10 Ciri-ciri Anak Sehat

Sebagai orangtua, tumbuh kembang anak merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Caranya ialah dengan memastikan anak memperoleh asupan gizi yang baik.

Berikut ini kami akan berbagi 10 tanda umum yang mudah dikenali dari anak yang mendapat gizi yang baik menurut ahli gizi Dr. dr. Anie Kurniawan, M.Sc, SpGK.

1. Anak sehat mengalami pertambahan berat dan tinggi badan seiring pertambahan usia.

Baca juga: Jenis Makanan yang Baik Diperkenalkan Pertama Kali pada Bayi

2. Anak sehat memiliki postur tubuh tegap dan otot padat. Pengukuran pertumbuhan dan perkembangan rangka tubuh dilakukan dengan cara berdiri tegak. Pertumbuhan otot diamati dengan mengukur lingkar lengan atas yang sesuai dengan usianya.

3. Anak sehat memiliki rambut yang kuat dan berkilau. Hal ini menandakan bahwa anak mendapat asupan makronutrien, seng, vitamin C, dan E yang cukup.

4. Kulit dan kuku anak yang sehat terlihat bersih dan tidak pucat. Kulit lembab, tidak bersisik dan kuku yang tidak pucat menandakan bahwa anak mendapat asupan vitamin A, C, dan E yang cukup.

5. Wajah ceria, mata bening, dan bibir segar dimiliki oleh anak yang sehat. Wajah ceria menunjukkan bahwa anak aktif berkomunikasi dan mau berteman (bersosialisasi).

6. Anak sehat memiliki gigi bersih dan gusi berwarna merah muda. Gigi anak yang sehat terlihat berkilat dengan gusi berwarna merah muda. Lidahnya pun terlihat bersih dan segar, menandakan bahwa anak memperoleh cukup asupan niasin, asam folat, riboflavin, dan vitamin B12.

7. Nafsu makan terjaga dan buang air besar teratur.

8. Anak sehat selalu bergerak aktif dan berbicara lancar sesuai usianya. Fungsi motorik anak yang sehat ditandai dengan anak yang bergerak aktif, lincah, dan berbicara lancar sesuai umur.

9. Anak sehat penuh perhatian dan bereaksi terhadap sesuatu dengan aktif. Hal ini menandakan bahwa kecerdasan anak bertumbuh dengan baik, biasanya ditunjukkan dengan sikap penuh perhatian, rasa ingin tahu yang besar, selalu bereaksi aktif, dan berprestasi.

10. Anak sehat memiliki kualitas tidur yang baik. Status gizi juga memberikan pengaruh terhadap kebiasaan tidur anak. Terdapat hubungan antara indeks masa tubuh dan kebiasaan tidur anak. Misalnya anak perempuan berusia sekitar 13 tahun yang langsing akan tidur lebih lama dn nyenyak dibandingkan dengan yang gemuk.


Itulah 10 tanda anak Anda adalah anak yang sehat. Cukupnya asupan gizi anak akan membuatnya dapat buang air besar secara lancar, memiliki nafsu makan yang baik dan dapat tidur dengan nyenyak.

Sumber:
http://anak-sehat-cerdas.blogspot.co.id/2011/01/ciri-ciri-anak-sehat.html


Related Posts

10 Ciri-ciri Anak Sehat
4/ 5
Oleh