Efektifkah Memutar Alunan Musik di Tempat Usaha Anda?

Efektifkah Memutar Alunan Musik di Tempat Usaha Anda?
Sepintas ketika memasuki swalayan, departemen store, ataupun minimarket, kita akan mendengar alunan musik, kita mungkin akan berpikir kalau hal itu dilakukan hanya sekadar untuk mengusir rasa sunyi.

Namun, ternyata tidak hanya demikian. Ada alasan lain mengapa tempat-tempat perbelanjaan modern memutar alunan musik, dan hal tersebut bukanlah sekadar untuk menghilangkan kesunyian.

Baca juga: Kepribadian Wanita Bisa Ditebak Dari Caranya Berbelanja

Ternyata, menurut Psychology Today, terdapat alasan lain mengapa di swalayan atau department store selalu memutar alunan musik. Simak uraiannya di bawah ini!


1. Alunan Musik Membuat Pengunjung Betah

Beberapa survey mengatakan bahwa mendengarkan musik saat berbelanja membuat pengunjung betah 20 persen lebih lama.

Alasannya, alunan musik bisa membuat perasaan seseorang menjadi lebih santai dan mood menjadi lebih baik.


2. Waktu Berkunjung Jadi Lebih Lama Dengan Alunan Musik Klasik

Sebuah survey yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa seseorang dapat bertahan lebih lama saat makan di restoran bila mendengarkan musik klasik.

Ketika musik klasik dimainkan pada sebuah restoran di Inggris, pelanggan yang bertahan lebih lama cenderung mengkonsumsi makanan dan minuman lebih banyak.


3. Alunan Musik yang Tepat Dapat Menentukan Barang Apa yang Akan Dibeli

Adrian North, seorang psikolog pernah melakukan penelitian yang mengungkapkan bahwa musik yang diputar di sebuah toko atau swalayan dapat mempengaruhi barang yang akan dibeli seseorang.


4. Musik Dapat Mempengaruhi Lidah Seseorang

Berdasarkan suatu penelitian yang dilakukan saat seseorang mencicipi makanan, diketahui bahwa musik dapat mempengaruhi rasa dari makanan yang mereka cicipi.

Musik yang mereka dengarkan saat menyantap suatu makanan dapat memunculkan deskripsi yang terasa lebih jelas dari rasa makanan tersebut.


5. Alunan Musik Mampu Meningkatkan Kualitas Penilaian Pengunjung

Pada suatu penelitian yang dilakukan dengan membandingkan kondisi di sebuah swalayan yang memainkan alunan musik dengan yang tidak memainkan alunan musik ditemukan kesimpulan bahwa hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas penilaian pengunjung.

Penilaian pengunjung sebagian besar mengalami peningkatan pada swalayan yang memutar alunan musik karena merasa nyaman terutama pada alunan lagu dengan irama yang santai.


Nah, itulah kelima alasan mengapa swalayan maupun restoran sering memutar alunan musik di tempat usahanya. Tentu hal ini bisa kita jadikan trik untuk menarik pengunjung lebih banyak ke restoran maupun toko Anda.

Sumber:
http://www.keepo.me/wiuww-channel/inilah-7-hobi-yang-bikin-kamu-tambah-pintar


Related Posts

Efektifkah Memutar Alunan Musik di Tempat Usaha Anda?
4/ 5
Oleh