Cara Terbaik Menghemat Pengeluaran Transportasi

Cara Terbaik Menghemat Pengeluaran Transportasi
Inti dari penghematan bukanlah untuk membuat kita menjadi pelit akan segala hal, tapi mengganti sesuatu yang sering kita gunakan dengan yang lebih murah biaya atau harganya.

Misalnya dengan cara menukar penggunaan fasilitas yang tadinya berbiaya tinggi dengan yang lebih murah biayanya, maupun dengan cara berbelanja yang lebih mengutamakan fungsionalitasnya ketimbang merek atau sekadar trend saja.

Nah, informasi berikut ini akan membahas tentang tips menghemat pengeluaran transportasi.

Baca juga: Tips Mempersiapkan Anggaran Liburan Dengan Mudah


1. Manfaatkan Transportasi Umum

Meskipun transportasi di Indonesia masih dirasa kurang tingkat kenyamanannya, namun transportasi umum tetap efektif dalam menghemat pengeluaran Anda.

Bagi yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya ada beberapa transportasi umum yang bisa dijadikan pilihan untuk mobilisasi harian Anda, seperti Trans Jakarta, KRL Commuter Line, bus umum, dan lain-lain.

Harus antre, berdesakan, berebut bangku, dan kedatangannya yang telat, seringkali menjadi kondisi yang membuat masyarakat masih enggan menggunakan angkutan umum.

Akan tetapi bila tujuan Anda berhemat, mau tidak mau Anda harus rela menjalaninya. Transportasi umum memang jauh lebih hemat dibandingkan penggunaan kendaraan pribadi.

Selain biaya bahan bakar, Anda juga harus mengeluarkan uang tol, dan parkir bila menggunakan kendaraan pribadi.

Terutama bagi yang tinggal di sekitar Jabodetabek, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 20 ribu saja untuk menempuh perjalanan pulang pergi ke Jakarta. Tentu saja jauh lebih hemat bila dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi.


2. Cari Tempat Tinggal Dekat Kantor

Bagi Anda pekerja dan eksekutif muda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mencari tempat tinggal baru, atau setidaknya kost-kostan untuk Anda tidur yang jaraknya dekat dengan kantor.

Dengan mencari kost atau kontrakan yang dekat dengan tempat Anda bekerja, maka dapat lebih menghemat biaya transportasi.

Tidak ada salahnya mulai sekarang Anda menyisihkan penghasilan untuk mencari tempat tinggal yang berdekatan dengan kantor, sehingga waktu, tenaga, dan biaya Anda bisa lebih dihemat seminim mungkin.


3. Nebeng Dengan Teman yang Searah

Cara berikutnya untuk menghemat pengeluaran transportasi adalah dengan nebeng mobil teman atau tetangga yang kantornya berdekatan atau searah dengan kantor Anda.

Bahkan bila teman Anda menggunakan sepeda motor, daripada boncengan belakang kosong Anda bisa ikut saja nebeng sampai kantor.

Tapi sebaiknya perlu dibicarakan mengenai patungan bensin, agar teman Anda tersebut tidak merasa direpotkan, jadi kan sama-sama enak tuh!


4. Bersepeda

Bagi Anda yang jarak kantornya tidak kurang lebih 3 km, menggunakan sepeda saat berangkat kerja adalah pilihan yang bijak untuk menghemat pengeluaran transportasi. Anda pun akan menjadi lebih sehat dan bugar di setiap pagi.


5. Menfaatkan Promo BBM dari Kartu Kredit

Bagi Anda pengguna kendaraan pribadi dan memiliki kartu kredit, biasanya ada promo BBM dari kartu kredit, yaitu pemberian cashback 5% pada setiap pembelian bahan bakar. Nah, Anda bisa memanfaatkannya untuk sedikit menghemat pengeluaran transportasi.

Apalagi di tengah harga BBM yang memang sedang tidak stabil dan cenderung mengalami kenaikan. Cara ini mungkin bisa sedikit melonggarkan kocek Anda untuk biaya bahan bakar transportasi Anda setiap harinya.

Beberapa kartu kredit yang memberikan promo semacam ini di antaranya Citibank Cash Back, dan Danamon Platinum.


Demikianlah informasi mengenai tips menghemat pengeluaran transportasi, mungkin Anda bisa mencoba salah satu cara di atas yang menurut Anda paling sesuai dengan kondisi keuangan dan keperluan kantor.

Semoga tips di atas bermanfaat, dan membantu Anda dalam berhemat sehingga ada lebih banyak plot anggaran untuk kebutuhan mendesak lainnya.

Sumber:
https://www.cermati.com/artikel/5-tips-menghemat-biaya-transportasi


Related Posts

Cara Terbaik Menghemat Pengeluaran Transportasi
4/ 5
Oleh