9 Tips Membuat Laptop Kita Awet dan Tidak Mudah Rusak

9 Tips Membuat Laptop Kita Awet dan Tidak Mudah Rusak
Laptop merupakan perangkat elektronik yang seolah telah menjadi sahabat kita dalam menemani hari-hari penuh tantangan dalam pekerjaan.

Tentu saja, laptop dengan kondisi yang selalu baik, dan tidak mudah rusak merupakan harapan bagi semua orang.

Hanya saja, kita terkadang lupa atau malas memperhatikan perawatan yang mesti dilakukan agar kondisi ‘sahabat kerja’ kita itu tetap baik dan tidak mudah rusak.

Baca juga: 5 Aplikasi Yang Akan Memudahkan Anda Bekerja Dengan Laptop

Berikut ini kami akan berbagi tips mengenai cara merawat laptop agar tidak mudah rusak, sehingga tetap awet dan tahan lama.


1. Jauhkan Makanan dan Minuman dari Laptop

Hindari makan di atas laptop, sebab bisa saja remah-remah makanan jatuh ke keyboard dan terkadang bisa menimbulkan kerusakan pada keyboard laptop Anda.

Hindari pula minum di atas laptop atau meletakkan minuman Anda di dekat laptop. Jika minuman tersebut tidak sengaja tersenggol dan tumpah ke atas laptop, tentu akan mengakibatkan kerusakan yang sangat fatal bagi komponen pada laptop Anda.


2. Selalu Jaga Kebersihan Laptop

Sebelum memakai laptop, pastikan tangan dalam keadaan bersih. Gunakan laptop Anda pada tempat yang bersih, hindari menyimpan laptop di sembarang tempat tanpa alas.

Laptop yang kurang terawat kebersihannya, akan lebih rentan mengalami kerusakan dalam jangka panjang.

Jika laptop terlihat kotor, berdebu atau terkena noda, sebaiknya segera bersihkan. Selain mencegahnya dari kerusakan yang tak terduga, laptop yang bersih juga akan lebih enak dilihat dan nyaman digunakan saat bekerja.


3. Hindari Tekanan Langsung Pada Monitor Laptop

Seringkali kita menyentuh monitor laptop secara langsung dengan jari, hal ini sebaiknya dihindari bila ingin laptop Anda tidak cepat rusak.

Apalagi jika Anda sering menekannya dengan benda kasar, tekanan yang terjadi secara terus menerus (kadang berlebihan) pada layar monitor laptop Anda akan membuat monitor laptop lebih rentan terjadi kerusakan.


4. Jangan Langsung Simpan Laptop Dalam Keadaan Panas

Hindari langsung memasukkan laptop ke dalam tas tanpa mendinginkannya terlebih dahulu. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan komponen pada laptop.


5. Cegah Virus Masuk Ke dalam Laptop

Lindungi laptop Anda dari masuknya virus, malware, dan spyware dengan memasang antivirus yang baik, anti malware, dan anti spyware.

Biasanya ada antivirus yang telah memiliki perlindungan yang menyeluruh terhadap virus-virus tersebut.

Ketika ada program yang tidak diinginkan berjalan secara otomatis di laptop Anda, maka antivirus akan langsung memberi peringatan dan meminta Anda untuk melakukan aksi pada virus tersebut.

Virus komputer akan membuat kerja laptop Anda menjadi tidak normal. Sehingga komponen-komponen pada laptop pun akan melakukan kerja lebih keras dan mengurangi umur ekonomis dari laptop Anda.


6. Jangan Terlalu Sering Bermain Games di Laptop

Biasanya anak-anak sangat suka bermain games di laptop. Begitu juga Anda, ketika butuh hiburan untuk melepas ketegangan saat bekerja, atau sekedar mengisi waktu senggang.

Main game boleh-boleh saja, tapi jangan sampai lupa waktu, dan pastikan game yang Anda mainkan sesuai dengan spesifikasi dari laptop Anda. Game-game dengan grafis yang baik tentu membutuhkan spesifikasi laptop yang baik pula.

Jika laptop Anda memiliki spesifikasi di bawah system requirements dari game tersebut, sebaiknya jangan memainkan game tersebut.

Mesin laptop Anda akan bekerja lebih keras saat Anda bermain games, sehingga laptop menjadi cepat panas dan lebih rentan mengakibatkan kerusakan pada komponen laptop.


7. Istirahatkan Laptop Anda

Jangan gunakan laptop terus menerus, bekerja dengan laptop dalam waktu lama selain dapat merusak kesehatan Anda juga akan cepat membuat rusak laptop Anda.

Aturlah waktu dalam menggunakan laptop, jangan sampai Anda memakainya berjam-jam tanpa henti dan tidak ‘mengistirahatkannya’. Karena, hal ini akan berakibat buruk pada laptop Anda.


8. Simpan Laptop Pada Tempat yang Aman

Simpan laptop Anda di tempat yang aman. Aman dari terjadinya kerusakan, dan juga aman dari pencurian.


9. Gunakan Cooling Pad

Cooling pad merupakan kipas pendingin tambahan yang berfungsi membuat laptop Anda tidak cepat panas.

Meskipun di dalam laptop sudah ada komponen kipas pendingin, namun disarankan agar menggunakan kipas pendingin tambahan agar suhu laptop Anda tidak terlalu panas. Hal ini akan membuat laptop Anda lebih ‘panjang umurnya’.


Nah, demikianlah tips-tips dari kami, semoga bermanfaat dan semakin membuat Anda nyaman saat bekerja dengan laptop.

Sumber:
http://sharingk.com/berita-193-12-cara-merawat-laptop-agar-tidak-rusak.html


Related Posts

9 Tips Membuat Laptop Kita Awet dan Tidak Mudah Rusak
4/ 5
Oleh