5 Cara Menanamkan Kebiasaan Gaya Hidup Sehat Pada Anak Balita

Menanamkan gaya hidup sehat kepada anak usia balita akan membantunya untuk menentukan pilihan-pilihan sehat saat ia dewasa kelak.

Gaya hidup sehat akan membuat imunitas tubuh balita meningkat sehingga pertumbuhan serta perkembangannya dapat berlangsung optimal.

Gaya hidup sehat adalah pondasi penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Terdapat beberapa cara sederhana yang dapat kita lakukan agar si kecil terbiasa aktif melakukan aktivitas fisik yang sehat dan mau mengkonsumsi makanan sehat yang penting bagi pertumbuhannya.

Baca juga: 17 Cara Terbaik Membuat Anak Menjadi Pintar dan Cerdas

Berikut kami bagikan tipsnya kepada Anda melalui ulasan di bawah ini!


1. Buat Si Kecil Aktif Setiap Hari

Pertumbuhan yang sehat memerlukan aktivitas fisik yang rutin. Biasakan balita untuk bergerak aktif setidaknya selama 60 menit setiap hari.

Sebagai orangtua, jadilah panutan bagi si kecil dengan ikut membiasakan diri melakukan aktivitas fisik sehari-hari misalnya dengan bermain bersama di halaman atau alam terbuka.


2. Tanamkan Kebiasaan Minum Air Mineral Pada Si Kecil

Cara terbaik untuk menghidrasi tubuh adalah dengan minum air mineral sehabis maupun saat beraktivitas. Batasi si kecil agar tidak terlalu sering mengkonsumsi minuman beraroma dengan kandungan kadar gula yang tinggi.


3. Biasakan Anak Agar Menyukai Buah dan Sayuran

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah dan sayuran akan membantu si kecil agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Oleh sebab itu, sediakan selalu buah dan sayuran dalam menu makanannya sehari-hari.


4. Jangan Biarkan Balita Terlalu Lama di Depan Layar

Berikan batasan waktu yang boleh dilakukan si kecil untuk berada di depan layar baik televisi, smartphone, tablet, ataupun bermain game konsol.

Gaya hidup seperti ini sangat tidak baik untuk kesehatan dan banyak dampak negatif yang bisa ditimbulkan, seperti kelelahan otak, kelelahan mata, sampai obesitas. Ganti waktu tersebut dengan mengajaknya bermain aktif, di dalam maupun luar rumah.


5. Berikan Alternatif Camilan Yang Sehat

Camilan sehat akan membuat si kecil tetap terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Orangtua bisa mencoba buat camilan sehat sendiri di rumah, seperti camilan dari buah-buahan ataupun sayuran. Dengan cara ini ia akan terhindar dari risiko terkena obesitas dan berbagai penyakit kronis lainnya.


Itulah beberapa tips singkat tentang membiasakan gaya hidup sehat pada anak usia balita. Selain tips tersebut, perhatikan pula kebiasaan waktu tidur si kecil, kebiasaan mencuci tangan, menyikat gigi secara teratur, dan jauhkan pula ia dari asap rokok.

Sumber:
http://www.nutriclub.co.id/kategori/balita/rutinitas-balita/5-cara-membiasakan-gaya-hidup-sehat-pada-balita?p=2


Related Posts

5 Cara Menanamkan Kebiasaan Gaya Hidup Sehat Pada Anak Balita
4/ 5
Oleh