17 Cara Terbaik Membuat Anak Menjadi Pintar dan Cerdas

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang pintar dan cerdas. Namun tidak sedikit dari mereka yang tidak tahu cara yang tepat dalam mendidik anak supaya pintar dan cerdas.

Nah, berikut ini kami akan berbagi kepada Anda beberapa tips terbaik untuk membuat anak Anda menjadi pintar dan cerdas.


1. Beri ASI Sejak Kecil

Telah dibuktikan oleh banyak penelitian bahwa pemberian ASI untuk bayi dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan intelegensi otak pada bayi. Oleh sebab itu, penting sekali bagi para ibu untuk memberikan bayi mereka ASI eksklusif sejak lahir.

Baca juga: 10 Ciri-ciri Anak Sehat


2. Sering Berkomunikasi Dengan Anak Sejak Bayi

Ajaklah anak Anda bicara sesering mungkin sejak ia masih bayi, tidak harus dengan melucu atau selalu memberikan pujian.

Ketika orangtua berbicara dengan anaknya, bayi akan menjadi pendengar yang baik. Walau mereka tidak dapat menjawabnya dengan kata-kata, namun bayi akan merespon dengan menggunakan ekspresinya.

Respon tersebut penting untuk diperhatikan oleh orangtua sebagai bentuk awal bayi dalam belajar berkomunikasi dengan lingkungan di sekitarnya.

Tak ada salahnya Anda berbicara menggunakan kalimat yang lengkap dan artikulasi yang jelas, panggil namanya, dan bertanya sesuatu kepadanya, hal ini akan membantunya menghapal setiap pengucapan yang keluar dari mulut orangtua.


3. Membacakan Buku Cerita

Dr. Rosmarie Truglio, seorang pakar pendidikan mengungkapkan bahwa membaca dapat membuat anak mencintai buku, menambah perbendaharaan dan kemampuannya dalam kosa kata. Tidak hanya itu, keterampilan anak dalam berbahasa juga akan semakin berkembang.

Tak ada kata terlalu dini untuk membacakan cerita pada anak Anda. Sekarang ini telah banyak buku-buku yang baik disertai gambar menarik untuk dibacakan pada anak sejak masih kecil.


4. Ikut Bermain Bersama

Salah satu cara untuk mempercepat proses belajar pada anak ialah dengan ikut terlibat dengan buah hati saat bermain, dan mengajarkan cara bermain yang benar.

Dengan demikian anak akan semakin berkembang potensi sosialnya, mengenali kemampuan dan bakatnya, serta minat dan kebutuhan emosionalnya.


5. Mainkan Musik Dan Lagu

Mendengarkan musik dan lagu kepada anak akan membuatnya mempelajari berbagai macam bunyi dan menambah perbendaharaan kata dalam berbahasa. Pilihlah lagu-lagu dengan syair yang memiliki nada yang unik, dan membuat Anda bersama si kecil ikut bergerak sesuai irama.

Belajar musik juga akan membuat kemampuan anak dalam membaca dapat meningkat dan anak lebih mudah menangkap arah pembicaraan orang lain saat berbicara.

Tidak hanya itu, pelatihan musik akan mampu mendorong pengembangan saraf-saraf yang tercermin di dalam pola tertentu pada gelombang otak anak.


6. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Telah dibuktikan oleh para ilmuwan dari University of Illinois bahwa terdapat korelasi antara kesehatan dengan prestasi anak di sekolah.

Oleh karena itu, penting sekali bagi para orangtua untuk menerapkan pola hidup sehat kepada anak agar kesehatannya tetap terjaga.

Buat anak menggemari olahraga, dan berikan padanya makanan yang sehat dan bergizi agar kecukupan nutrisinya dapat terpenuhi.


7. Berikan Games yang Edukatif

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Rochester mengungkapkan bahwa seorang anak yang bermain game memiliki kemampuan yang lebih besar dalam menemukan petunjuk rasa visual dalam dunia belajarnya.

Memang tidak semua games baik untuk anak Anda, pilihlah games yang edukatif agar ia termotivasi untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasannya.


8. Jangan Terlalu Sering Memberi Junk Food

Junk food memiliki kadar gula dan lemak yang tinggi sehingga kurang baik untuk perkembangan intelegensi anak. Masak makanan sendiri dan berikan selalu anak Anda makanan yang bergizi, khususnya pada anak usia balita.

Untuk membantu pertumbuhan otaknya, anak harus cukup mengkonsumsi zat besi. Berikan ia lebih banyak sayuran dan buah-buahan agar ia menyukai jenis makanan ini.


9. Pacu Rasa Ingin Tahu Anak

Sebagai orangtua, kita perlu untuk selalu mendidik dan mengajarkan anak mengenai keterampilan-keterampilan baru agar anak memiliki minat dan ketertarikan terhadap ilmu pengetahuan.

Pacu rasa ingin tahu anak dan kenali minat serta bakat yang ia miliki agar kecerdasannya menjadi terarah.


10. Biasakan Sarapan Pagi

Sebelum anak berangkat ke sekolah, biasakan ia melakukan sarapan pagi terlebih dahulu. Sarapan di pagi hari akan membuat ingatannya jauh lebih baik sehingga lebih mudah menyerap ilmu dan berbagai pelajaran yang diterima di sekolah.

Pastikan anak menyantap sarapan yang bergizi agar daya ingat dan konsentrasinya lebih terjaga hingga siang hari.


11. Berikan Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega-3

Salah satu manfaat asam lemak omega-3 bagi anak ialah mengaktifkan bagian otak yang berpotensi mendorong peningkatan daya konsentrasi, memori, dan juga aspek kognitifnya.

Sebaiknya, berikan ia makanan-makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 dan DHA, atau boleh juga dengan suplemen minyak ikan.


12. Kendalikan Aktivitas Anak Menonton Televisi

Jangan biarkan anak Anda terlalu lama dan terlalu sering menonton televisi karena akan membuatnya jadi malas, dan memberi kesempatan anak meresap pengaruh acara-acara negatif yang tayang di televisi.

Buat jadwal harian yang mengontrol aktivitas anak menonton televisi agar perkembangan kecerdasannya lebih terkendali.


13. Ciptakan Keharmonisan Dalam Keluarga

Ditunjukkan oleh sebuah penelitian bahwa kondisi keluarga yang harmonis, dan hangat memiliki peranan penting dalam perkembangan fungsi kognitif dan keterampilan pada anak.

Sebaliknya, anak-anak yang tinggal dan tumbuh bersama keluarga yang keras, penuh masalah, dan orangtua yang sering bertengkar akan mengalami hambatan dalam pengembangan keterampilan dan kecerdasannya.


14. Atur Jam Tidur Anak Secara Konsisten

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari tidur yang berkualitas, di antaranya ialah tidur akan mempengaruhi fungsi kognitif pada anak, termasuk aspek perhatian, memori, cara pemecahan masalah maupun dalam mengambil keputusan.

Tidur yang berkualitas akan sangat bermanfaat dalam peningkatan kecerdasan anak. Kurangnya waktu tidur anak akan membuat kemampuan otaknya menjadi berkurang.

Oleh sebab itu, orangtua perlu untuk menetapkan waktu tidur yang konsisten pada anak agar saat terbangun ia akan menjadi lebih fresh dan bersemangat dalam belajar.


15. Cegah Anak Mengalami Stres

Fungsi otak anak yang berharga akan terganggu apabila ia sampai mengalami stres. Wajar bila suatu waktu anak merasa cemas terhadap sesuatu, berkomunikasilah dengannya dan bantu ia dalam menyelesaikan masalahnya secara bijak.

Ketika kecemasan melanda anak Anda, ajaklah ia untuk mengerjakan sesuatu yang menyenangkan agar anak terhindar dari stres.


16. Kenalkan Anak Pada Alam

Suasana alam mampu membuat otak anak Anda menjadi segar dan memberikan kesempatan bagi mentalnya untuk beristirahat.

Ajaklah anak Anda untuk bermain di luar rumah terutama di lingkungan alam yang masih asri dan segar. Hal ini akan mampu meningkatkan fungsi otak anak terutama daya konsentrasi, kontrol impuls, dan daya ingatnya.


17. Berdoa

Setelah semua tips di atas Anda lakukan, berdoalah kepada Tuhan agar anak kita diberikan kecerdasan dan kepintaran yang bermanfaat untuk kehidupannya kelak di dunia maupun di akhirat.

Ajarkan pula ia pengetahuan agama dan didiklah ia agar rajin beribadah. Tentunya kita juga menginginkan anak kita nantinya tidak hanya cerdas tapi juga bermoral dan berakhlak mulia.


Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai sejumlah cara terbaik untuk membuat anak pintar dan cerdas. Semoga tips di atas dapat bermanfaat.

Sumber:
http://www.tipsanakbayi.com/2013/06/cara-mendidik-anak-agar-pintar.html


Related Posts

17 Cara Terbaik Membuat Anak Menjadi Pintar dan Cerdas
4/ 5
Oleh