5 Aplikasi Yang Sebaiknya Dihilangkan Dari Smartphone Android Anda

Smartphone Android memang menawarkan banyak kemudahan untuk membantu kegiatan kita sehari-hari. Terutama dengan hadirnya begitu banyak aplikasi tersedia baik gratis maupun berbayar.

Akan tetapi, perlu kita ingat bahwa tidak semua aplikasi yang terpasang memang benar-benar terpakai setiap hari.

Keterbatasan dalam hal kapasitas penyimpanan dan daya tahan baterai juga akan dipengaruhi oleh banyaknya aplikasi yang terpasang di smartphone.

Baca juga: 8 Trik Penting Smartphone Android Yang Perlu Anda Ketahui

Terlalu banyak aplikasi yang terpasang juga akan memberi dampak negatif pada kinerja smartphone yang kita gunakan.

Maka dari itu, pengguna smartphone juga harus pintar dalam memilah aplikasi apa saja yang memang dibutuhkan dalam menunjang kegiatan sehari-hari, serta aplikasi apa saja yang tidak terlalu diperlukan dan lebih baik dicopot pemasangannya.

Bagi Anda yang masih bingung dalam memilih aplikasi mana saja yang baiknya dihapus dari smartphone, berikut ini kami bagikan tips-tipsnya.


1. Facebook

aplikasi facebook
Pada umumnya, aplikasi Facebook langsung tersedia pada smartphone baru tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu.

Adanya jejaring sosial ini memang memudahkan para pengguna untuk dapat terhubung dengan teman-temannya kapanpun dan di manapun.

Namun, penggunaan aplikasi Facebook dengan hadirnya beberapa fitur dan notifikasi lewat aplikasi justru akan membuat kapasitas penyimpanan smartphone Anda menjadi boros.

Ada baiknya aplikasi ini dihapus saja pemasangannya dari smartphone, dan bagi Anda yang ingin tetap terhubung dengan jejaring sosial ini, Anda masih dapat menggunakan browser smartphone untuk membuka situs Facebook sehingga penggunaan baterai dan kapasitas memori menjadi lebih hemat bila dibandingkan dengan menggunakan aplikasi.


2. Antivirus Gratisan

Virus memang cukup rentan menyerang smartphone Android Anda. Untuk mencegah hal tersebut, memang dibutuhkan kehadiran aplikasi antivirus dan pelindung keamanan pada perangkat Android.

Namun, perlu kita ketahui bahwa penggunaan aplikasi antivirus yang gratisan biasanya dapat menghabiskan daya baterai smartphone dalam jumlah yang cukup besar.

Lebih baik aplikasi antivirus gratisan di smartphone Anda dicopot saja pemasangannya, dan Anda tetap dapat mengunduh aplikasi atau konten secara aman dan bebas virus melalui Google Play Store.

Bahkan, Android mengklaim sistem operasinya 100% aman, terlindung dari serangan virus, dan telah mengakomodasi sistem enkripsi.


3. Aplikasi ‘Clean Master’ atau Sejenisnya

Performa smartphone memang dapat ditingkatkan dengan ‘membersihkan’ aplikasi yang sedang berjalan di perangkat Android.

Hanya saja, perlu kita ingat bahwa Clean Master dan beberapa aplikasi sejenis lainnya juga dapat menyisakan ‘sampah’ serta akan memakan daya baterai dengan skala cukup besar.

Ketika hendak men-download aplikasi semacam ini, sebaiknya pikirkan kembali. Sementara untuk meningkatkan performa perangkat Android, Anda bisa mengakalinya dengan masuk ke Settings, pilih Apps dan pergi ke direktori Downloaded. Kemudian pilih aplikasi yang hendak dibersihkan dengna memilih Clean Cache.


4. Aplikasi/Widget Cuaca

Pengguna Android memang cukup terbantu dengan kehadiran aplikasi/widget cuaca yang tersedia pada perangkat.

Namun, update prakiraan cuaca yang biasanya tampil secara berkala ternyata memakan daya baterai cukup besar. Apalagi bila pengguna menampilkan widgetnya pada homescreen.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan fitur prediksi cuaca, ada baiknya mencoba fitur Google Now dan menanyakannya secara langsung terkait informasi cuaca.


5. Browser Bawaan Android

Aplikasi browser yang tersedia pada perangkat Android rupanya dapat menghabiskan kuota data internet yang cukup besar.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan aplikasi browser lain yang memiliki fitur dapat meminimalisir penggunaan data internet ketika ingin mengunjungi suatu situs.





Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait 5 aplikasi yang sebaiknya dicopot pemasangannya pada perangkat Android Anda. Hal ini tentunya bertujuan agar kinerja Smartphone Anda dapat berjalan lebih maksimal.

Sumber:
http://tekno.liputan6.com/read/2284176/5-aplikasi-yang-wajib-dihapus-dari-smartphone-android-anda?ref=yfp


Related Posts

5 Aplikasi Yang Sebaiknya Dihilangkan Dari Smartphone Android Anda
4/ 5
Oleh