Biasakan Hidup Sehat Pada Anak Sejak Dini

Kebiasaan hidup sehat harus ditanamkan sejak dini kepada anak. Kebiasaan hidup yang sehat bila ditanamkan pada anak akan membantu perkembangannya secara keseluruhan dan mendorong buah hati Anda menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Kesabaran orangtua dalam merawat anak akan memberi pemahaman kepadanya betapa penting menjalani kebiasaan hidup sehat.

Ajarkan kepada anak betapa pentingnya rutinitas hidup sehat. Mulailah dengan sarapan sehat di setiap pagi. Berikan pemahaman pentingnya sarapan setiap hari dengan cara yang mudah ia mengerti.

Baca juga: 6 Cara Mendidik Pola Makan Sehat Pada Anak

Sertakan buah-buahan dan sayuran dalam menu makanan mereka setiap hari. Buat anak Anda menyukai jenis makanan tersebut dengan memberi sajian yang menarik dan menggugah selera makannya.

Banyak hal yang sangat penting bagi pertumbuhan anak yang tentunya belum dimengerti oleh mereka. Salah satunya ialah kebutuhan cairan tubuh. Penuhi kebutuhan cairan tubuh mereka dengan memberikannya air putih sehabis mereka beraktivitas.

Buat pula mereka memahami tentang pentingnya berolahraga. Ajarkan mereka gerakan-gerakan dasar yang dapat dilakukan di rumah. Rutinitas seperti ini akan membuat mereka terbiasa berolahraga ketika nanti dewasa.

Kebersihan pangkal kesehatan, buat mereka cinta kebersihan dengan membiasakan buang sampah pada tempatnya, atau mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Kebersihan lingkungan rumah, tubuh, bahkan kebersihan gigi, semua penting untuk ditanamkan kepada anak Anda sejak dini. Buat mereka terbiasa menyikat gigi minimal dua kali sehari agar gigi selalu bersih dan sehat.

Ajarkan anak Anda cara cerdas mengkonsumsi makanan, kurangi asupan makanan dengan kandungan gula yang tinggi, dan jangan biarkan mereka terlalu sering makan junk food.

Perhatikan pula kebutuhan vitamin harian anak Anda. Tanamkan kepada mereka tentang pentingnya makan makanan yang banyak mengandung vitamin.

Para orangtua juga harus memastikan anak mereka mendapatkan waktu tidur yang cukup. Keseimbangan antara istirahat dan waktu bermain juga sangat mereka butuhkan agar di keesokan hari mereka dapat kembali aktif melakukan kegiatannya.

Kepedulian Anda terhadap kesehatan anak merupakan wujud cinta kasih yang sangat diperlukan oleh mereka. Banyak hal yang belum mereka pahami, cara Anda dalam mendidik serta kesabaran akan membantu mereka untuk terbiasa hidup sehat hingga anak dewasa kelak.

Sumber:
http://www.wedaran.com/3812/membiasakan-hidup-sehat-pada-anak/


Related Posts

Biasakan Hidup Sehat Pada Anak Sejak Dini
4/ 5
Oleh