5 Cara Jitu Mempromosikan Produk Afiliasi Melalui Media Online

5 Cara Jitu Mempromosikan Produk Afiliasi Melalui Media Online
Di bidang pemasaran, ada yang namanya istilah pemasaran afiliasi atau affiliate marketing. Afiliasi merupakan bentuk pemasaran yang mereferensikan produk orang lain kepada calon konsumen melalui media online.

Ketika konsumen membeli produk yang kita rekomendasikan, maka Anda sebagai orang yang merekomendasikan produk tersebut akan memperoleh komisi penjualan sesuai dengan yang dijanjikan si pemilik produk.

Baca juga: Gebyar Industri e-Commerce Indonesia di Tahun 2015

Besarnya komisi penjualan yang diberikan bisa berbeda antara masing-masing penjual. Biasanya antara 10 ribu bahkan hingga 1 juta rupiah per produk.


Cara Kerja Pemasaran Afiliasi

Hampir sebagian besar bisnis online sekarang ini menawarkan program afiliasi melalui internet, salah satunya ialah perusahaan e-commerce raksasa seperti e-Bay ataupun Amazon.

Apabila Anda mempunyai situs yang ada kaitannya dengan produk yang dijual pada program afiliasi, Anda bisa bergabung dengannya.

Sesudah pendaftaran dilakukan, Anda akan memperoleh ID afiliasi unik yang nantinya akan digunakan untuk mereferensikan produk dari program afiliasi tersebut.

Misalnya, Anda mempunyai situs web tentang fashion, dengan target pengunjung adalah orang-orang yang ingin mengetahui informasi seputar dunia fashion.

Bila ada pengunjung yang membeli produk fashion melalui tautan afiliasi yang Anda pasang di web, maka Anda akan mendapatkan komisi penjualan dari penyedia program afiliasi.

Program tersebut akan menguntungkan semua pihak. Pengunjung mendapatkan produk yang diinginkannya, pemilik bisnis memperoleh pelanggan baru, dan situs web yang mereferensikan pelanggan juga memperoleh komisi.


Cara Jitu Untuk Mempromosikan Produk Afiliasi di Web Anda

Berbisnis online di bidang afiliasi itu mudah dilakukan, namun untuk bisa sukses dalam memasarkan produk afiliasi membutuhkan kemampuan yang baik berdasarkan pengalaman dan eksperimen yang telah dilakukan.

Berikut kami akan berbagi mengenai cara-cara jitu dalam mempromosikan produk afiliasi di web Anda bila ingin sukses dalam bisnis ini.


1. Buat Artikel Review

Artikel review merupakan cara terbaik dalam mempromosikan produk afiliasi untuk saat ini. Sebelum membeli suatu produk, biasanya konsumen akan berusaha mencari tahu dulu mengenai produk yang akan dibelinya, karena mereka ingin dapat membeli produk asli yang sesuai dengan biaya pembelian.

Internet bisa dikatakan menjadi media favorit pilihan banyak orang saat ingin mengetahui informasi tentang suatu produk.

Ketika artikel review yang memperkenalkan informasi suatu produk kepada pengunjung membuat mereka terkesan, diperkirakan peluang pengunjung untuk menjadi afiliasi Anda sekitar 90 persen.

Dalam menulis review, pastikan bahwa yang Anda tulis benar-benar review yang objektif, bukan semata-mata hanya promosi produk.

Review yang jujur lebih mempunyai tingkat konversi yang tinggi. Namun, sebelumnya Anda harus mempunyai pengetahuan yang baik mengenai produk yang direview agar dapat menuliskan berbagai kelebihan maupun kekurangan dari semua produk yang Anda review.


2. Menulis Artikel How-to

Artikel how-to merupakan artikel yang menjelaskan tentang langkah-langkah maupun cara untuk melakukan sesuatu.

Misalnya, Anda mempunyai blog tentang teknik komputer dan sedang menulis artikel mengenai cara mengganti komponen yang rusak pada komputer.

Anda bisa menggunakan tautan afiliasi yang Anda miliki untuk merekomendasikan produk yang dibutuhkan dalam proses mengganti komponen komputer yang rusak tersebut.

Dengan begitu, Anda bisa meyakinkan pengunjung agar menggunakan tautan afiliasi Anda untuk membeli produk itu.


3. Memakai Iklan Banner Afiliasi

Sebenarnya ini merupakan strategi lama, namun bisa dikatakan masih bekerja dengan baik. Caranya ialah memasang iklan banner untuk promosi produk afiliasi Anda. Bisa diletakkan di sidebar, maupun di dalam artikel.

Buatlah spanduk iklan dengan gambar yang menarik agar perhatian pengunjung dapat beralih ke banner tersebut. Pastikan pula produk afiliasi yang Anda promosikan berkaitan dengan topik yang ada pada web/blog Anda.

Namun, Anda juga harus memperhatikan jumlah banner yang terpasang pada web/blog. Sebaiknya jangan terlalu banyak, karena akan membuat loading web Anda menjadi lama dan kebanyakan pengunjung pun sudah mulai jengah dengan web-web yang menampilkan banner iklan terlalu banyak.


4. Gunakan Featured Post

Featured post merupakan artikel yang ditonjolkan pada halaman utama blog Anda. Widget seperti ini memiliki kemungkinan besar untuk menarik perhatian pengunjung.

Tampilkan featured post yang terdapat link afiliasi pada artikel tersebut. Jadi, ketika pengunjung membacanya mereka akan ikut terpancing untuk melihat produk afiliasi yang Anda promosikan.


5. Pakailah Diskon dan Kupon

Bila Anda mengunjungi situs web kupon, Anda diharuskan mengklik sebuah link untuk dapat membuka kupon tersebut.

Saat link tersebut diklik, maka akan terbuka tab baru dan membawa Anda ke situs penjual, dan mereka akan memasang cookie pada browser Anda.

Jadi, meskipun calon konsumen yang tadinya telah berkunjung ke web Anda tidak membeli produknya, situs web tetap akan mendapatkan komisi, dengan catatan calon konsumen tadi membeli produk dalam waktu 48 jam (walaupun tidak membeli lewat web Anda), karena cookie akan hilang bila sudah lewat 48 jam.


Nah, demikianlah kelima cara jitu dalam mempromosikan produk afiliasi di web Anda. Bagi para publisher Google Adsense mungkin ada yang bertanya-tanya apakah menggunakan tautan afiliasi dengan iklan Google Adsense pada web yang sama akan menimbulkan masalah bagi akun Adsense-nya.

Sebenarnya tidak menjadi masalah, hanya saja tautan afiliasi yang Anda pasang sebaiknya jangan terlalu berlebihan, sebab Google tidak menyukai tautan untuk promosi yang berlebihan.

Selamat mencoba!

Sumber:
subiz.com/blog/cara-cara-terbaik-untuk-mempromosikan-produk-afiliasi-di-blog-anda-panduan-pemula.html


Related Posts

5 Cara Jitu Mempromosikan Produk Afiliasi Melalui Media Online
4/ 5
Oleh

2 komentar

11 November 2016 12.28 delete

cukup mendalam ulasannya sobat, ijin untuk praktek

Reply
avatar
22 November 2016 18.25 delete

Terima kasih banyak infonya
Salam persahabatan dari resep kita bersama
Blog resep masakan

Reply
avatar