4 Tips SEO Onpage Yang Akan Meningkatkan Rangking Situs Anda

4 Tips SEO Onpage Yang Akan Meningkatkan Rangking Situs Anda
SEO Onpage merupakan salah satu elemen yang dapat meningkatkan posisi situs kita di SERP mesin pencari.

Salah satu mesin pencari yang selalu menjadi acuan para internet marketer adalah Google, dan baru-baru ini raksasa mesin pencari tersebut telah mengumumkan update terbaru Algoritmanya dari Google Panda menjadi Core Algorithm Google.

Baca juga: Pengertian dan Tujuan SEO Pada Sebuah Blog

Kapasitas algoritme google kian banyak dan kompleks.  Beberapa bulan lalu, mereka mengatakan bahwa quantum komputernya telah diupgrade dari 512 qubits, menjadi 1000 qubits.

Google mengklaim kalau quantum komputer mereka 100 juta kali lebih cepat dibandingkan komputer yang gunakan sehari-hari.

Belum ada kejelasan mengenai untuk apa saja penggunaan quantum komputer yang lebih besar 2x lipat dari sebelumnya tersebut.

Hasil akhirnya, kemungkinan hasil pencarian Google akan semakin akurat dan lebih bersih dari spam. Nah, kami akan berbagi tips untuk meningkatkan ranking situs Anda melalui beberapa faktor SEO Onpage berikut ini.


1. Kecepatan Loading Halaman dan Hemat Bandwith

Bagi Anda pemilik situs dengan loading yang berat, segera optimasi agar halamannya lebih mudah dibuka oleh pengunjung. Kecepatan situs saat diakses pengunjung akan mempengaruhi rangking Anda di mata mesin pencari.

Page Speed Insight Google dan GTMetrix merupakan tools yang cukup akurat dan bisa digunakan untuk mengecek page speed loading situs Anda.

Namun ternyata, tidak hanya speed loading saja yang menjadi prioritas Google, tapi apakah situs tersebut “save bandwith” atau tidak.

Mungkin kebanyakan dari kita berpikir bila page speed loading bagus, berarti page size-nya juga kecil. Ternyata tidak selamanya demikian.

Ada beberapa kasus situs-situs besar yang memiliki score page speed BAIK namun page size-nya masih cukup besar. Hal ini tetap memberi poin bagi penilaian Google.

Meskipun page speed score situs Anda sudah baik, tapi bila page size-nya masih berat, maka dapat menurunkan posisi rangking Anda di mata Google.

Jadi, segera perbaiki dan buat situs Anda menjadi lebih cepat dalam loading serta hemat bandwith (kuota).


2. Satu Gambar Sudah Cukup

Pada poin ini kita tidak membahas bagaimana menggunakan gambar yang SEO Friendly seperti penggunaan alt image, keyword at URL Image, dan lain-lain.

Penggunaan gambar yang terlalu banyak dalam satu halaman tidak selalu membuat halaman tersebut lebih SEO Friendly.

Satu gambar dalam satu halaman (terutama untuk situs ‘article basic’) sudah cukup. Pilihlah gambar terbaik untuk mendampingi tulisan Anda.

Pengguaan banyak gambar juga akan membuat ‘site speed loading’ menjadi berat. Risikonya, bounce rate akan tinggi, dan akan menurunkan rangking situs di mata Google.

Pergunakan pula gambar dengan size yang tidak terlalu besar, mungkin di bawah atau sekitar 50 kb akan lebih baik.


3. Bounce Rate dan Time on Site

Pemilik situs tentu tahu kegunaan dari google analytic dan google webmaster. Pada tools tersebut, perhatikan bounce rate situs Anda, dan juga time on site serta CTR.

Mayoritas situs dengan bounce rate rendah memiliki rangking yang bagus di google. Namun, bounce rate rendah tak selalu dapat meningkatkan rangking di google. Bounce rate hanyalah salah satu faktor saja.

Relevansi konten yang baik akan ditunjukkan oleh tingkat bounce rate. Semakin kecil bounce rate, semakin relevan situs Anda.


4. Gunakan HTTPS (SSL)

Secure Socket Layer (SSL) dan Transport Layer Security (TLS) adalah kelanjutan dari protokol kriptografi yang menyediakan keamanan komunikasi di Internet.

Google telah mengkonfirmasikan di tahun 2014 lalu bahwa HTTPS merupakan salah satu rangking signal bagi sebuah situs. Alasannya, google menganggap keamanan merupakan prioritas utama.

HTTPS ini bersifat nilai tambah bagi sebuah situs, bila tidak digunakan tidak mengurangi nilai SEO, namun akan menambah point SEO situs Anda bila digunakan.

Penggunaan HTTPS akan lebih baik dilakukan untuk situs baru. Namun, sebaiknya kita tidak merubah situs yang sejak awalnya dibangun dengan menggunakan HTTP. Sebab, perlu konfigurasi lebih lanjut yang SEO friendly.

Penggunaan HTTPS juga disarankan untuk situs-situs toko online, biasanya jumlah pengunjung akan sedikit lebih banyak dibandingkan yang masih menggunakan HTTP.

Itulah beberapa hal penting terkait SEO Onpage yang akan menaikkan rangking situs di mata google. Dari uraian singkat di atas, bisa kita simpulkan bahwa kecepatan loading, hemat bandwith, relevansi konten dan lalu lintas yang aman merupakan poin penting dari SEO Onpage yang harus kita perhatikan.

Sumber:
http://ads.id/forums/showthread.php/239482-Inilah-SEO-ON-PAGE-yang-Dapat-meningkatkan-Ranking-Situs-Anda-di-Google


Related Posts

4 Tips SEO Onpage Yang Akan Meningkatkan Rangking Situs Anda
4/ 5
Oleh