10 Tempat Wisata yang Patut Dikunjungi Saat Berada di Purwokerto

10 Tempat Wisata yang Patut Dikunjungi Saat Berada di Purwokerto
Banyak orang yang mungkin lebih memilih pergi wisata ke daerah yang sudah terkenal seperti Bali, Bandung, atau Lombok. Jarang yang terpikir untuk pergi berwisata ke daerah Purwokerto.

Padahal, Purwokerto juga termasuk salah satu daerah yang menyajikan beragam tempat wisata yang menarik. Aksesnya pun tidak susah dijangkau dan tidak perlu memakan waktu lama untuk bisa sampai ke kota ini.

Apalagi, Purwokerto saat ini sedang berkembang pesat dengan pembangunan infrastruktur dan modernisasi yang mantap.

Baca juga: 5 Objek Wisata Dengan Sajian Alam Bawah Laut Menakjubkan di Indonesia

Masyarakatnya yang terkenal ramah dan bersahaja pastinya akan membuat Anda merasa betah berwisata ke daerah ini.

Berikut ini kami akan sajikan informasi mengenai destinasi wisata kota Purwokerto yang wajib Anda datangi ketika berkunjung ke kota ini.


1. Tempat Wisata Baturraden

Jaraknya dari pusat kota hanya 15 menit saja, Anda sudah bisa menemukan tempat wisata Baturraden yang cukup terkenal di Purwokerto.

Tempat wisata Baturraden merupakan kawasan dengan beberapa wahana menarik seperti pemandian air panas, kolam renang, kolam luncur, dan sepeda air.

Dengan tarif hanya Rp 14 ribu saja Anda sudah dapat menikmati sejuknya kawasan Baturraden yang terletak di kawasan Gunung Slamet.

Udara alam pegunungan yang sangat sejuk dan bebas polusi, ditambah lukisan langit yang gemerlap dengan bintang cantik bisa Anda nikmati di tempat wisata Baturraden.


2. Telaga Sunyi

Ketika Anda berlibur ke Purwokerto, jangan lewatkan untuk berkunjung ke tempat wisata Telaga Sunyi. Letaknya hanya sekitar 3 km di sebelah timur kawasan Baturraden.

Suasana telaga yang alami dengan banyak kupu-kupu dan capung yang terbang di sekitar telaga pada waktu tertentu bisa Anda nikmati bersama keluarga di tempat ini.

Pemandangan seperti ini pastinya sudah cukup langka di zaman serba modern ini, apalagi bila Anda mencarinya di kota besar, tentu akan sulit menemukan tempat dengan suasana yang tenang dan tentram seperti di tempat ini.


3. Pancuran 3 dan Pancuran 7

Di kawasan yang sama dengan Baturraden terdapat tempat wisata air hangat yang bernama Pancuran 3 dan Pancuran 7.

Banyak masyarakat yang pergi ke tempat ini mengobati berbagai macam penyakit karena air panas di tempat ini mengadung belerang yang tidak berbahaya dan baik untuk kesehatan.

Tak hanya wahana air panasnya saja yang menarik, pemandangan di sekitar tempat ini juga sangat menawan, cocok untuk mengobati stres atau menghilangkan penat selama hari kerja.

Namun, Anda harus berjuang keras melewati ratusan anak tangga untuk bisa mencapai lokasi Pancuran 3 dan Pancuran 7. Jadi, pastikan stamina tubuh Anda telah siap untuk menapaki ratusan anak tangga tersebut.


4. Curug Cipendok

Letaknya memang agak jauh dari pusat kota Purwokerto, sekitar 25 km atau tepatnya di Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas.

Udara yang sejuk menyelimuti Curug yang menyajikan pemandangan alami nan menawan ini. Aksesnya pun sekarang sudah cukup baik sehingga Anda dapat berkunjung ke tempat ini dengan mudah.

Saat perjalanan pulang dari Curug Cipendok, jangan lupa untuk mencoba kuliner khas tempe mendoan dan susu murni yang banyak dijajakkan di warung-warung pinggir jalan.


5. Gua Maria Kaliori

Selain ada wahana wisata alam, di Purwokerto juga terdapat wisata religi yang bernama Gua Maria Kaliori. Jaraknya sekitar 20 km dari pusat kota Purwokerto.

Terdapat patung Bunda Maria yang pernah diberkati oleh Paus Paulus II dan menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang untuk berwisata rohani.


6. Gua Sarabadak

Bagi Anda yang menyukai tantangan, tempat wisata satu ini adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi.

Gua Sarabadak menyajikan pemandangan batuan indah berwarna keemasan dengan air segar alami yang mengalir di bawahnya. Uniknya, tidak hanya air dingin saja mengalir di tempat ini, tapi juga pancuran air panasnya juga.

Namun, untuk bisa mencapai gua ini memang dibutuhkan stamina yang cukup, sebab Anda harus menyusuri jalan setapak yang cukup melelahkan.


7. Kawasan Perkemahan Wanawisata Baturraden

Sekitar 2 km dari kawasan wisata Baturraden terdapat wahana dengan keindahan hutan dan alam yang cocok untuk dijadikan kawasan perkemahan.

Tempat ini dapat menampung hingga 1000 tenda dan terdapat cagar alam, lokasi pembibitan tanaman cemara dan pinus.

Wanawisata Baturraden memiliki hutan dengan kondisi yang masih alami sehingga cocok bagi Anda yang ingin merasakan segarnya udara sejuk pegunungan dan menghilangkan penat.


8. Wisata Kuliner Kawasan GOR Satria Purwokerto

Kawasan wisata kuliner yang menyajikan berbagai panganan khas daerah Banyumas ini terletak di Jalan Prof. Dr. Suharso.

Berbagai jenis kuliner bisa Anda temui di tempat ini seperti mendoan khas Banyumas, getuk goreng, dan berbagai kuliner lain khas daerah ngapak.


9. Pemandian Kalibacin

Pemandian Kalibacin berjarak sekitar 17 km dari pusat kota Purwokerto, tepatnya berada di Desa Tambak Negara Kecamatan Rawalo.

Pemandian yang memiliki nama lain Wisata Husada ini memiliki aliran air yang segar dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan tulang.


10. Combong Valley

Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang dan menyukai wahana wisata outbond, Combong Valley merupakan tempat yang cocok untuk Anda kunjungi saat berada di Purwokerto.

Terdapat wahana paint ball yang seru bisa Anda nikmati di tempat ini. Tentunya akan lebih asik bila Anda datang beramai-ramai bersama teman atau keluarga.


Demikian informasi mengenai 10 tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi saat berada di kota Purwokerto. Semoga menambah referensi perjalanan liburan Anda agar lebih menyenangkan.

Sumber:
http://www.koesriantono.com/2015/04/7-destinasi-di-purwokerto-yang.html


Related Posts

10 Tempat Wisata yang Patut Dikunjungi Saat Berada di Purwokerto
4/ 5
Oleh