Cara Mudah Membersihkan Rem Tromol dan Rem Cakram

Cara Mudah Membersihkan Rem Tromol dan Rem Cakram
Di pasaran sekarang telah tersedia cairan brake cleaner, namun masih sedikit pemilik kendaraan yang tahu mengenai fungsi dan cara penggunaan untuk hasil yang maksimal.

Nah, pada posting kali ini kami akan sedikit berbagi tentang cara mudah membersihkan rem tromol dan rem cakram kendaraan.

Bila Anda perhatikan, velg mobil Anda akan terlihat kotor setelah menempuh perjalanan jauh karena banyak debu yang menempel di area tersebut.

Baca juga: 5 Tips Perawatan Mobil Berwarna Putih Agar Tidak Cepat Kusam

Selain debu dan kotoran di jalan, kotornya velg tersebut juga disebabkan oleh sisa debu dari kampas rem yang menempel.

Kampas rem dan piringan rem atau cakram yang saling bergesekan akan menghasilkan debu. Debu dan kotoran jalanan maupun dari gesekan kampas rem akan melekat pada sistem rem dan menyebabkan bunyi saat pedal rem diinjak.

Hal ini tentu saja akan membuat kenyamanan berkendara menjadi terganggu. Tak hanya itu, debu dan kotoran jalanan yang melekat pada sistem rem akan berisiko merusak piringan atau cakram.

Di sinilah kegunaan dari brake cleaner, pemilik kendaraan dapat membersihkan peranti deselerasi mobil dengan mudah dan cepat tanpa harus membongkarnya terlebih dulu.

Sistem rem akan selalu dalam kondisi optimal dan tahan lama bila proses pembersihan tersebut dilakukan secara berkala.

Beragam merek brake cleaner dapat kita temui di toko onderdil. Cairan ini penggunaannya hanya tinggal menyemprotkannya saja dan tidak berbahaya.


Cara Membersihkan Rem Cakram Mobil

Bagi Anda pemilik mobil dengan desain velg alloy berongga bisa dikatakan lebih beruntung. Sebab, brake cleaner dapat langsung disemprotkan pada bagian caliper rem di roda yang mudah dijangkau.

Sifat dari cairan ini melarutkan debu dan minyak pada komponen rem, dan akan langsung bekerja secara cepat dan efektif.

Bagi Anda yang masih menggunakan velg konvensional atau velg dengan desain yang menutupi caliper, agar dapat membersihkan peranti rem dengan optimal, mau tidak mau harus melepaskan roda terlebih dahulu.

Namun, bila cara ini dianggap merepotkan Anda masih bisa melakukannya dengan mengulangi proses penyemprotan dua sampai tiga kali untuk mendapatkan hasil yang sempurna.


Cara Membersihkan Rem Tromol Mobil

Rem tromol memang memiliki kemampuan mengerem yang jauh lebih pakem dibandingkan dengan rem cakram, namun hal yang menjadi kendala ialah adanya proses pelepasan panas dan kotoran yang lebih intens dibandingkan dengan rem cakram.

Tidak ada cara lain untuk membersihkan peranti rem dari debu kampas itu sendiri, Anda harus melakukan pembongkaran pada bagian tromol kendaraan.

Terlebih dahulu bagian tromol harus dibuka dengan mengetuknya secara perlahan menggunakan palu. Untuk melakukan hal ini tidak disarankan mengerjakannya sendiri, Anda memerlukan bantuan mekanik yang berpengalaman.


Nah, demikianlah informasi mengenai cara mudah membersihkan dua tipe rem mobil yang bisa Anda coba lakukan, dan semoga bermanfaat.

Sumber:
http://oto.detik.com/otofokus/read/2016/02/28/115648/3152803/1596/membersihkan-2-tipe-rem-kendaraan


Related Posts

Cara Mudah Membersihkan Rem Tromol dan Rem Cakram
4/ 5
Oleh