8 Trik Penting Smartphone Android Yang Perlu Anda Ketahui

8 Trik Penting Smartphone Android Yang Perlu Anda Ketahui
Kompleksnya pengoperasian smartphone Android kadang kala membuat pengguna baru agak kebingungan saat menggunakannya, terutama kalangan orang tua yang mungkin terlambat dalam mengikuti perkembangan teknologi.

Namun, dari kompleksnya sistem tersebut terdapat trik-trik yang bisa diterapkan agar memudahkan Anda dalam aktivitas serhari-hari saat menggunakan smartphone berbasis Android.

Berikut ini adalah beberapa trik penting yang perlu untuk Anda ketahui agar penggunaan smartphone Android menjadi lebih mudah.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Tentang Pertarungan Android vs iPhone


1. Menampilkan Beberapa Kontak Pada Homescreen

Ketika Anda sering menelpon salah satu kontak, tentunya agak merepotkan jika Anda harus bolak-balik mencari kontak tersebut di phonebook. Nah, ada cara mudah agar hal itu jadi lebih praktis.

Letakkan saja kontak orangtua, keluarga, maupun teman yang sering ditelepon pada homescreen Android Anda.

Caranya, pilih widget kontak yang tersedia di HP Anda, lalu tentukan kontak yang hendak dibuat shortcut pada homescreen. Jadi, ketika sewaktu-waktu ingin meneleponnya dengan cepat, tinggal klik shortcut tersebut.


2. Melihat Notifikasi Tanpa Membuka Kunci Layar

Ketika ada sms maupun pesan masuk dari social media, Android membolehkan penggunanya untuk melihat notifikasi tanpa harus membuka kunci tombol atau layar dengan cara swap ke bawah bagian atas HP Anda.

Dengan begitu, Anda tidak harus membuka kunci layar untuk melihat apa saja notifikasi yang masuk. Jika Anda ingin membaca notifikasi secara lengkap barulah buka kunci layar smartphone Anda.


3. Mengambil Screenshot Pada Layar HP Anda

Bagi Anda pengguna Android versi ICS ke atas, mengambil screenshot akan menjadi lebih mudah. Anda hanya tinggal menekan tombol power bersamaan dengan volume (-) pada tampilan yang hendak diambil screenshotnya. Screenshot akan secara otomatis tersimpan di Galeri HP Anda.


4. Shooting Video dan Mengambil Foto Secara Bersamaan

Saat Anda tengah merekam video, lalu pada suatu momen ingin mengambil foto dari video tersebut, ada trik praktis yang bisa Anda lakukan.

Tekan saja layar Android Anda pada saat video merekam, secara otomatis gambar pada saat Anda menekan layar akan tersimpan sebagai foto.


5. Menggunakan Text Voice

Ketika Anda ingin ngetwit tapi malas mengetik kalimatnya, Anda bisa menggunakan fitur text voice. Jadi, tinggal ucapkan saja apa yang ingin Anda ketik.

Caranya, tekan saja ikon microphone yang ada di samping space bar keyboard Android, kemudian ucapkan kalimatnya.


6. Memonitor Jumlah Quota Paket Internet Yang Digunakan

Bila Anda bukan pengguna paket data unlimited, sebaiknya Anda selalu pantau paket data yang telah digunakan. Hal ini berguna untuk mencegah Anda kehabisan quota internet sebelum masa aktifnya usai.

Caranya cukup mudah, masuk ke setting kemudian pilih data usage. Di situ akan terlihat besarnya paket data yang telah Anda gunakan.


7. Menjadikan Android Sebagai Removable Disk

Anda juga bisa menggunakan Android sebagai tempat penyimpanan data portabel. Caranya amat mudah, hubungkan Android Anda dengan kabel USB ke komputer.

Biasanya akan muncul 3 opsi antara lain Charge Only, Data Connection, dan Storage Mode. Anda bisa pilih opsi storage mode.

8. Memakai Android Sebagai Modem Internet Laptop/Komputer

Caranya sama seperti no 7 di atas, namun opsi yang Anda pilih adalah bagian Data Connection. Tapi, biasanya diperlukan software tambahan pada komputer Anda agar dapat mengaktifkan modem tersebut.


Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai tips dasar Android yang penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Sumber:
http://sharingk.com/berita-186-tips-android-penting.html


Related Posts

8 Trik Penting Smartphone Android Yang Perlu Anda Ketahui
4/ 5
Oleh