Cara Terbaik Menaklukkan Stres Saat Bekerja

Cara Terbaik Menaklukkan Stres Saat Bekerja
Seringkali, orang menghubungkan stres dengan pekerjaan. Memang, fenomena tersebut biasa terjadi di kalangan pekerja profesional mana pun.

Secara umum, stres pada pekerjaan dapat muncul dalam dua tingkatan, yaitu stres yang muncul karena eksekusi kerja, dan stres yang muncul pada tingkat strategi.

Stres pada tingkat eksekusi kerja biasanya akan muncul di tahun-tahun awal kita bekerja.

Stres ini muncul akibat memikirkan cara untuk menguasai teknis bekerja dan menyelesaikan tugas yang biasa dilakukan orang lain dengan ekspektasi yang lebih baik dari orang sebelumnya.

Baca juga: 5 Hal Tak Terduga Penyebab Stress

Sedangkan di tahun-tahun berikutnya, muncullah stres pada tingkat strategi. Stres ini diakibatkan karena bertambah sulitnya tingkat pekerjaan, cakupan tanggung jawab, dan masalah yang dihadapi pada masa tersebut.

Untuk dapat menanggulangi stres pada tingkatan ini, tentunya Anda harus sudah lolos dengan baik pada tingkat stres di level eksekusi.

Jadi, bila Anda sudah terbiasa dengan tantangan demi tantangan yang dihadapi, maka Anda akan lebih bisa mempersiapkan diri ketika menghadapi tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Mungkin ada juga yang bertanya, mengapa stres bisa muncul?

Stres muncul bisa dikarenakan faktor internal ataupun faktor eksternal. Stres yang disebabkan karena faktor internal kadang tidak disadari oleh kita. Dalam hidup terdapat jarak antara ekspektasi dengna kondisi riil yang sedang dihadapi.

Dalam diri kita ada tekanan untuk dapat mencapai target tertentu, meraih sasaran tertentu, sedangkan rintangan untuk menggapai semua itu nampak begitu besar sehingga mengecilkan hati kita.

Hal inilah yang kemudian menimbulkan stres dalam diri kita. Ambisi yang terlalu besar dengan kondisi yang tidak sesuai harapan akan menjadi penyebab dari timbulnya stres tersebut.

Stres yang datang akibat faktor eksternal biasanya lebih disebabkan karena ekspektasi kita yang ternyata tidak dipenuhi orang lain.

Dalam kehidupan profesional, nantinya kita akan dihadapkan pada momen-momen kecewa terhadap pihak lain yang tidak sesuai harapan.

Contohnya, ketika Anda telah berusaha melakukan pekerjaan sesuai porsi dengan sebaik mungkin, namun rekan kerja Anda ternyata malah lalai, malas, atau kemampuannya terbatas.

Hingga batas tertentu, mungkin Anda masih dapat memberi saran atau bahkan ikut meringankan tugas rekan kerja Anda tersebut.

Namun, tidak ada perkembangan yang signifikan, tim Anda memperoleh hasil yang mengecewakan. Saat itulah, mulai muncul benih-benih stres dalam diri kita.


6 Hal yang Dapat Kita Lakukan Untuk Menaklukkan Stres

Ketika stres datang menghampiri kehidupan kerja Anda, jangan langsung patah semangat dan pasrah. Anda harus mampu menaklukkannya. Berikut ini kami akan bagikan kepada Anda beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika mengalami stres!


1. Jadikan Stres Sebagai Pemacu Untuk Menjadi Lebih Baik

Ketika bekerja, jangan jadikan tekanan sebagai beban, tapi lihatlah dari sisi positif yang membuat Anda makin terpacu untuk lebih cermat dan teliti dalam mengerjakan setiap tugas dengan penuh tanggung jawab.

Ketakutan akan kegagalan harus dapat mendorong Anda untuk mempersiapkan tugas dan pekerjaan semaksimal mungkin.


2. Antisipasi Segala Kemungkinan Buruk yang Bakal Terjadi

Anda harus memiliki daftar kegiatan atau tugas-tugas yang mesti dilakukan secara terperinci, waktu yang jelas, dan nama-nama siapa saja yang menjadi ‘person in charge’ pada setiap pekerjaan tersebut.

Lakukan crosscheck secara berkala, lakukan setiap pekerjaan sesempurna mungkin. Dengan begitu Anda akan merasa lebih tenang ketika deadline tiba karena semua pekerjaan telah diselesaikan dengan maksimal dan tepat waktu.

Segala sesuatu harus dipersiapkan dengan matang untuk menghindari kepanikan sehingga Anda dapat melewati masa-masa stres dengan baik.


3. Jalin Komunikasi yang Baik dengan Semua Pihak yang Bersangkutan

Kaitannya dengan faktor eksternal penyebab stres, sebenarnya tidak banyak yang dapat kita lakukan karena menyangkut dengan hal-hal di luar kendali kita. Oleh sebab itu, komunikasi yang baik dengan tim, atasan, maupun pihak-pihak lain yang bersangkutan merupakan hal yang penting untuk diciptakan.

Dengan komunikasi yang baik, Anda akan lebih mudah untuk mewujudkan kesepahaman mengenai ekspektasi bersama dalam lingkungan kerja.

Ketika Anda telah berusaha dengan maksimal dalam melakukan pekerjaan, maka berhentilah memaksakan ekspektasi kita terhadap orang lain.

Jangan sungkan untuk melakukan pendekatan lebih terbuka kepada rekan-rekan tim Anda. Tak ada salahnya menanyakan secara langsung sekiranya ada rekan kerja yang mengalami kesulitan atau butuh bantuan kita.

Kita harus berusaha untuk memperkirakan sejauh mana rekan kerja kita dapat diharapkan, sehingga kita dapat mempersiapkan sendiri apa yang mesti kita lakukan supaya kekecewaan dan kekesalan tidak terpendam secara berlarut-larut hingga membuat kita stres.


4. Miliki Hobi atau Teman Di Luar Rekan Kerja

Kesibukan di kantor seringkali membuat kita tak sempat bersosialisasi dan melakukan aktivitas lain selain pekerjaan.

Sosialisasi merupakan hal yang sangat penting, tidak hanya kepada orang kantor saja, tapi juga teman-teman di luar kantor.

Jadilah orang yang ‘open minded’, jangan hanya bicara soal pekerjaan melulu, tapi juga tahu hal apa yang terjadi di luar kantor.

Perluas jaringan pertemanan Anda, miliki hobi yang tak ada hubungannya dengan pekerjaan kita. Dengan begitu, saat semua hal dalam pekerjaan tak berjalan dengan mulus, atau sedang banyak tekanan dalam pekerjaan, Anda bisa tetap mendapatkan penyegaran sehingga kadar stres Anda akan lebih berkurang.


5. Tahu Kapan Waktu yang Tepat untuk Relaksasi

Setiap orang pasti memiliki kesenangan pribadi dan ekspresinya masing-masing. Nah, agar kadar stres Anda tidak terlalu tinggi, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menyalurkan kesenangan pribadi Anda tersebut.

Sehingga Anda tidak hanya diam saja di kamar, menyendiri, atau melamun di kantor. Lakukan hal-hal menyenangkan yang dapat meringankan tekanan dalam pikiran Anda.

Misalnya, Anda bisa melakukan permainan olahraga, bermain bilyar, atau sekedar berjalan-jalan di pinggir pantai untuk menikmati suara deburan ombak dan hembusan angin laut.

Tak ada salahnya, memiliki jadwal rutin untuk berlibur, jangan nunggu stres datang baru Anda berlibur. Berlibur itu merupakan kegiatan yang penting untuk menjaga konsistensi semangat kerja.


6. Santai Saja dan Jangan Diambil Pusing

Berbagai hal yang terjadi di tempat kerja seringkali memiliki pengaruh besar terhadap sisi lain kehidupan kita.

Bahkan, tidak jarang kita seolah tak dapat menikmati kehidupan yang dijalani karena berbagai urusan pekerjaan dan segala hal tentang rekan kerja yang terus mengganggu pikiran kita.

‘Stay cool’ and Keep Calm, Bro! Pakai saja prinsip EGP alias “Emang Gue Pikirin”. Jangan terlalu diambil pusing berbagai hal yang terjadi di lingkungan kerja, tetap fokus meraih tujuan Anda, dan tetap santai dalam menghadapi setiap masalah yang ada.


Nah, demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat!

Sumber:
http://www.kaskus.co.id/thread/5545f2311ee5df1e378b456e/menaklukkan-stress/


Related Posts

Cara Terbaik Menaklukkan Stres Saat Bekerja
4/ 5
Oleh