7 Langkah Mudah Meningkatkan Trafik Blog

7 Langkah Mudah Meningkatkan Trafik Blog
Sukses tidaknya sebuah blog ditentukan oleh jumlah lalu lintas (trafik) pengunjung yang datang dan datang kembali ke blog tersebut.

Semakin besar jumlah pengunjung suatu blog, tentunya akan semakin besar pula kemungkinan pendapatan yang bisa diperoleh.

Namun, memang bukan hal mudah untuk meningkatkan pengunjung blog. Ditambah lagi banyaknya pesaing yang juga memiliki berbagai strategi jitu dalam menjaring visitor ke blog mereka.

Namun, daripada kita pusing mikirin pesaing, mending kita fokus untuk mengoptimalkan blog agar ramah dan disukai pembaca.

Baca juga: 17 Cara Mendatangkan Pengunjung Potensial Ke Toko Online Anda

Berikut ini kami akan berbagi kepada Anda mengenai 7 langkah simpel dalam meningkatkan trafik ke blog Anda.


1. Perbaiki Kecepatan Loading Blog

Kecepatan blog Anda mungkin perlu untuk dievaluasi, caranya dengan menggunakan tools yang tersedia di beberapa website seperti google speed test, gt metrix, dan lain-lain.

Bila angka yang ditunjukkan oleh tools speed test blog tersebut berwarna merah, maka kecepatan blog Anda masih cukup lambat. Cari penyebabnya, apakah dari hosting, widget, gambar, atau yang lainnya.

Usahakan agar angka yang ditunjukkan tools speed test blog berwarna hijau, atau paling tidak berubah menjadi kuning. Kecepatan blog sangat berpengaruh pada peringkat blog pada mesin pencari (google, bing, etc).

Selain itu pengunjung juga pasti mengharapkan blog Anda terbuka dengan cepat, kalau tidak biasanya mereka akan ‘close’ blog tersebut dan pindah ke blog lainnya, hal inilah yang akan mengurangi kualitas blog kita di mata mesin pencari.


2. Buat Posting yang Berkualitas dan Bermanfaat Untuk Pembaca

“Content is the king” begitulah kiranya para pakar SEO banyak yang bersepakat. Selalu membuat posting yang berkualitas merupakan cara terbaik agar trafik blog Anda dapat meningkat jumlah pengunjungnya.

Tidak usah terlalu pusing memikirkan seperti apa posting yang berkualitas itu. Cara paling mudah ialah dengan membuat posting berdasarkan pengalaman yang pernah Anda alami.

Bila blog Anda memiliki niche tentang pengembangan diri, maka buatlah posting tentang bagaimana Anda bisa sukses dalam manajemen waktu.

Atau sebaliknya, Anda bisa buat posting mengenai alasan apa saja yang membuat Anda sulit untuk tepat waktu dan sering menunda pekerjaan.

Banyak hal yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk menulis, seperti pengalaman pribadi, hal menarik di sekitar Anda, atau bisa juga dari pengalaman yang pernah Anda dengar dari teman, keluarga, guru/dosen, maupun atasan tempat Anda bekerja.


3. Beri Sentuhan Judul Posting yang Menarik

Biasanya, dengan judul yang menarik maka akan membuat orang penasaran untuk berkunjung ke blog kita. Posting yang berkualitas pun harus didukung oleh judul yang menarik.


4. Pertimbangkan Jumlah Pesaing Pada Keyword Postingan Blog Anda

Disarankan bagi Anda yang ingin meningkatkan pengunjung blog, gunakanlah keyword pada judul dengna long tail keyword (LTK). Kata kunci ini biasanya terdiri lebih dari tiga suku kata.

Meski pencairannya tidak terlalu banyak, tapi peluang blog Anda masuk halaman 1 pada mesin pencari akan lebih besar.


5. Jalin Komunikasi Dengan Pengunjung

Berinteraksi dan menjalin komunikasi dengan pengunjung blog Anda akan sangat bermanfaat bagi peningkatan trafik blog. Rajinlah membalas komentar dan email dari pengunjung.

Interaksi yang baik dengan para pembaca akan membuat mereka senang dan kembali lagi ke blog Anda, bahkan merekomendasikan blog Anda kepada orang lain.

Bukan tidak mungkin cara ini bisa menjadi strategi jitu dalam menjaring pengunjung lebih banyak lagi.


6. Promosikan Postingan di Media Sosial

Bila Anda memiliki akun di media sosial seperti Google+, Facebook, atau Twitter, manfaatkan akun tersebut untuk media promosi postingan blog Anda.

Mempromosikan blog di media sosial bisa menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan pengunjung ke blog Anda.


7. Rajin Berkomentar di Blog Lain

Istilah blogwalking merupakan cara saling kunjung dengan meninggalkan link pada komentar di blog orang lain.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan blogwalking agar dapat meningkatkan pengunjung ke blog Anda, antara lain:
- Berikan komentar berkualitas sesuai dengan topic informasi pada blog yang Anda kunjungi.
- Jangan meninggalkan link aktif pada komentar blog, karena bisa dianggap spam dan justru mengurangi peringkat Anda di mesin pencari.
- Tinggalkan link Anda pada kolom yang tersedia atau menuliskannya pada kotak komentar, namun jangan direct link.
- Pastikan blog yang Anda komentari adalah blog yang juga ramai pengunjungnya agar ada lebih banyak orang yang membaca komentar Anda dan tertarik untuk berkunjung ke blog Anda.


Nah, itulah ketujuh cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan trafik atau pengunjung ke blog Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat Anda tetap semangat dalam membangun blog.

Sumber:
http://www.blogodolar.com/cara-meningkatkan-pengunjung-blog/


Related Posts

7 Langkah Mudah Meningkatkan Trafik Blog
4/ 5
Oleh