hidup sehat dengan berjalan kaki serta mencukupi kebutuhan vitamin D dan kalsium setiap harinya.


Related Posts

3 Hal Yang Menyebabkan Wanita Lebih Mudah Terkena Osteoporosis
4/ 5
Oleh