Prinsip Bekerja Suku Jawa, Batak dan Minang yang Baik Untuk Ditiru

Prinsip Bekerja Suku Jawa, Batak dan Minang yang Baik Untuk Ditiru
Negara Indonesia tercinta kita ini terdiri dari beragam suku dan budaya. Ada beberapa prinsip dalam bekerja yang ternyata berbeda di masing-masing suku dan budaya.

Setiap suku memiliki keunikan dan keunggulannya tersendiri dalam bekerja, dari beragam suku yang ada di Indonesia tersebut, berikut ini kami akan berbagi mengenai prinsip bekerja yang patut ditiru dari beberapa contoh suku, yaitu Jawa, Batak dan Minang.


1. Prinsip Bekerja Suku Jawa

Suku Jawa memiliki populasi yang cukup besar di Indonesia. Populasinya tidak hanya ada di pulau Jawa saja yang notabene sebagai daerah asalnya. Tetapi juga ada di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Baca juga: Berbagai Permasalahan dalam Sistem Kerja Kontrak dan Outsourcing di Indonesia

Orang Jawa bersedia bekerja di mana saja, dan tidak pilah-pilih tempat dalam bekerja. Asalkan kebutuhan hidup dapat terpenuhi, mereka terkenal tekun, pekerja keras, dan ramah kepada siapa saja.

Hal inilah yang mungkin membuat suku Jawa meskipun sebagai pendatang, tapi mampu menjadi suku kedua yang mendominasi suatu daerah setelah suku asli di daerah tersebut.


2. Prinsip Bekerja Suku Batak

Kebanyakan orang Batak mempunyai jiwa yang keras, bersemangat tinggi dan pantang menyerah dalam bekerja.

Jarang dari mereka yang memilih-milih jenis pekerjaan, hampir semua jenis pekerjaan sanggup mereka lakukan.

Mereka tidak pernah malu dengan apapun jenis pekerjaan mereka, penuh semangat, dan selalu optimis dalam menyelesaikan semua pekerjaan yang menjadi tugas mereka.

Orang Batak cenderung suka berterus terang, terutama ketika mereka tidak memiliki keahlian dalam pekerjaan tertentu, maka akan dikatakan secara terus terang dan tegas.


3. Prinsip Bekerja Suku Minang

Suku Minang mungkin lebih dikenal orang-orang dengan sebutan Suku Padang, tapi menurut seorang teman yang memang asli suku minang, bahwa penyebutan suku Padang itu sebenarnya salah, karena memang tidak ada yang namanya suku Padang, yang benar adalah suku Minang. Padang adalah nama daerah yang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Barat.

Bila kita perhatikan, kebanyakan orang Padang (Minang) pasti pintar dan piawai dalam berdagang. Kepiawaiannya tersebut terlihat dalam mengelola keuangan, dan melihat peluang usaha yang menjanjikan. Mereka juga tak kenal menyerah, disiplin, serta kompak dalam bekerja.


Nah, itulah sekilas mengenai prinsip kerja yang mungkin bisa kita tiru dari suku Jawa, Batak, dan Minang. Jika kita ingin sukses di dunia kerja, maka tak ada salahnya mencontoh dari beberapa prinsip kerja ketiga suku tersebut.

Semoga informasi tadi bermanfaat untuk sobat semua.

Sumber:
http://bangharri.blogspot.com/2012/02/prinsip-kerja-suku-suku-yang-patut.html


Related Posts

Prinsip Bekerja Suku Jawa, Batak dan Minang yang Baik Untuk Ditiru
4/ 5
Oleh