Deskripsi Tugas dan Wewenang Staf Administrasi Akademik di Perguruan Tinggi

Deskripsi Tugas dan Wewenang Staf Administrasi Akademik di Perguruan Tinggi
Berikut ini akan kami bagikan kepada Anda mengenai deskripsi tugas dan wewenang Staf Bagian Administrasi Akademik, sebuah posisi jabatan yang biasanya ada pada lembaga pendidikan tinggi, seperti Universitas, Akademi, Sekolah Tinggi, dan lembaga perguruan tinggi lainnya.


Tugas-tugas Staf Administrasi Akademik Perguruan Tinggi

- Membantu semua pelaksanaan tugas yang berkaitan dengan kegiatan administrasi akademik demi kelancaran jalannya proses pendidikan di perguruan tinggi.

Baca juga: Deskripsi Singkat Pekerjaan Bagian Administrasi Tata Usaha Sekolah

- Melaksanakan dan membantu kegiatan yang berkaitan dengan pendaftaran mahasiswa baru, heregistrasi mahasiswa, pemrograman mata kuliah, pencetakkan absensi kuliah mahasiswa, pembagian KHS (Kartu Hasil Studi), dan pengecekkan nilai hasil ujian ketika ada komplain dari mahasiswa.

- Mengarsipkan semua dokumen yang berhubungan dengan akademik, seperti Buku Laporan Registrasi, Buku Laporan Wisuda, dan semua KHS dari berbagai Fakultas maupun Jurusan di tiap-tiap semester.

- Menerima, mendokumentasikan, dan mengarsipkan nilai mata kuliah dosen pengampu mata kuliah dari semua fakultas dan jurusan.

- Mengarsipkan dokumen-dokumen berupa fotocopy nilai (transkrip alumni beserta ijazahnya) serta memberikan ijazah dan transkrip asli kepada alumni yang bersangkutan.

- Melaksanakan tugas pengetikan surat-surat keterangan seperti keterangan masih studi, keterangan beasiswa, keterangan perpustakaan, keterangan lulus, keterangan cuti studi, keterangan mutasi studi, pemrosesan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

- Pengetikkan surat keputusan mengenai susunan kepanitiaan kegiatan yang berhubungan dengan bagian administrasi akademik.


Wewenang Staf Administrasi Akademik Perguruan Tinggi

- Bekerja sama dengan staf administrasi akademik lain maupun staf unit kerja di bagian lain dalam lingkup perguruan tinggi yang bersangkutan.

- Melaporkan hasil kegiatan dan bertanggung jawab kepada Kepala Sub Bagian Administrasi Pendidikan dan Pengajaran serta Kepala Bagian Administrasi Akademik.


Itulah sekilas mengenai deskripsi tugas dan wewenang pegawai bagian administrasi akademik yang ada di perguruan tinggi. Semoga bermanfaat.

Sumber: 
Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan UIN Malang.


Related Posts

Deskripsi Tugas dan Wewenang Staf Administrasi Akademik di Perguruan Tinggi
4/ 5
Oleh