Makanan dan Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Tulang

Makanan dan Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Tulang
Untuk membentuk tubuh kuat, diperlukan pula tulang yang sehat. Pembentukan tulang yang sehat sangat dipengaruhi oleh apa yang kita makan dalam keseharian.

Selain kalsium, magnesium dan vitamin K juga begitu penting dalam pembentukan tulang yang sehat. Tentu banyak orang yang menginginkan agar tulangnya tetap kuat dan tidak keropos hingga usia tua.

Impian tersebut tidaklah mustahil, hal yang perlu dilakukan ialah dengan rutin mengkonsumsi makanan-makanan dengan kandungan penting yang dibutuhkan tulang.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Osteoporosis Sekunder

Lantas, makanan apa saja yang mengandung zat-zat tersebut, berikut ulasannya kami sampaikan untuk Anda.

Kalsium merupakan mineral yang penting dalam pembentukan dan memperkuat tulang sehingga tulang Anda tetap terjaga kesehatannya hingga usia senja.

Namun, ternyata masih jarang orang yang mengetahui dan memenuhi dosis kalsium harian yang perlu dikonsumsi. Bahan makanan berikut ini merupakan sumber kalsium dan nutrisi terbaik untuk kesehatan tulang.


1. Susu

Susu merupakan sumber kalsium terbaik yang mengandung sepertiga dari kebutuhan kalsium harian Anda.

Beberapa merek susu mengandung vitamin K yang juga sangat penting untuk kepadatan tulang. Bila Anda tidak bisa berkompromi dengan laktosa, atau tidak suka minum susu, maka susu kedelai atau susu tanpa kandungan laktosa dapat dijadikan alternatif.


2. Tahu

Tahu adalah sumber kalsium yang juga sangat baik selain susu. Sepotong tahun dapat menyumbangkan 20 persen dari konsumsi kalsium harian yang dianjurkan.


3. Yogurt

Yogurt merupakan sumber kalsium terbaik untuk kesehatan tulang. Yogurt memiliki rasa yang enak dan tergolong makanan serba guna yang dapat diolah menjadi beragam jenis makanan.

Konsumsi yogurt baik dilakukan saat sarapan pagi, sebagai camilan, atau sebagai dessert yang sehat seperti fruit salad dengan saus yogurt, dan sebagainya. Tetapi, disarankan untuk Anda mengkonsumsi yogurt yang low fat dan fat free.


4. Cheddar Cheese

Cheddar cheese mampu memenuhi sekitar 30 persen dari kebutuhan kalsium harian Anda. Tambahkan saja pada sandwich, salad, atau bisa juga dinikmati sebagai camilan dengan crackers.


5. Bahan Makanan Lain yang Mengandung Vitamin D

Vitamin D merupakan nutrisi yang memegang peranan penting dalam pembangunan dan pelindung tulang.

Selain itu, nutrisi ini juga membantu daya serap kalsium sehingga pertumbuhan dan kepadatan tulang dapat terjadi secara optimal.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa orang dengan kandungan vitamin D yang rendah dalam tubuhnya, juga memiliki tingkat kepadatan tulang yang rendah sehingga lebih rentan terkena tulang keropos.

Vitamin D yang bisa Anda dapatkan secara alami antara lain berasal dari bahan makanan seperti ikan salmon, dan sereal.


6. Asupan Sumber Vitamin K

Beberapa penelitian menghubungkan peranan vitamin K yang sangat penting kesehatan tulang. Vitamin K dapat mencegah penyerapan kembali makanan dan menjaganya terasup secara cukup.

Vitamin K juga bermanfaat untuk mencegah kerapuhan tulang, beberapa asupan yang mengandung vitamin K di antaranya adalah jenis sayur-sayuran hiijau.


7. Asupan Dengan Kandungan Magnesium

Banyak fungsi yang dimiliki magnesium bagi tubuh, salah satunya ialah dalam pembentukan tulang yang kuat. Hal ini dikarenakan hampir 50 persen magnesium dalam tubuh ditemukan pada tulang.

Oleh sebab itu, Anda harus pastikan asupan makanan mengandung magnesium yang cukup ke dalam tubuh. Pria di atas usia 30 tahun memerlukan magnesium sekitar 400 mg setiap harinya, sedangkan pada wanita memerlukan setidaknya 320 mg.

Untuk mencukupi jumlah tersebut, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung magnesium seperti kacang-kacangan, kedelai, gandum, bayam, dan sayuran yang berwarna gelap.


Demikian informasi yang dapat kami sajikan untuk Anda mengenai bahan makanan apa saja yang penting untuk kesehatan tulang. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda menjaga tulang demi hari tua yang lebih bahagia.

Sumber:
http://serbamacem.blogspot.com


Related Posts

Makanan dan Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Tulang
4/ 5
Oleh