4 Kesalahan Sering Dilakukan Pelamar Dalam Membuat CV

4 Kesalahan Sering Dilakukan Pelamar Dalam Membuat CV
Tidak sedikit pencari kerja yang masih bingung bagaimana menulis resume saat hendak melamar kerja. Kenyataannya, memang banyak pelamar yang telah membuat surat curriculum vitae, namun para pencari tenaga kerja hanya sedikit membacanya.

Sebab, jarang pencari kerja yang mengetahui beberapa trik dalam menulis CV agar perusahaan terpikat pada lamaran mereka.

Dokumen CV adalah alat komunikasi pertama antara pelamar dan perusahaan yang memuat uraian keahlian dan pengalaman si pelamar agar perusahaan mengenal secara pintas siapa mereka.

Baca juga: Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Beserta Contohnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh Page Group telah mengungkapkan bahwa ternyata ada perbedaan anggapan yang diyakini pelamar mengenai informasi penting apa saja yang sebaiknya dimuat pada CV sehingga memikat perusahaan.

Sebagai contoh, seperti yang dikutip dari laman dailymail.co.uk, hasil survei yang didapatkan dari 2000 orang dan 480 perusahaan menunjukkan keduanya memiliki pendapat yang berbeda.


1. Memasukkan Hobi dalam CV

Sebanyak 72% orang percaya memasukkan hobi dalam CV mereka adalah hal yang penting. Akan tetap, perusahaan yang menganggap trik ini penting hanya sekitar 41% saja.


2. Tak Boleh Lebih Dari 2 Halaman

Sementara itu, sebanyak 83% orang menganggap surat CV tak boleh lebih dari 2 halaman. Tetapi 32% perusahaan mempunyai pendapat yang berbeda.


3. Memasukkan Foto Pada CV

Memasukkan Foto Pada CV Anda ternyata bukan cara yang ampuh untuk memikat perusahaan. Nyatanya, langkah ini malah melemahkan CV mereka bagi sebanyak 74% perekrut.


4. Kerangka CV Yang Monoton

Hal-hal lain yang dianggap perusahaan kurang penting dalam penulisan CV antara lain menempatkan riwayat pendidikan sebelum atau sesudah pengalaman kerja, menulis dari sudut pandang orang ketiga, serta pengalaman kerja di luar negeri dan organisasi sosial.


Hal-hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatan CV

Hasil survei menunjukkan para perekrut ingin agar pencari kerja mulai menyadari pentingnya memasukkan profil sosial media ketika melamar pekerjaan.

Selain itu, ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatikan ketika menulis CV lamaran kerja, antara lain:
- Hindari salah ketik, salah ejaan, dan kesalahan gramatikal.
- Cantumkan pencapaian yang diperoleh pada pekerjaan sebelumnya secara detail.
- Uraikan tugas dan tanggungjawab Anda pada pekerjaan sebelumnya.
- Tulis dengan bahasa yang mengesankan profesionalitas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penulisan CV yang akan membuat perusahaan terpikat. Semoga membantu Anda dalam meraih posisi kerja yang diidamkan.

Sumber:
http://www.dream.co.id/dinar/terungkap-isi-cv-lamaran-yang-dijamin-memikat-perusahaan-160118r.html


Related Posts

4 Kesalahan Sering Dilakukan Pelamar Dalam Membuat CV
4/ 5
Oleh