Pengertian dan Tujuan SEO Pada Sebuah Blog

Pengertian dan Tujuan SEO Pada Sebuah Blog
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, dalam bahasa Indonesia artinya optimisasi mesin pencari.

Pengertian SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan ke web/blog melalui mesin pencari.

Teknik SEO ialah memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma dari suatu mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain, untuk menempatkan sebuah situs pada posisi teratas atau paling tidak berada pada halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang tertarget.

Web/blog yang berada pada posisi teratas hasil pencarian akan berpeluang lebih besar  dalam menarik pengunjung.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Banyak Ide Posting Dalam Waktu Cepat

Seiring kian berkembangnya pemanfaatan media internet sebagai jaringan bisnis, kebutuhan terhadap SEO pun kian meningkat.

Peluang sebuah perusahaan/perorangan dalam memasarkan bisnis berbasis web dan memperoleh pelanggan baru akan semakin besar apabila web tersebut berada pada posisi teratas hasil pencarian.

Sejumlah pihak yang melihat peluang tersebut memanfaatkannya untuk mempelajari SEO lebih dalam, sehingga mereka dapat menawarkan keahliannya tersebut dalam bentuk jasa optimasi mesin pencari kepada orang maupun perusahaan dengan usaha yang memiliki basis di internet.

Pada tahun 1997, perusahaan-perusahaan mesin pencari mulai menyadari bahwa sejumlah pengelola website (webmaster) melakukan berbagai cara untuk dapat terindeks pada urutan teratas hasil pencarian.

Bahkan beberapa di antaranya juga menggunakan cara-cara ilegal dan manipulatif. Salah satu mesin pencari generasi awal yang melakukan perbaikan pada algoritmanya ialah Infoseek, mereka mencegah manipulasi dengan “meta tag” yang tidak relevan dengan kata kunci.

Mesin pencari juga menyadari nilai ekonomi yang besar dalam beberapa hal dari peringkat hasil pencarian.

Dengan mengirim perwakilan atau sebagai tamu dalam sejumlah event rutin yang diselenggarakan oleh komunitas SEO, kadang-kadang perusahaan mesin pencari juga memiliki kepentingan terselubung.

Perusahaan mesin pencari besar seperti Google, Yahoo dan Bing biasanya menyediakan program serta panduan yang bisa dikatakan cukup membantu webmaster dalam mengoptimalkan web/blog-nya supaya terindeks dengan baik sehingga mudah ditemukan pada hasil pencarian.

Bahkan, Google menyediakan layanan Webmaster Tool dan memperkenalkan sitemap standar mereka yang berbasis XML.

Di sisi lain, Yahoo pun menyediakan Site Explorer yang juga memudahkan webmaster untuk mendaftarkan URL situs mereka, mengecek jumlah halaman web yang telah terindeks dalam database Yahoo, serta melihat informasi link masuk yang datang menuju situs yang dikelola oleh webmaster.

Akan tetapi, penggunaan metode SEO yang manipulatif dan tidak sesuai kebijakan program, tetap tidak akan ditolerir oleh mesin pencari.

Menurut panduan resmi dari mesin-mesin pencari, teknik SEO yang dilakukan tidak akan dianggap ilegal selama webmaster mengikuti etika dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh mereka.

Adanya aturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh mesin pencari bertujuan untuk menjamin setiap situs web mendapatkan kesempatan yang sama dalam hasil pencarian, sehingga pemeringkatan dapat dilakukan dengan obyektif.

Semakin berkualitas suatu web dan semakin banyak manfaat yang diperoleh pengguna internet, maka peringkat dari suatu halaman web pun akan sebaik baik di mata mesin pencari.

Sumber:
http://www.fahmyramdani.com/2015/01/apa-itu-seo.html


Related Posts

Pengertian dan Tujuan SEO Pada Sebuah Blog
4/ 5
Oleh

1 komentar:

12 Juni 2016 17.33 delete

Bagaimana caranya mempelajari teknik SEO itu ya? Thx

Kabarkan.co.id

Reply
avatar