Menilik Peluang Usaha Digital Printing yang Kian Ramai

Menilik Peluang Usaha Digital Printing yang Kian Ramai
Banyak orang yang mungkin membayangkan bahwa untuk memulai usaha digital printing sangatlah rumit dan membutuhkan modal yang sangat besar mengingat harga mesin digital printingnya memang cukup mahal.

Namun pada kenyataannya usaha ini sebenarnya dapat dimulai dari modal kecil, sambil perlahan berkembang dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Digital printing merupakan usaha yang pada awalnya bagian dari bidang advertising. Baik perusahaan besar maupun usaha kecil, instansi pemerintahan, dan event Pemilu atau Pilkada, sangat membutuhkan jasa di bidang ini.

Baca juga:
Persiapan Teknis Dalam Memulai Usaha Digital Printing
Tips Dasar Mengelola Usaha Digital Printing Agar Lebih Berkembang

Industri digital printing tidak bersifat musiman, namun memang pada musim-musim tertentu usaha ini bisa sangat ramai menerima orderan.


Prospek Usaha Digital Printing

Hampir setiap hari kita pasti menemui berbagai hasil cetakan dari digital printing dalam beragam bentuk dan media.

Ke manapun kita bepergian, di jalanan, di mall, supermarket, sekolah, kampus, pertokoan, maupun di internet. Banyak contoh dari hasil cetakan digital printing yang dapat kita temui.

Beragam bentuk dan media hasil cetakan dari digital printing antara lain seperti spanduk, banner, kartu nama, kartu undangan, papan reklame, bahkan juga terdapat pada bungkus-bungkus makanan.

Itulah mengapa digital printing bisa dikatakan memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Peluang terbuka lebar di bidang usaha ini.

Dalam menjalankan usaha digital printing sebenarnya tidak jauh berbeda dengan usaha-usaha lain pada umumnya. Beberapa kemampuan dasar yang diperlukan antara lain:
- Kemampuan dalam membuat hasil barang cetakkan yang sesuai dengan keinginan konsumen.
- Kemampuan dalam hal marketing untuk dapat menjaring pasar sehingga mendatangkan order sebanyak-banyaknya.
- Kemampuan dalam hal pelayanan, dimana sebagai penyedia jasa kita harus dapat menjaga dan memelihara pasar atau konsumen dengan baik sehingga memperoleh loyalitas dari pelanggan.

Menjalankan bisnis digital printing sangatlah menguntungkan, beberapa alasan pokok yang mungkin dapat menambah keyakinan kita menjalankan usaha ini antara lain:
- Peralatan maupun perlengkapannya mudah didapat baik yang berasal dari distributor maupun layanan purna jual.
- Bahan baku digital printing sekarang ini relatif mudah didapat karena di beberapa tempat sudah banyak yang menjual materialnya.
- Usaha digital printing tidaklah bersifat musiman atau hanya berjalan di kondisi atau trend tertentu.
- Tidak memerlukan pendidikan formal khusus, asalkan kita tekun dan selalu mengembangkan ide kreatif yang kita miliki.
- Bisa dijalankan hanya dengan menggunakan satu komputer/laptop dan 1 mesin printing.
- Kemampuan komputer yang perlu dikuasai tidak begitu banyak, setidaknya Anda menguasai cara mengoperasikan Photoshop atau CorelDraw. Tutorialnya pun bisa Anda dapatkan banyak dari internet, sehingga bisa dipelajari secara otodidak.

Banyak orang yang takut memulai usaha hanya karena alasan sudah banyak yang menjalankan usaha tersebut dan takut kalah dalam bersaing.

Bila kita perhatikan sifat alami pelanggan, sebenarnya mereka tidak hanya memilih tempat membeli karena alasan sudah kenal atau dekat dengan pemilik usaha. Mayoritas pelanggan tetap memperhatikan kualitas dan pelayanan yang memuaskan.

Jadi, jika Anda mampu memberikan dua hal tersebut kepada pelanggan, kenapa harus takut bersaing?

Jangan terlalu pusing memikirkan pesaing Anda, fokus saja kepada apa yang bisa Anda berikan kepada para pelanggan.

Jangan lupa juga untuk memilih partner atau distributor yang dapat dipercaya dan bisa memberikan layananan purna jual yang baik. Sehingga hal ini juga merupakan faktor penting dalam pendobrak keberhasilan usaha digital printing yang hendak Anda jalankan.


Target Market

Segmentasi pasar untuk usaha ini terbuka luas, hampir semua instansi, organisasi, maupun korporasi membutuhkan periklanan dan publikasi dalam memperkenalkan serta mengumumkan agenda, program, promosi, produk, branding, maupun untuk sosialiasasi.

Beberapa target pasar utama dari usaha ini antara lain:
- Pemerintahan, Partai Politik, maupun Organisasi Sosial.
- Korporasi (Perusahaan) baik swasta maupun BUMN.
- Retail, Broker, Perorangan, serta perusahaan iklan yang tidak mempunyai mesin cetak namun memiliki order dari pelanggan.


Break Event Point (BEP)

Bagi Anda yang ingin memulai usaha digital printing, analisa mengenai BEP sangatlah perlu untuk dilakukan.

BEP merupakan penghitungan waktu atas pengembalian modal yang akan Anda investasikan dalam usaha digital printing ini.

Dengan menggunakan estimasi BEP, Anda akan melihat seberapa bagus prospek dari usaha yang ingin Anda lakukan.

Risiko usaha Anda akan semakin tinggi bila tanpa disertai dengan estimasi BEP. Bahkan, bisa jadi Anda memilih mesin digital printing yang harganya di luar kapasitas modal yang Anda miliki.

Sehingga tingkat pengembalian modal menjadi lebih lama, bahkan risiko kebangkrutan pun bisa saja terjadi.

Sumber:
http://mesindigitalprinting.biz


Related Posts

Menilik Peluang Usaha Digital Printing yang Kian Ramai
4/ 5
Oleh