Deskripsi Kerja Bagian Finance Manager

Deskripsi Kerja Bagian Finance Manager
Finance Manager merupakan posisi jabatan yang memegang peranan penting dalam keuangan perusahaan.

Tanpa adanya pengelolaan keuangan yang baik, maka kelangsungan hidup perusahaan pun tidak akan berlangsung lama.

Berikut ini kami jabarkan mengenai tugas dan tanggung jawab seorang Finance Manager dalam sebuah perusahaan.


Tujuan Jabatan Finance Manager

Seorang Finance Manager harus ada dalam sebuah perusahaan dengan tujuan untuk merencanakan, mengembangkan, dan mengendalikan fungsi keuangan dan akuntansi di perusahaan.

Baca juga: Perbedaan Tugas Kerja Bagian Accounting dan Finance

Informasi keuangan yang komprehensif dan diberikan dengan tepat waktu oleh Finance Manager akan membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan untuk mendukung pencapaian target finansial perusahaan.


Tanggung Jawab Utama Finance Manager

1. Menjalakan fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan guna menghasilkan laporan keuangan yang diperlukan perusahaan dengan akurat dan tepat waktu.

2. Mengendalikan dan mengkoordinasikan perencanaan, pelaporan, dan pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar akurat, efisien, dan tepat waktu serta sesuai dengan aturan pemerintah yang berlaku.

3. Manajerial arus kas perusahaan (cashflow), terutama dalam mengelola hutang dan piutang perusahaan. Sehingga ketersediaan dana untuk operasional perusahaan dan kesehatan kondisi keuangan dapat dipastikan dengan baik.

4. Merencanakan dan mengkoordinasikan perancangan anggaran perusahaan, dan mengontrol penggunaan anggaran tersebut agar dapat menunjang kegiatan operasional perusahaan secara efektif dan efisien.

5. Merancang dan mengkoordinasikan pengembangan sistem dan prosedur keuangan serta akuntansi perusahaan. Pelaksanaannya pun harus dikontrol agar semua proses dan transaksi keuangan berjalan secara tertib dan teratur sehingga berbagai risiko keuangan yang ada dapat diminimalisir.

7. Melakukan perencanaan dan mengkoordinasikan analisa keuangan agar dapat memberi masukan kepada pimpinan perusahaan dari sisi keuangan dalam membuat keputusan bisnis yang tepat, baik kaitannya untuk kebutuhan investasi, ekspansi, operasional maupun kondisi keuangan lainnya.

8. Melakukan perencanaan dan konsolidasi perpajakan dalam lingkup perusahaan untuk memastikan efisiensi anggaran dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan.


Indikator Dalam Pelaksanaan Tugas dan Tanggung Jawab Finance Manager

1. Ketepatan waktu penyerahan Laporan Keuangan
2. Akurasi laporan keuangan
3. Ketepatan waktu penyerahan laporan pajak
4. Akurasi dan kelengkapan dokumen
5. Efisiensi
6. Cashflow
7. Rasio keuangan
8. Anggaran Perusahaan
9. Budget variance
10. Tingkat risiko keuangan perusahaan
11. Hasil audit keuangan
12. Rencana keuangan
13. Rasio keuangan
14. Tax ratio
15. Tax compliance

Sumber: Scribd.com


Related Posts

Deskripsi Kerja Bagian Finance Manager
4/ 5
Oleh